Analisis Peranan Guru Sekolah Minggu dalam Mengasihi dan Mendidik Anak-Anak melalui Kepribadiannya

Author


Yosefo Gule(1Mail), Desra Vevalosa Br. Ginting(2), Ita Natalia Br. Pinem(3),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Quality Berastagi, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Quality Berastagi, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Quality Berastagi, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 394KB]

Published : 2023-02-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1088 times PDF Downloaded: 796 times

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan guru sekolah minggu dalam mengasihi dan mendidik anak-anak melalui kepribadiannya, mengingat masih banyak kasus pendidik kurang mengasihi peserta didik dengan sepenuh hati. Metode penelitian pada artikel ini  menggunakan  metode kajian kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Penelitian ini dilakukan di Gereja Batak Karo Protestan, Runggun Kandibata-Kabupaten Karo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan pendidik mengenai kepribadian, tempramen, dan karakter atau sifat anak-anak, menjadi salah satu faktor penyebab pendidik minim mengasihi anak-anak dengan sepenuh hati. Untuk memenuhi rancangan Allah dalam kepribadian anak-anak, peranan pendidik sangatlah penting. Manusia dilahirkan ke dalam empat tipe kepribadian yang lebih seimbang sebagai bagian dari proses hidup kudus. Dalam hal ini pendidik penting mendidik peserta didik untuk sampai pada tahap kepribadian dan kerohanian yang baik. Hasil temuan ini menjadi kontribusi bagaimana upaya pendidik dapat mengajar, menjangkau dan memahami peserta didik secara lebih efisien melalui tipe kepribadiannya.


Keywords


kepribadian; mengasihi, mendidik, guru sekolah minggu; anak-anak

References


Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Deepublish.

Aminah, S., & Fadhilah, S. R. (2020). The Concept of Islamic Education as a Scientific Discipline. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 20(1), 41–52. https://doi.org/10.30631/innovatio.v20i1.103

Anderson-Umana, L. M. (2022). The Good Sower: A Novel Approach to Teaching Sunday School. Christian Education Journal, 19(1), 63–82. https://doi.org/10.1177/0739891321993127

Ariesandi. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. PT Gramedia Pustaka Utama.

Azis, N. A. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 143. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.666

Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 01(1), 1–7. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1619

Christiani, T. K. (2007). Belajar Dari Sejarah Gereja: Pendidikan Kristiani Untuk Anak Melalui Sekolah Minggu. Gema Teologi, 31(1). https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/view/98

Crosby, M. H. (2009). Apakah Engkau Mengasihi Aku? Pertanyaan-pertanyaan Yesus kepada Gereja. BPK-Gunung Mulia.

Damayanti, A. K. (2012). Gaya Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 88–98. https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.33

Daryanto. (2013). Guru Profesional: Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja. Gava Media.

Daud, M., Weol, W., & Tulung, J. (2021). The Sunday School Curriculum of Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM). The International Journal of Social Sciences World, 3(2), 205–218. https://growingscholar.org/journal/index.php/TIJOSSW/article/view/154

Dyrness, W. (2013). Tema-Tema Dalam Teologi Perjanjian Lama (Malang: Gandum Mas). Gandum Mas.

Fajkowska, M. (2015). The Complex-System Approach to Personality: Main theoretical assumptions. Journal of Research in Personality, 56(1), 15–32. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2014.09.003

Fatningsaliska, C., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2015). Perbandingan Tingkat Stres Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus Pada Mahasiswa Yang Terlibat Organisasi Tim Kerohanian Kristen Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsrat. In Jurnal Keperawatan UNSRAT (Vol. 3, Issue 1, p. 105634).

Gule, Y. (2021). Studi Teologi-Etis Hubungan Perilaku Korupsi sebagai Dampak Sikap Hidup Hedonis. Kontekstualita, 36(01), 69–88. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.36.1.69-88

Güngör, F., Kurt, H., & Ekici, G. (2014). The Relationship between Personality Types and Self-efficacy Perceptions of Student Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1), 786–790. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.298

Harefa, S. (2020). Creative Learning Methods Improving Children’s Interest in Attending Sunday School in Tarutung, Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 4(4), 109–113. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200311.022

Hasugian, J. W., Kakiay, A. C., Sahertian, N. L., & Patty, F. N. (2022). Panggilan untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual dan Inovatif. Jurnal Shanan, 6(1), 45–70. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3707

Hendra, V. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. Kurios, 3(1), 48. https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29

Kebria, B. S., & Ekhtiari, F. (2011). The examination of the relationship between personality type and sexuality with educational progress of highschool student in Babol. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30(1), 2241–2245. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.437

Kristiono, T., & Perdana, D. P. (2019). Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. Jurnal Teologi Gracia Deo, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i2.9

Kumar, V. D. A., Kumar, V. D. A., Rajeswari, G. K., & Anitha, M. (2018). Human Character Identification Based on a New Biometric Pattern-A Contemporary Approach. Procedia Computer Science, 133(1), 99–107. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.07.013

Masinambow, Y., & Nasrani, Y. (2021). Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 64–81. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.114

Moeliono, A. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke 14. In Jakarta: Balai Pustaka (p. 561). Gramedia Pustaka Utama.

Muhyidin, M. (2010). Bijak Mendidik Anak dan Cerdas Memahami Orang Tua. Lentera.

Nashatun, N., & Salam, I. (2020). The Inculcation of the Students’s Spiritual Values to Shape Students’ Character in SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 20(1), 19–30. https://doi.org/10.30631/innovatio.v20i1.100

Nuhamara, D. (2008). Pendidikan Agama Kristen Remaja. BPK-Gunung Mulia.

Palmer, P. J. (2003). Teaching with heart and soul: Reflections on spirituality in teacher education. In Journal of Teacher Education (Vol. 54, Issue 5, pp. 376–385). https://doi.org/10.1177/0022487103257359

Silva, B. O., & Dodson-Lavelle, B. (2010). An Education of Heart and Mind: Practical and Theoretical Issues in Teaching Cognitive-Based Compassion Training to Children. Spring, Spring(4), 1–28. http://www.tibet.emory.edu/research/documents/Ozawa-deSilvaandDodson-Lavelle-PM2011EducationofHeartandMind%7B_%7Dpub.pdf

Simamora, D. T. (2020). The Role of Sunday School in Educating Children to be Obedient and Faithful. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 4(4), 93–98. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200311.019

Siregar, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 165–176. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1860

Tsai, C.-L. (2013). Teaching With Heart. BizEd, October, 41–44.

Wang, M. Z., Chen, W., Zhang, C., & Deng, X. L. (2017). Personality types and scholarly creativity in undergraduate students: The mediating roles of creative styles. Personality and Individual Differences, 105(1), 170–174. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.09.050

Widyastono, H. (2014). Pengembangan kurikulum di era otonmi. Bumi Aksara.

Yunita, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa Jurusan PPKN Fis Unimed. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 94–103. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i1.530

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93


Refbacks

  • There are currently no refbacks.