Peran Guru dalam Membangun Moralitas Positif Anak Laki-Laki Sejak Dini Terhadap Perempuan

Authors

  • Nadia El-Huda Anza Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1067-030X
  • Suyadi Suyadi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2653

Keywords:

keterlibatan guru, pendidikan moral, anak usia dini, anak laki-laki, wanita

Abstract

Lembaga pendidikan masih belum banyak yang memberikan secara khusus pendidikan moral pada anak laki-laki dalam bermoral positif terhadap perempuan. Keterlibatan guru dalam membangun pendidikan moral pada anak laki-laki sangatlah penting. Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterlibatan guru dalam membangun moralitas positif anak laki-laki sejak dini terhadap perempuan. Menggunakan pendekatan kualitatif, berupa desain studi kasus. Data yang dikumpulkan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan hasil penelitian keterlibatan guru ini yakni guru menanamkan moral positif dengan mengenalkan tokoh laki-laki berakhlak mulia Rasulullah SAW, guru membudayakan lingkungan yang menghargai perempuan baik kepada yang lebih tua ataupun yang lebih muda, guru mengenalkan dan membimbing anak laki-laki dalam keterampilan rumah tangga. Penelitian ini memberikan kesadaran bagi para pendidik dalam pentingnya keterlibatan guru untuk membangun moralitas positif terhadap perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfianty, D. (2019, September 28). Buron Pelecehan Seksual Anak di HST, BR Diringkus di Landasan Ulin. Kanal Kaimantan. https://www.kanalkalimantan.com/buron-pelecehan-seksual-anak-di-hst-br-diringkus-di-landasan-ulin

Chaeruddin, C. (2016). Cerita Sebagai Penanaman Nilai-Nilai Moral Bagi Anak. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 253-262. http://103.55.216.55/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/download/3478/3265

Dwi Cahyanti, M. (2020). Kritik Sosial Melalui Penggambaran Feminis Laki-laki dalam Keluarga pada Iklan YouTube. Komunika, 7(2), 112-121. https://doi.org/10.22236/komunika.v7i2.6333

Fauzi, A. (2022, April 13). Misteri penemuan Jasad wanita di HST terungkap, anggota Menwa ini ternyata diperkosa sebelum Dibunuh. Kalsel Pos. https://kalselpos.com/2022/04/13/misteri-penemuan-jasad-wanita-di-hst-terungkap-anggota-menwa-ini-ternyata-diperkosa-sebelum-dibunuh

Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Publishing.

Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), 157-166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281

Kurniasari, A., Widodo, N., Susantyo, B., & Wismayanti dan Irmayani, Y. F. (2017). Prevalensi Kekerasan Terhadap Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Di Indonesia Prevalence of Violence Against Boys and Girls in Indonesia. Direvisi: 25 Oktober.
https://doi.org/10.33007/ska.v6i3.740

Novella, G. T. (2015). A Speech Act Analysis of Commands Used by Male and Female Students at Sixth Semester Academic Year 2012 of English Department in Faculty of Letters of Jember University (Analisa Tindak Tutur dari Kalimat Perintah yang Digunakan oleh Mahasiwa Angkatan Tahun 2012 Fakultas Sastra Inggris Universitas Jember baik Laki-laki maupun Perempuan). Repository, Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70815

Pertiwi, E. (2019, June 17). Cabuli 7 Bocah Santri, Oknum Pimpinan Pondok Pesantren di HST Ini Mengaku Lupa. Tribun Hulu Sungai Tengah.com.

Purnomo, A. (2012). Teori Peran Laki-Laki Dan Perempuan. Egalita, 1-21. https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.1920

Salmah. (2021, September 4). BTalk, Cara Beri Pendidikan Seks pada Anak Menurut Sekretaris Himpsi Shanty Komalasari. TribunBanjarmasin.com.

Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Kependidikan, 5(1), 55-70. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1252

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Wulansari, L., Cleopatra, M., Sahrazad, S., & Widiyarto, S. (2020). Penyuluhan Pendidikan Karakter Kepada Guru Smp Kota Bekasi. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 156-162. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.119

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544

Downloads

Published

10-06-2022

How to Cite

Anza, N. E.-H., & Suyadi, S. (2022). Peran Guru dalam Membangun Moralitas Positif Anak Laki-Laki Sejak Dini Terhadap Perempuan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4574–4580. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2653

Issue

Section

Articles