Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini

Authors

  • Fidya Ismiulya Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Raden Rachmy Diana Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Na'imah Na'imah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Nurhayati Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nurazila Sari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nurma Nurma Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Keywords:

analisis, edukasi seks, anak usia dini

Abstract

Edukasi tentang seks penting diberikan untuk anak sejak dini. Pendidikan seks diberikan sebagai pemahaman dasar untuk anak mengenai seks sejak awal mereka mengenal orang lain, hingga mengenal karakteristik laki-laki dan perempuan secara baik untuk melindungi dirinya secara prefentif. Penelitian ini ialah penelitian kulaitatif dengan tujuan untuk mendiskripsikan persoalan-persoalan yang penting yang berkaitan dengan edukasi seks untuk anak berusia dini. Wawancara, observasi dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Analisis dilakukan dengan mereduksi dan memferivikasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa; (1) kemampuan anak  mengenal pendidikan seks masih dalam kategori rendah; (2) pemahaman orang tua tentang cara pemberian edukasi seks pada anak masih kurang; (3) Minimnya metode dan media pembelajaran mengakibatkan kurangnya pemahaman anak tentang pendidikan seks. Oleh karenanya diperlukan strategi, metode dan inovasi media baru dalam mengenalkan pendidikan seks dengan memperhatikan tahapan perkembangan anak di TK Tirmi Ara Aceh Tengah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik Listiyana. (2010). Peran Ibu dalam Mengenalkan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. Egalita: Jurnal Kesehatan Dan Keadilan Gender, 5(2). https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1998

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap "Auratkuâ€. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683

Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613-3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170

Hapsari, R. A., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2022). Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2078-2084. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363

Hi.Yusuf, H. (2020). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak. Al-Wardah, 13(1), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v13i1.163

Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini: Tindakan Pendampingan dan Pencegahan. Journal Elementary, 5(1), 73-86. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374

Isnaeni, R. F., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Seksual Anak Usia Dini ( 0-6 Tahun ) Dan Stimulasinya. Jurnal Golden Age, 5(02), 275-282. https://doi.org/29408/jga.v5i02.3561

Jatmikowati, T. E., Angin, R., & Ernawati, E. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434-448. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7407

Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Diversita, 6(1), 20-27. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3582

Kamilah, S. (2021). Analisis Konten Bu ku Cerita " Aku Sayang Tubuhku " s ebagai Media Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 3(2), 93-105. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/572

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan Pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757-765. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Nawafilaty, T. (2019). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.12

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nugraha, B. D. (2016). Adik Bayi Datang Dari Mana?. PT Mizan Publika.

Oktarina, A. (2020). Pendidikan Seks Usia Dini dalam Kajian Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 6(2), 369. https://doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7615

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan tentang Seks Dini pada Anak. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Health Journal), 6(2), 110-115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa, 2(2). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/TaK/article/view/251

Sidiq, U. (2020). Urgensi Pendidikan pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 255-268. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1591

Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47-53. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p47-53

Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., Fauziah, S., Pratiwi, S. D., Alam, S. P., Hermayanti, Y., Kosasih, C. E., & Mediani, H. S. (2022). Intervensi Bagi Orang Tua dalam Mencegah Kekerasan Seksual Anak di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201-2214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1914

Solihin. (2019). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 58. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374

Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243

Vagni, M., Maiorano, T., & Pajardi, D. (2015). Immediate and Delayed Suggestibility Among Suspected Child Victims of Sexual Abuse. Personality and Individual Differences, 79(25), 129-133. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.02.007

Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513-525.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1336

Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 62. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1267

Downloads

Published

05-05-2022

How to Cite

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Issue

Section

Articles