Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini

Authors

  • Pitria Gusliati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-9405-1519
  • Delfi Eliza Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sri Hartati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Keywords:

cerita rakyat, sabai nan aluih, anak usia dini

Abstract

Media video pembelajaran merupakan media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya peran sebuah video inovasi dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membuat video pembelajaran yang efektif sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu meneliti sebuah objek dan pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Objek analisis adalah hasil pembuatan video pembelajaran menggunakan cerita rakyat sabai nan aluih. Berdasarkan hasil analisis, pembuatan video inovasi pembelajaran oleh mahasiswa tergolong berhasil karena mahasiswa mampu menghasilkan media yang efektif dalam alokasi waktunya, mudah dalam pengoperasiannya, dan menarik dalam tampilannya. Walaupun saat kegiatan pembelajaran berlangsung suasana kelas kurang kondusif. Dan video kegiatan pembelajaran tidak dari awal kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pitria Gusliati, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Nama lengkap Pitria Gusliati, study Magister pada Program Studi Pendidikan Anak usia Dini Universitas Negeri Padang (UNP) Indonesia. Kontak yang dapat dihubungi HP: 081266103457 email: pitriagusliati07@gmail.com

Delfi Eliza, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Dosen Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang (UNP) Indonesia Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Sri Hartati, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

Dosen Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang (UNP) Indonesia Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

References

Arsyad, A., Azhar Arsyad, & Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau untuk Anak Usia Dini. Pedagogi, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pegi.v3i3b.1072

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87

Gusliati, P. (2018). sabai nan aluih-pembelajaran bercerita menggunakan cerita rakyat minangkabau.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Kholifah, S. (2016). The Development of Learning Video Media Based on Swishmax and Screencast O-Matic Softwares through Contextual Approach. Dinamika Pendidikan. https://doi.org/10.15294/dp.v11i1.8701

Kiefer, B. Z. (2010). Charlotte Huck’s Children’s Literature. New York: The McGrawHillCompanies.

Lickona, T. (2004). Character matters. New York: Touchstone.

Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: PT Grasindo.

Mustakim, M. N. (2005). Peranan cerita dalam pembentukan perkembangan anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono. (2003). pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Yogyakarta.

Downloads

Published

27-05-2019

How to Cite

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320–326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Issue

Section

Articles