Abstract


Kecerdasan majemuk atau multiple intelegences itu penting tapi belum banyak dikembangkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan wayang Punokawan dalam menstimulasi multiple intelegences anak di TK Negeri 6 Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 guru dan 34 anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles and Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multiple intelegences anak dapat dikembangkan dengan pemanfaatan Wayang Punokawan melalui pembelajaran  seni yaitu seni rupa, seni tari dan seni musik.   


Keywords


anak usia dini; kecerdasan majemuk; pembelajaran seni; wayang punakawan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.