- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697Keywords:
game edukasi, prilaku prososial, media pembelajaran.Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil observasi awal yang dilakukan, perilaku prososial anak di sekolah TK Dharma Wanita PDAM Tirta Musi Palembang masih rendah, yang dikarenakan minimnya media penunjang dalam mengembangkan perilaku prososial anak. Berdasarkan temuan tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media game edukasi Adventure cooking untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Data perkembangan perilaku prososial yang diperoleh pada penelitian ini dari hasil observasi. Game ini telah diuji cobakan pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku prososial anak dengan persentase rata-rata sebesar 31% setelah anak menggunakan media game edukasi Adventure cooking.Downloads
References
Aeni, W. A. (2009). Antara Game, Pendidikan dan HP (Game Mobile Learning Sebagai Wacana Pendidikan). Retrieved from https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/?m1=artikel&kd=3
Anggraini, A. F., Erviana, N., Anggraini, S., & Prasetya, D. D. (2016). Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara. SENTIA, 8(2085-2347), 168-172.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-92. Retrieved from https://jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/01103.2017/10
https://doi.org/10.32533/01103.2017
Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Chagas, C. M. dos S., Silva, T. B. P. e, Reffatti, L. M., Botelho, R. B. A., & Toral, N. (2018). Rango Cards , A Digital Game Designed To Promote A Healthy Diet : A Randomized Study Protocol. BMC Public Health, 11-13.
https://doi.org/10.1186/s12889-018-5848-0
Drupadi, R., Palupi, W., & Karsono. (2014). Pengaruh Teks Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Anak TK. Universitas Sebelas Maret, 1-8.
Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Knafo-Noam, A. (2015). Handbook of Child Psychology and Developmental Science Chapter 15. (M. E. Lamb & R. M. Lerner, Eds.) (7th Editio). Canada: Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118963418.childpsy315
Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2, 29-45. Retrieved from http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/obsesi
https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47
Fitriyana, R., Zwagery, R. V., & Safitri, J. (2019). Perbedaan Perilaku Menolong Pada Anak Usia Dini Yang Diberikan Cerita Moral Yang Menekankan Emosi Negatif Pengamat Dengan Cerita Nonmoral Di Paud Idaman Banjarbaru. Kognisia, 2, 95-101. Retrieved from http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1672/1323
Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Grineski, S. (2018). Children, Games, and Prosocial Behavior-Insight and Connections. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 60(8), 20-25.
https://doi.org/10.1080/07303084.1989.10606373
Herminastiti, R. (2019). Peran Kegiatan Fun Cooking dan Country Project dalam Kemampuan Matematika Awal dan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 6-14. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.6993
Hong, J.-C., Cheng, C.-L., Hwang, M.-Y., Lee, C.-K., & Chang, H.-Y. (2009). Assessing The Educational Values of Digital Games. Journal of Computer Assisted Learning, 25, 423-437. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2009.00319.x
Hong, J.-C., Tsai, C.-M., Ho, Y.-J., Hwang, M.-Y., & Wu, C.-J. (2014). A Comparative Study of the Learning Effectiveness of a Blended and Embodied Interactive Video Game for Kindergarten Students. Routledge Taylor & Francis Group, 21(1), 39-53. https://doi.org/10.1080/10494820.2010.542760
Kau, M. A. (2017). Empati dan Perilaku Prososial pada Anak. Inovasi, 7(3), 1-5.
Kostelnik, M. J., Gregory, K. M., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2012). Guiding Children's Social Development and Learning (Seventh Ed). United States of America: Wadsworth Cengage Learni.
Maswan, & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120
Mirawati, Nurkamilah, M., & Anggarasari, N. H. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230
Mubarok, R. (2018). Pengembangan Game Edukasi Ayo Memasak Bersama di RA Amanah Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta.
Muchtar, H. S., Indalika, A., & Razak, M. (2018). Bermain Sebagai Intervensi Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Anak, 12(November), 241-250. https://doi.org/10.21009/JPUD.122
Rifqiana, W., Anwar, S., Hernawan, H., & Safitri, E. R. (2018). Penerapan Cai Model "Game Petualangan" Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 713-725. https://doi.org/10.31980/tp.v3i2.426
Schell, J. (2008). The Art of Game Design: A Book of Lenses. United States of America: Morgan Kufmann Publishers. https://doi.org/10.1201/9780080919171
Sette, S., Colasante, T., Zava, F., Baumgartner, E., & Malti, T. (2018). Preschoolers ' Anticipation of Sadness for Excluded Peer, Sympaty, and Prosocial Behavior. The Journal of Genetic Psychology, 1-11. https://doi.org/10.1080/00221325.2018.1502147
Spivak, A. L., & Farran, D. C. (2012). First-Grade Teacher Behaviors and Children's Prosocial Actions in Classrooms. Early Education & Development, 9289. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.566164
Syahrizal, S., & Putri, E. D. H. (2014). Usaha Pengelolaan Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Makanan Di Warung Makan Ulegfood Bantul. Jurnal Khasanah Ilmu, V(1), 69-75.
Thijssen, S., Wildeboer, A., Muetzel, R. L., Bakermans-, M. J., Marroun, H. El, Hofman, A., … White, T. (2015). Cortical Thickness and Prosocial Behavior In School-Age Children: A Population-Based MRI Study. Routledge Taylor & Francis Group, 10(6), 571-582. https://doi.org/10.1080/17470919.2015.1014063
Woods, H., Bosacki, S., & Coplan, R. J. (2016). Canadian Early-Childhood Educators' Perceptions of Children's Gendered Shy, Aggressive, and Prosocial Behaviors Canadian. Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 320-333. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1178199