- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582Keywords:
analisis, edukasi seks, anak usia diniAbstract
Edukasi tentang seks penting diberikan untuk anak sejak dini. Pendidikan seks diberikan sebagai pemahaman dasar untuk anak mengenai seks sejak awal mereka mengenal orang lain, hingga mengenal karakteristik laki-laki dan perempuan secara baik untuk melindungi dirinya secara prefentif. Penelitian ini ialah penelitian kulaitatif dengan tujuan untuk mendiskripsikan persoalan-persoalan yang penting yang berkaitan dengan edukasi seks untuk anak berusia dini. Wawancara, observasi dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Analisis dilakukan dengan mereduksi dan memferivikasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa; (1) kemampuan anak  mengenal pendidikan seks masih dalam kategori rendah; (2) pemahaman orang tua tentang cara pemberian edukasi seks pada anak masih kurang; (3) Minimnya metode dan media pembelajaran mengakibatkan kurangnya pemahaman anak tentang pendidikan seks. Oleh karenanya diperlukan strategi, metode dan inovasi media baru dalam mengenalkan pendidikan seks dengan memperhatikan tahapan perkembangan anak di TK Tirmi Ara Aceh Tengah
Downloads
References
Anik Listiyana. (2010). Peran Ibu dalam Mengenalkan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Egalita: Jurnal Kesehatan Dan Keadilan Gender, 5(2). https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1998
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap "Auratkuâ€. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683
Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613-3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170
Hapsari, R. A., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2022). Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2078-2084. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363
Hi.Yusuf, H. (2020). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak. Al-Wardah, 13(1), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v13i1.163
Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini: Tindakan Pendampingan dan Pencegahan. Journal Elementary, 5(1), 73-86. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374
Isnaeni, R. F., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Seksual Anak Usia Dini ( 0-6 Tahun ) Dan Stimulasinya. Jurnal Golden Age, 5(02), 275-282. https://doi.org/29408/jga.v5i02.3561
Jatmikowati, T. E., Angin, R., & Ernawati, E. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434-448. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7407
Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Diversita, 6(1), 20-27. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582
Kamilah, S. (2021). Analisis Konten Bu ku Cerita " Aku Sayang Tubuhku " s ebagai Media Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 3(2), 93-105. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/572
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan Pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757-765. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451
Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72
Nawafilaty, T. (2019). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.12
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nugraha, B. D. (2016). Adik Bayi Datang Dari Mana?. PT Mizan Publika.
Oktarina, A. (2020). Pendidikan Seks Usia Dini dalam Kajian Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 6(2), 369. https://doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7615
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan tentang Seks Dini pada Anak. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Health Journal), 6(2), 110-115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296
Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa, 2(2). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/TaK/article/view/251
Sidiq, U. (2020). Urgensi Pendidikan pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 255-268. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1591
Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47-53. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53
Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., Fauziah, S., Pratiwi, S. D., Alam, S. P., Hermayanti, Y., Kosasih, C. E., & Mediani, H. S. (2022). Intervensi Bagi Orang Tua dalam Mencegah Kekerasan Seksual Anak di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201-2214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1914
Solihin. (2019). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 58. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374
Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243
Vagni, M., Maiorano, T., & Pajardi, D. (2015). Immediate and Delayed Suggestibility Among Suspected Child Victims of Sexual Abuse. Personality and Individual Differences, 79(25), 129-133. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.02.007
Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513-525.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336
Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 62. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1267