Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Authors

  • Rizki Amalia Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Zarina Akbar Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Yuliani Nurani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697

Keywords:

game edukasi, prilaku prososial, media pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi awal yang dilakukan, perilaku prososial anak di sekolah TK Dharma Wanita PDAM Tirta Musi Palembang masih rendah, yang dikarenakan minimnya media penunjang dalam mengembangkan perilaku prososial anak. Berdasarkan temuan tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media game edukasi Adventure cooking untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Data perkembangan perilaku prososial yang diperoleh pada penelitian ini dari hasil observasi. Game ini telah diuji cobakan pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku prososial anak dengan persentase rata-rata sebesar 31% setelah anak menggunakan media game edukasi Adventure cooking.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, W. A. (2009). Antara Game, Pendidikan dan HP (Game Mobile Learning Sebagai Wacana Pendidikan). Retrieved from https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/?m1=artikel&kd=3

Anggraini, A. F., Erviana, N., Anggraini, S., & Prasetya, D. D. (2016). Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara. SENTIA, 8(2085-2347), 168-172.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-92. Retrieved from https://jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/01103.2017/10
https://doi.org/10.32533/01103.2017

Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Chagas, C. M. dos S., Silva, T. B. P. e, Reffatti, L. M., Botelho, R. B. A., & Toral, N. (2018). Rango Cards , A Digital Game Designed To Promote A Healthy Diet : A Randomized Study Protocol. BMC Public Health, 11-13.
https://doi.org/10.1186/s12889-018-5848-0

Drupadi, R., Palupi, W., & Karsono. (2014). Pengaruh Teks Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Anak TK. Universitas Sebelas Maret, 1-8.

Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Knafo-Noam, A. (2015). Handbook of Child Psychology and Developmental Science Chapter 15. (M. E. Lamb & R. M. Lerner, Eds.) (7th Editio). Canada: Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118963418.childpsy315

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2, 29-45. Retrieved from http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi
https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Fitriyana, R., Zwagery, R. V., & Safitri, J. (2019). Perbedaan Perilaku Menolong Pada Anak Usia Dini Yang Diberikan Cerita Moral Yang Menekankan Emosi Negatif Pengamat Dengan Cerita Nonmoral Di Paud Idaman Banjarbaru. Kognisia, 2, 95-101. Retrieved from http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1672/1323

Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Grineski, S. (2018). Children, Games, and Prosocial Behavior-Insight and Connections. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 60(8), 20-25.
https://doi.org/10.1080/07303084.1989.10606373

Herminastiti, R. (2019). Peran Kegiatan Fun Cooking dan Country Project dalam Kemampuan Matematika Awal dan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 6-14. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.6993

Hong, J.-C., Cheng, C.-L., Hwang, M.-Y., Lee, C.-K., & Chang, H.-Y. (2009). Assessing The Educational Values of Digital Games. Journal of Computer Assisted Learning, 25, 423-437. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2009.00319.x

Hong, J.-C., Tsai, C.-M., Ho, Y.-J., Hwang, M.-Y., & Wu, C.-J. (2014). A Comparative Study of the Learning Effectiveness of a Blended and Embodied Interactive Video Game for Kindergarten Students. Routledge Taylor & Francis Group, 21(1), 39-53. https://doi.org/10.1080/10494820.2010.542760

Kau, M. A. (2017). Empati dan Perilaku Prososial pada Anak. Inovasi, 7(3), 1-5.

Kostelnik, M. J., Gregory, K. M., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2012). Guiding Children's Social Development and Learning (Seventh Ed). United States of America: Wadsworth Cengage Learni.

Maswan, & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Mirawati, Nurkamilah, M., & Anggarasari, N. H. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230

Mubarok, R. (2018). Pengembangan Game Edukasi Ayo Memasak Bersama di RA Amanah Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta.

Muchtar, H. S., Indalika, A., & Razak, M. (2018). Bermain Sebagai Intervensi Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Anak, 12(November), 241-250. https://doi.org/10.21009/JPUD.122

Rifqiana, W., Anwar, S., Hernawan, H., & Safitri, E. R. (2018). Penerapan Cai Model "Game Petualangan" Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 713-725. https://doi.org/10.31980/tp.v3i2.426

Schell, J. (2008). The Art of Game Design: A Book of Lenses. United States of America: Morgan Kufmann Publishers. https://doi.org/10.1201/9780080919171

Sette, S., Colasante, T., Zava, F., Baumgartner, E., & Malti, T. (2018). Preschoolers ' Anticipation of Sadness for Excluded Peer, Sympaty, and Prosocial Behavior. The Journal of Genetic Psychology, 1-11. https://doi.org/10.1080/00221325.2018.1502147

Spivak, A. L., & Farran, D. C. (2012). First-Grade Teacher Behaviors and Children's Prosocial Actions in Classrooms. Early Education & Development, 9289. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.566164

Syahrizal, S., & Putri, E. D. H. (2014). Usaha Pengelolaan Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Makanan Di Warung Makan Ulegfood Bantul. Jurnal Khasanah Ilmu, V(1), 69-75.

Thijssen, S., Wildeboer, A., Muetzel, R. L., Bakermans-, M. J., Marroun, H. El, Hofman, A., … White, T. (2015). Cortical Thickness and Prosocial Behavior In School-Age Children: A Population-Based MRI Study. Routledge Taylor & Francis Group, 10(6), 571-582. https://doi.org/10.1080/17470919.2015.1014063

Woods, H., Bosacki, S., & Coplan, R. J. (2016). Canadian Early-Childhood Educators' Perceptions of Children's Gendered Shy, Aggressive, and Prosocial Behaviors Canadian. Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 320-333. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1178199

Downloads

Published

29-09-2021

How to Cite

Amalia, R., Akbar, Z., & Nurani, Y. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1501–1513. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697

Issue

Section

Articles