Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini

Authors

  • Swantyka Ilham Prahesti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Himmah Taulany Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
  • Nufitriani Kartika Dewi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Keywords:

anak usia dini, gerak dan lagu, neurokinestetik, video

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menentukan perbedaan hasil pencapaian gerak dan lagu neurokinestetik untuk menumbuhkan kreativitas seni anak usia dini menggunakan video gelatik dan video konvensional. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah nonequevalen control group design. Simpulan penelitian ini adalah: 1) video gelatik terbukti menumbuhkan kreativitas seni anak usia dini, karena adanya perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah dilaksanakan penelitian pada kelompok 1; 2) video konvensional terbukti menumbuhkan kreativitas seni anak usia dini, karena ada perbedaan rata-rata hasil pretes dan postes kelompok 2; 3) Hasil pencapaian gerak dan lagu neurokinestetik untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini menggunakan video gelatik lebih besar dari pada Hasil pencapaian gerak dan lagu neuroinestetik untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini menggunakan  video konvensional. Saran dalam penelitian ini yaitu dilakukannya penelitian lanjutan tentang video gelatik dengan menggunakan tema yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Swantyka Ilham Prahesti, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Anggraini, Denok Dwi. 2015. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol 2, No 1. Hal. 65-75.

Apit, Widayati T. 2012. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Metode Bermain Menangkap Bola Kecil Pada Kelompok A TK Pertiwi Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 1, No 2. Hal. 42-72.

Bustomi, M. Yazid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Citra Publishing

Diana, dkk. 2013. Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aisyah II Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Thesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Fleetham, Mike. 2006. Multiple Intellegences In Practice. Great Britain: Network Continuum Education.

Gutawa. 2002. Kecerdasan Spiritual dalam Membentuk Perilaku Anak. Jurnal Ilmiah Anak Usia dini. Vol 02. Hal 32-37.

Husnul, Ade. 2011. Bergembira Melakukan Senam Irama. Jakarta : PT Wadah Ilmu

Jackman, Hilda. 2009. Early Education Curriculum. Delmar: Cengange Learning.

Jalal, F. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan yang Mendasar. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Vol 03. Hal 4-8

Khasanah, Imroatun. 2016. Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk di TK Melati II Glagah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 3. Hal, 292-300.

Lastari. A. A, Gading. I. K, A. P. A. 2016. Penerapann Pembelajaran Gerak Dan Lagu Berbantuann Audiovisual Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 No 2.

Lwin, May, Khoo, Adam, Lyen, Kenneth, & Sim, Caroline. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan (How To Multiply Your Child’s Intelligence). Yogyakarta: PT Indeks

Majidah, dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menari Pada Kelompok B di RA Al-Ikhlas Medan. Jurnal Raudhah. Vol 6, No 1. Hal 1-7.

Meitarini, Loveita. 2019. Peningkatan Kecerdasan Melalui Tari Kreatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaid Larangan. Jurnal Instruksional. Vol 1, No 1. Hal. 32-42.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Erlangga.

Munawaroh, L & Khotimah, N. 2018. Penerapan Kegiatan Tari Kreasi Dalam Kemampuan Kinestetik Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai. Vol 7, No 1. Hal 1-10.

Nurliana, Syarifah. 2016. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bina Sari Kecamatan Pontianak Kota. Skripsi. Universitas Tanjungpura.

Purwanti, Sri. 2014. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Kelompok B Di TK Pertiwi Ceporan I Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rasyid, Fathur. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta: Diva Press.

Respati R dan Nur L. 2018. Gerak dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 12, No 2. Hal. 321-330.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak Kanak. Jakarta: Litera.

Saputra, Yudha M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sari, Mulya. 2014. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 8, No 1. Hal. 373-382.

Sudjono, Elisabeth T. K., dan Kusumastuti, Eny. 2017. Proses Pembelajaran Gerak dan Lagu yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 di TK Miryam Semarang. Jurnal Seni Tari. Vol 6, No 2. Hal. 1-9.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.

Susanto. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triana, Dinny D. 2012. Kinesthetic Assessment of Dance Arts. Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol 3, No 1. Hal 42-58.

Umami, dkk. 2016. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Estafet. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 1, No 1. Hal 15-20.

Widhianawati, Nana. 2011. Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011.

Yustisia, N. 2013.75 Rahasia anak Cerdas. Jogjakarta: Kata Hati

Downloads

Published

31-10-2019

How to Cite

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162–171. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Issue

Section

Articles