Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran di Masa Belajar dari Rumah: Studi Kasus pada Model Sentra

Author


Rohita Rohita(1Mail), Dewi Asnawiyah(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 571KB]

Published : 2023-02-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 868 times PDF Downloaded: 1172 times

Abstract


Prinsip pembelajaran merupakan panduan bagi guru dalam memberikan layanan pendidikan untuk anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan pelaksanaan prinsip pembelajaran tersebut pada lembaga dengan model pembelajaran sentra terutama di masa belajar dari rumah. Subjek penelitian berjumlah 4 orang guru pada sentra Bahan Alam, Bermain Peran, Balok, dan Kreasi dan Olah Tubuh. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui oberservasi, wawancara, dan dokumentasi dengan model Miles and Hubberman sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi, seluruh prinsip pembelajaran yang berjumlah 12 prinsip tetap dilaksanakan, namun 4 diantaranya tidak dapat dilaksanakan secara maksimal, yaitu prinsip bermain sambil belajar, berorientasi pada perkembangan anak, berorientasi pada kebutuhan anak, serta berpusat pada anak. Demikian pula dengan model pembelajaran sentra yang tidak dapat diterapkan optimal karena bentuk pembelajaran daring yang mengharuskan anak melakukan kegiatan yang sama pada waktu yang sama dengan instruksi dari seorang guru.


Keywords


belajar dari rumah; Model pembelajaran Sentra; pendidikan anak usia dini; prinsip-prinsip Pembelajaran

References


Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial Budaya, 9(1), 121–136. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14364

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Cain, A. (2009). Book and becoming good: demonstrating Aristotle’s Theory of moral development in the art of reading. The Journal Of International Social Research, 1(2). https://doi.org/10.1080/03057240500127095

Choiri, M. M. (2017). Upaya pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak. Refleksi Edukatika, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Cubukcu, F. (2010). Student teachers’ perceptions of teacher competence and their attrubutions for succes and failure in learning. The Journal of International Social Research, 3(10), 2013–2217. Diambil dari https://www.sosyalarastirmalar.com/articles/student-teachers-perceptions-of-teacher-competence-and-their-attributions-for-success-and-failure-in-learning.pdf

Fatmawati, & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25–34. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-03

Hidayati, A. (2016). Merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak dengan pembelajaran tematik terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151–164. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Izzaty, R. E. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini : Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory Into Practice, 38(2), 67–73. https://doi.org/10.1080/00405849909543834

Joni. (2009). Pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini. At-Ta’dib: ournal of Pesantren Education, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.571

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2015). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396

Lestari, S. (2016). The implementation of beyond centers and circle times ( BCCT) in early childhood education. In Advances in Economics, Business and Management Research, 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership (Vol. 14, hal. 363–366). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.76

Liang, T. (2002). Implementing coperative learning in EFL teaching: process and effects. National Taiwan Normal University. Diambil dari https://www.asian-efl-journal.com/Thesis_Liang_Tsailing.pdf

Lovat, T., & Toorney, R. (2009). Values education and quality teaching. (T. Lovat & R. Toomey, Ed.). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-9962-5

Ma’rifah A, U., & Muthmainnah, A. (2015). Metode Pembelajaran Bcct Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 117–124. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2676

Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50

Moss, P. (2007). Bringing politics in to nursery. Early Childhood Development (1–30). Belgium.

Nur, S., & Sudarsono, S. (2019). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS Study Kasus Sma Negeri 6 Takalar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 95–103. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2585

Nuraeni. (2014). Stretegi Pembelajaran Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan). Empowerment, 2(2), 85–93. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/601

Nurhasanah, N. (2019). Pengembangan Sarana Kegiatan Dan Sumber Belajar Di Taman Kanak-Kanak. Didaktika, 12(1), 46. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.175

Hasnawati, H. (2016). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Berorientasi Perkembangan (Studi Kasus di Kelompok Bermain Negeri Pembina Citarip dan Kelompok Bermain Al Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung), Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2). , https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/4227.

