- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Media Compact Disk Interaktif Berbudaya Sehat untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.149Keywords:
Anak usia din, CD Interaktif, Kosa kata, Media pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu menentukan perbedaan hasil belajar pengembangan menggunakan media pembelajaran CD interaktif dan media konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen tipe nonequevalen control group design. Simpulan penelitian ini adalah: media CD Interaktif Kosa Kata Berbudaya Sehat dapat meningkatkan kosa kata pada anak usia 5-6 tahun, dibuktikan dengan hasil nilai thitung = 11,691 dengan ttabel = -2,045, ada perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah dilaksanakan penelitian pada kelompok 1; media konvensional untuk meningkatkan kosa kata pada anak usia 5-6 tahun, dibuktikan dengan hasil nilai thitung = 11,691 dengan ttabel = -2,045, ada perbedaan rata-rata hasil pretes dan postes kelompok 2; Hasil belajar kosa kata menggunakan media CD Interaktif lebih besar dari pada Hasil Belajar kosa kata menggunakan media konvensional dibuktikan melalui uji t Independent bahwa data postes antara kelompok 1 dan kelompok 2 adalah H0 ditolak karena memiliki nilai thitung = 9,863 dengan ttabel = -2,048Downloads
References
Aisyah, S. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Choirun, N. . (2012). Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia, 1(2), 131–143.
Currenton, S. M. & Craig, M. J. 2011. “Shared-reading versus oral story telling associations with preschoolers prosocial skills and problem behaviours”. Early Childhood Education Journal,Vol. 181, No.1, Hal. 123-146.
Daryanto. 2010. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Satu Nusa
Erna Sundari. 2013.“Pengaruh Metode Permainan Pola Suku Kata dan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Awal Siswa Kelompok B6 TK Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-2014”. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan.
Gerde, Hope K., Gary, E. Bingham., & Barbara, A. Wasik. 2012.“Writing in Early Childhood Classrooms: Guidance for Best Practices”. Early Childhood Education Journal.
Gonzalez, Jorge E., Ernest T. Goetz., Robert J. Hall., Tara Payne., Aaron B. Taylor., Minjung Kim., Anita S. McCormick. 2009. “An Evaluation of Early Reading First (ERF) Preschool Enrichment on Language and Literacy Skills”. Springer Science+Business
Hill, S. 2011. “Towards Ecologically Valid Assessment in Early Literacy”. Early Childhood Education Journal,Vol. 181, No.2, 165-180.
Mok, M. M. C. dan Lam, H. M. Y. 2011. “Assessment of Language Development of Preschoolers: Validating Morrow’s Checklist for Assessing Early Literacy Development”. Early Childhood Education Journal,Vol.181, No.2, 203-220.
Nahdayeti. (2011). Permainan Menyusun Huruf Sesuai Dengan Kartu Kata Bergambar Sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Membaca Awal Anak Di Taman Kanak-kanak Samudera Padang. Universitas Negeri Padang.
Seniati. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks.
Slavin, R. E., Madden, N. A., Chambers, B., & Haxby, B. 2014. “Membaca Membuka Pintu Dunia: Program “Success for All” Model yang Jelas dan Kuat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar”. Terjemahan Erick Setiyawati & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group