Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh Guru PAUD

Author


I Made Elia Cahaya(1), Christiani Endah Poerwati(2), Ayu Suryaningsih(3Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 344KB]

Published : 2023-02-10

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1764 times PDF Downloaded: 590 times

Abstract


Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki tahapan dan prinsip yang selaras dengan pendekatan pembelajaran saintifik. Pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada anak, terdiri dari proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi serta efektitivitas dalam penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang diaplikasikan oleh guru PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan  metide pengumpulan data berupa   oberservasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ditemukan persentase guru yang telah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 53,3%, kendala yang ditemukan dalam penerapan disebabkan karena Kemampuan anak tidak merata (86,7%). Dan Efektifitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing diketahui dari rata-rata perkembangan kemampuan anak yang menunjukan 4,4% berkembang sangat baik, 68,9% sudah berkembang sesuai harapan, 26,7% mulai berkembang dan tidak anak-anak yang belum mengalami perkembangan.


Keywords


anak usia dini; inkuiri terbimbing; guru paud

References


Asma, N. (2006). Pendekatan Pembelajaran Kooperatif. UNESA Press.

Cahaya, I. M. E., Suarni, K., Dantes, N., & Margunayasa, I. G. (2020). The effect of guided inquiry learning model on creativity and linguistic ability viewed from social interaction ability among kindergarten children of group b. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 421–429. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.421.429

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Penerbit Andi.

Dapodikdasmen. (2021). Data Guru Prov. Bali - Dapodikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/1/220000

Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK Depdiknas. (2008). Kriteria dan indikator keberhasilan pembelajaran. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK Depdiknas.

Enggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (Terjemahan). Aswaja Pressindo.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Remaja Rosdakarya.

Fleming, P. (2013). Becoming a Secondary School Teacher. In Becoming a Secondary School Teacher. Merill Publishing Company. https://doi.org/10.4324/9780203827260

Hartono. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 387–396. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/29063

Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Ditinjau Dari Pengunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 15. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Referensi Data Kemendikbud. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=020600&level=2

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 1679, 146. https://repositori.kemdikbud.go.id/12861/1/permendikbud_tahun2014_nomor146.pdf

Latif, M. A. (2014). Mendongeng mudah & menyenangkan: aplikasi penerapan dalam mendukung pembelajaran dan pembentukan karakter anak. Luxima.

Muhsinatun Siasah Masruri, N. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode Pjbl, Pbl, Inquiry, dan Discovery dalam Pembelajaran Geografi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578

Rahmawati, S., Natsir, S., & Moelyono, M. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar Dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru Di Smk Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12), 67–75. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6482

Santrock, J. W. (2007). Educational Psychology. Kencana.

Sukardi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 212. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. In Jakarta: Prenada Media Group. Kencana Prenadamedia Group.

UNESCO. (2014). Education for All Global Monitoring Report. In Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (pp. 1811–1814). https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_3082


Refbacks

  • There are currently no refbacks.