Prabowo, A., & Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Ilmu Perpustakaan, 2(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Ilmiah Guru: Cakra Olah Pikir Edukatif, 18(02), 41–47. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2913

Purwanto, S. (2019). Penanaman niilai karakter pada anak usia dini melalui pembelajaran berbasis musik dan lagu model. ThufuLA Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4663

Putri, N. L., Pelenkahu, N., & Marentek, L. K. M. (2021). Beyond centers and circle time learning models to improve drawing creativity for early childhood 5-6 years old. Multicultural Education, 7(8), 610–616. https://doi.org/10.5281/zenodo.5272366

Rafidiyah, D., & Normuliati, S. (2020). Obstacles and solution of beyond centers and circle time (BCCT) implementation. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(1), 13–18. https://doi.org/10.15294/IJECES.V9I1.38559

Rahmawati, A. M., & Rachmah, H. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Proses Pembelajaran di TK X Cihampelas. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD (JRPGP), 2(1). https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.899

Rejeki, N. S., Rohita, R., & Wirasti, M. K. (2020). Survey Upaya Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Efektif Berdasarkan Prinsip-prinsip Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(1), 13–22. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JIV.1501.2

Riati, I. K. (2016). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap karakter anak usia dini. Infantia, 4(2), 1–8. Diambil dari http://antologi.upi.edu/file/Irma_K_Riati.pdf

Rohita, R., & Badriyah, A. U. (2022). Implementation of the Principles of Early Childhood Learning in the Group Learning Model during the Learning from Home Period. Proceedings of the 3rd International Conference of Education and Science, ICES 2021, November 17-18. https://doi.org/10.4108/eai.17-11-2021.2318636

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Jurnal Tarbawi, 13(2). https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/590

Romini. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time ( BCCT ) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 219–234. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.66

Roni, R., & Arifin, M. (2016). Mewujudkan Anak Usia Dini Yang Cerdas Dalam Memasuki Pendidikan Sekolah Dasar Sembilan Tahun. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2756

Sadeghi, M. reza. (2012). The effects of cooperative learning on critical thinking in an academic context. Journal of Psychological and Educational Research, 20(2), 15–30. http://www.marianjournals.com/files/JPER_articles/JPER_20_2_2012/Sadeghi_20_2_2012.pdf

Samiudin. (2017). Pentingnya memahami perkembangan anak untuk menyesuaikan cara mengajar yang diberikan. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 12(1), 1–9. Diambil dari http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2901

Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). Peran orangtua pada kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan : EarlyChildhood, 3(1), 1–12. Diambil dari https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/441

Satriana, M., Jafar, F. S., Heriansyah, M., & Haryani, W. (2019). The Development of Puppetry Stage Educational Playing Tool as The Medium for Tooth Brushing Life Skills for Preschoolers. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research, (hal. 4–7). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/esic-18.2019.3

Slavin, R. E., & Slavin, R. E. (2011). Instruction Based on Cooperative Learning University of York, (January 201).

Sukadari. (2020). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kelas Rendah. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 339–351. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.820

Supian, Muhammad, I., & Rahman, K. A. (2015). Pembinaan pendidikan karakter berbasis agama bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Dinniyah Takmiliyyah Awwaliyah (DTA) di Kota Jambi. JurnalPengabdian pada Masyarakat, 30(2), 1–10. Diambil dari https://adoc.pub/pembinaan-pendidikan-karakter-berbasis-agama-bagi-guru-madra.html

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Teheran, F. (2019). Peran orangtua dalam pendampingan anak ketika menonton televisi (studi kasus pada TK Nurul Ilmi Kecamatan Tawang kota Tasikmalaya). Siliwangi. Diambil dari http://repositori.unsil.ac.id/692/2/ABSTRAK.pdf

Ulfah, F., Yulindrasari, H., & Adriany, V. (2017). Democracy and Early Childhood Education. In the 1st International Conference on Educational Sciences (ICES 2017) (hal. 93–96). Bandung. https://doi.org/10.5220/0007036500930096

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Willis, J., Weiser, B., & Kirkwood, D. (2014). Bridging the Gap : Meeting the Needs of Early Childhood Students by Integrating Technology and Environmental Education. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 2(1), 140–155. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1108056.pdf

Wirasa, W. (2015). Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–8. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3517

Yasmin, D. S. R., Arbarini, M., & Mobo, F. D. (2021). Implementation of beyond centre circle time (BCCT) approach in early childhood learning during the pandemic. In Research on Cyber Pedagogy In The Covid 19 (hal. 84–89). India: Novateur Publication.

Zaitun. (2014). Penanaman pendidikan karakter: suatu keharusan menuju masyarakat Islami madani. Kutubkhanah, 17(2), 198–213. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/817/777


Refbacks

  • There are currently no refbacks.