- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864Keywords:
sarana dan prasarana, menciptakan potensi pengembangan seni, anak usia dini.Abstract
Sehubungan dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung lembaga taman kanak-kanak. Terpenuhinya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran seni di suatu lembaga maka akan menghasil prestasi untuk lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana sarana dan prasarana Lembaga dalam menciptakan potensi pengembangan seni pada anak usia dini yang ada di TK ABA Mardi Putra dan TK Piri Nitikan. Jenis penelitian adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan: Teknik Observasi, Wawancara, serta Dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpenuhinya sarana dan prasarana dari lembaga yang mampu menciptakan potensi pengembangan seni anak usia dini di TK Piri Nitikan maupun TK ABA Mardi Putra. Secara umum sarana dan prasarana berada di kedua lembaga tersebut sudah memenuhi standar dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran seni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua lembaga tersebut memiliki sarana prasarana yang mendukung pembelajaran seni.
Downloads
References
Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5200–5208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599
Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378
Fauziah, W. P., & Fitriyah, N. (2020). Pembelajaran Seni Pertunjukkan untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi dengan Local Genius Knowledge. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.27036
Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657
Khafiyya, N., & Suyadi. (2022). Urgensi pembelajaran seni untuk optimalisasi pembelajaran anak usia dini: tinjauan neurosains. Generasi Emas Jurna Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 8–18. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/8865
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Belajar Anak Usia Dini. Pengembangan Media Belajar Anak Usia Dini. Gunung Samudera
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/564
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Neldawati, N., & Yaswinda, Y. (2022). Evaluasi CIPP Penerapan Permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014 di Kecamatan Sijunjung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2954–2961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2066
Ningsih, H.M. Chiar, W. (2005). Manajemen sarana dan prasarana tk negeri pembina sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5), 1–15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25510
Nurhasanah, N. (2019). Pengembangan sarana kegiatan dan sumber belajar di taman kanak-kanak. Didaktika, 12(1), 46. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.175
Nurwita, S. (2020). Meningkatkan perkembangan seni anak menggunakan media smart hafiz di paud aiza kabupaten kepahiang. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 34–37. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1070
Putri, N. E., & Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pengembangan karakter pada pendidikan anak usia dini di paud cahaya hati kabupaten solok selatan. Imaji, 18(2), 5–24. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037
Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218
Romlah, R., & Sagala, R. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 231–238. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1207
Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04
Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.498
Shaleha, K., & Yus, A. (2020). Peranan bahan ajar dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(3), 55–58. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i3.7220
Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237
Suryana, A. T. (2020). Pengelolaan Keuangan Pesantren. Al - Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.51482/almujaddid.v2i2.42
Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618