- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289Keywords:
anak usia dini, gerak dan lagu, neurokinestetik, videoAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu menentukan perbedaan hasil pencapaian gerak dan lagu neurokinestetik untuk menumbuhkan kreativitas seni anak usia dini menggunakan video gelatik dan video konvensional. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah nonequevalen control group design. Simpulan penelitian ini adalah: 1) video gelatik terbukti menumbuhkan kreativitas seni anak usia dini, karena adanya perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah dilaksanakan penelitian pada kelompok 1; 2) video konvensional terbukti menumbuhkan kreativitas seni anak usia dini, karena ada perbedaan rata-rata hasil pretes dan postes kelompok 2; 3) Hasil pencapaian gerak dan lagu neurokinestetik untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini menggunakan video gelatik lebih besar dari pada Hasil pencapaian gerak dan lagu neuroinestetik untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini menggunakan video konvensional. Saran dalam penelitian ini yaitu dilakukannya penelitian lanjutan tentang video gelatik dengan menggunakan tema yang lain.Downloads
References
Anggraini, Denok Dwi. 2015. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol 2, No 1. Hal. 65-75.
Apit, Widayati T. 2012. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Metode Bermain Menangkap Bola Kecil Pada Kelompok A TK Pertiwi Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 1, No 2. Hal. 42-72.
Bustomi, M. Yazid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Citra Publishing
Diana, dkk. 2013. Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aisyah II Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Thesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Fleetham, Mike. 2006. Multiple Intellegences In Practice. Great Britain: Network Continuum Education.
Gutawa. 2002. Kecerdasan Spiritual dalam Membentuk Perilaku Anak. Jurnal Ilmiah Anak Usia dini. Vol 02. Hal 32-37.
Husnul, Ade. 2011. Bergembira Melakukan Senam Irama. Jakarta : PT Wadah Ilmu
Jackman, Hilda. 2009. Early Education Curriculum. Delmar: Cengange Learning.
Jalal, F. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan yang Mendasar. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Vol 03. Hal 4-8
Khasanah, Imroatun. 2016. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk di TK Melati II Glagah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 3. Hal, 292-300.
Lastari. A. A, Gading. I. K, A. P. A. 2016. Penerapann Pembelajaran Gerak Dan Lagu Berbantuann Audiovisual Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 No 2.
Lwin, May, Khoo, Adam, Lyen, Kenneth, & Sim, Caroline. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan (How To Multiply Your Child’s Intelligence). Yogyakarta: PT Indeks
Majidah, dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menari Pada Kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan. Jurnal Raudhah. Vol 6, No 1. Hal 1-7.
Meitarini, Loveita. 2019. Peningkatan Kecerdasan Melalui Tari Kreatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaid Larangan. Jurnal Instruksional. Vol 1, No 1. Hal. 32-42.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Erlangga.
Munawaroh, L & Khotimah, N. 2018. Penerapan Kegiatan Tari Kreasi Dalam Kemampuan Kinestetik Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai. Vol 7, No 1. Hal 1-10.
Nurliana, Syarifah. 2016. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bina Sari Kecamatan Pontianak Kota. Skripsi. Universitas Tanjungpura.
Purwanti, Sri. 2014. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Kelompok B Di TK Pertiwi Ceporan I Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rasyid, Fathur. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta: Diva Press.
Respati R dan Nur L. 2018. Gerak dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 12, No 2. Hal. 321-330.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak Kanak. Jakarta: Litera.
Saputra, Yudha M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sari, Mulya. 2014. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 8, No 1. Hal. 373-382.
Sudjono, Elisabeth T. K., dan Kusumastuti, Eny. 2017. Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari. Vol 6, No 2. Hal. 1-9.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.
Susanto. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triana, Dinny D. 2012. Kinesthetic Assessment of Dance Arts. Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol 3, No 1. Hal 42-58.
Umami, dkk. 2016. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Estafet. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 1, No 1. Hal 15-20.
Widhianawati, Nana. 2011. Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011.
Yustisia, N. 2013.75 Rahasia anak Cerdas. Jogjakarta: Kata Hati