- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176Keywords:
cerita rakyat, sabai nan aluih, anak usia diniAbstract
Media video pembelajaran merupakan media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya peran sebuah video inovasi dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membuat video pembelajaran yang efektif sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu meneliti sebuah objek dan pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Objek analisis adalah hasil pembuatan video pembelajaran menggunakan cerita rakyat sabai nan aluih. Berdasarkan hasil analisis, pembuatan video inovasi pembelajaran oleh mahasiswa tergolong berhasil karena mahasiswa mampu menghasilkan media yang efektif dalam alokasi waktunya, mudah dalam pengoperasiannya, dan menarik dalam tampilannya. Walaupun saat kegiatan pembelajaran berlangsung suasana kelas kurang kondusif. Dan video kegiatan pembelajaran tidak dari awal kegiatan.
Downloads
References
Arsyad, A., Azhar Arsyad, & Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau untuk Anak Usia Dini. Pedagogi, 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pegi.v3i3b.1072
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87
Gusliati, P. (2018). sabai nan aluih-pembelajaran bercerita menggunakan cerita rakyat minangkabau.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106
Kholifah, S. (2016). The Development of Learning Video Media Based on Swishmax and Screencast O-Matic Softwares through Contextual Approach. Dinamika Pendidikan. https://doi.org/10.15294/dp.v11i1.8701
Kiefer, B. Z. (2010). Charlotte Huck’s Children’s Literature. New York: The McGrawHillCompanies.
Lickona, T. (2004). Character matters. New York: Touchstone.
Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: PT Grasindo.
Mustakim, M. N. (2005). Peranan cerita dalam pembentukan perkembangan anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2003). pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Yogyakarta.