- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055Keywords:
kecerdasan interpersonal, anak usia dini, bdr (belajar dari rumah)Abstract
Mewabahnya pandemi covid 19 secara masif yang menimpa hampir seluruh negara di dunia berdampak pada semua sendi kehidupan termasuk pendidikan. Aktivitas belajar mengajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akhirnya menuntut anak untuk belajar dari rumah (BDR). Kondisi ini menimbulkan hambatan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal anak karena tidak adanya interaksi langsung dengan teman-teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah berupaya mengungkap strategi guru PAUD dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini saat belajar dari rumah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantiaitif dengan metode survey. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan media google form. Jumlah responden sebanyak 251 guru PAUD yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru yang di butuhkan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini yaitu strategi yang sesuai perkembangan anak, pembelajaran mudah dilakukan oleh orang tua di rumah, bermakna dan menyenangkan.
Downloads
References
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar Masa Pendemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Armstrong, T. (2003). Sekolah Para Juara (Menerapkan Multiple Intelegences di Dunia Pendidikan). Kaifa.
Beaty. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Beceren, O. . (2010). Deteremining Multiple Intelligences Pre-school Children (4-6 age) in Learning Process. Procedia-Social Behavioral Sciences 2, 2473–2480.
Behjat, F. (2012). Interpersonal and Intrapersonal Intellligences : Do they Really Work in Foreign-Language Learning. Procedia-Social Behavioral Sciences 32, 351–355.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Reseach : An Introduction. Longman, Inc.
Brown, P. C. (2010). Balancing The Readiness Equation In Early Childhood Education Reform. Journal of Early Childhood Research, 8, 133.
Hurlock, E. (2001). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Inten, D. . (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Lazear, D. (1999). Multiple intelligence approaches to assessment: Solving the assessment conundrum. Hawker Brownlow Education.
Lwin, M. et. a. (2003). Cara Mengembangkan Berbagai Kecerdasan. PT Indeks Kelompok Gramedia.
Musfirah, T. (2004). Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelegences Anak Usia Taman Kanak-kanak). Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Subdit PGTK dan PLB.
Muslihuddin, & Agustin, M. (2017). Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Majemuk Anak Usia TK/RA. Wafimedia Tama.
Nurihsan, J., & Agustin, M. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Refika Aditama.
Pahrul, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461–469. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186
Pahrul, Yolanda, Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186
Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Widiyanto, K. N. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Abstrak. 5(1), 346–359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577
Qowiyah, S. H. (2020). Analisis kecerdasan interpersonal anak kelompok b. 11(2).
Royani, M. (2016). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Efektivitas Model Pembelajaran Pbl. Math Didactic, 2(2), 106–115. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.35
Sahidun, N. (2018). Increasing Early Childhood Interpersonal Intelligence through Indigenous Games. Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1), 13–17.
Sari, Y. (2018). Outbond as the Basic of Multiple Intelligences Learning Activity. Chatarsis, 7(3), 311–318.
Sary, E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137–142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93
Suhaimi, A. W., Marzuki, N. A., & Mustaffa, C. S. (2014). The Relationship between Emotional Intelligence and Interpersonal Communication Skills in Disaster Management Context: A Proposed Framework. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 155(October), 110–114. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.265
Syaodih, E. (1999). Peranan Bimbingan Guru, Pengasuhan Orang Tua, dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak Taman Kanak-kanak. IKIP Bandung.
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484–493. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Utami, A. D. (2010). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Universitas Negeri Jakarta, 7(2), 56.
Wee, S. . et. a. (2013). Young Children’s Role-Playing for Enhacing Personal Intelligences in Multiple Intelligences Theory. International Reseach in Early Chilhood Education, 4(1), 53.