- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Peranan Guru Sekolah Minggu dalam Mengasihi dan Mendidik Anak-Anak melalui Kepribadiannya
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2920Keywords:
kepribadian, mengasihi, mendidik, guru sekolah minggu, anak-anakAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan guru sekolah minggu dalam mengasihi dan mendidik anak-anak melalui kepribadiannya, mengingat masih banyak kasus pendidik kurang mengasihi peserta didik dengan sepenuh hati. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode kajian kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Penelitian ini dilakukan di Gereja Batak Karo Protestan, Runggun Kandibata-Kabupaten Karo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan pendidik mengenai kepribadian, tempramen, dan karakter atau sifat anak-anak, menjadi salah satu faktor penyebab pendidik minim mengasihi anak-anak dengan sepenuh hati. Untuk memenuhi rancangan Allah dalam kepribadian anak-anak, peranan pendidik sangatlah penting. Manusia dilahirkan ke dalam empat tipe kepribadian yang lebih seimbang sebagai bagian dari proses hidup kudus. Dalam hal ini pendidik penting mendidik peserta didik untuk sampai pada tahap kepribadian dan kerohanian yang baik. Hasil temuan ini menjadi kontribusi bagaimana upaya pendidik dapat mengajar, menjangkau dan memahami peserta didik secara lebih efisien melalui tipe kepribadiannya.
Downloads
References
Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Deepublish.
Aminah, S., & Fadhilah, S. R. (2020). The Concept of Islamic Education as a Scientific Discipline. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 20(1), 41–52. https://doi.org/10.30631/innovatio.v20i1.103
Anderson-Umana, L. M. (2022). The Good Sower: A Novel Approach to Teaching Sunday School. Christian Education Journal, 19(1), 63–82. https://doi.org/10.1177/0739891321993127
Ariesandi. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. PT Gramedia Pustaka Utama.
Azis, N. A. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kepribadian. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 143. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.666
Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 01(1), 1–7. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1619
Christiani, T. K. (2007). Belajar Dari Sejarah Gereja: Pendidikan Kristiani Untuk Anak Melalui Sekolah Minggu. Gema Teologi, 31(1). https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/view/98
Crosby, M. H. (2009). Apakah Engkau Mengasihi Aku? Pertanyaan-pertanyaan Yesus kepada Gereja. BPK-Gunung Mulia.
Damayanti, A. K. (2012). Gaya Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 88–98. https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.33
Daryanto. (2013). Guru Profesional: Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja. Gava Media.
Daud, M., Weol, W., & Tulung, J. (2021). The Sunday School Curriculum of Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM). The International Journal of Social Sciences World, 3(2), 205–218. https://growingscholar.org/journal/index.php/TIJOSSW/article/view/154
Dyrness, W. (2013). Tema-Tema Dalam Teologi Perjanjian Lama (Malang: Gandum Mas). Gandum Mas.
Fajkowska, M. (2015). The Complex-System Approach to Personality: Main theoretical assumptions. Journal of Research in Personality, 56(1), 15–32. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2014.09.003
Fatningsaliska, C., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2015). Perbandingan Tingkat Stres Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus Pada Mahasiswa Yang Terlibat Organisasi Tim Kerohanian Kristen Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsrat. In Jurnal Keperawatan UNSRAT (Vol. 3, Issue 1, p. 105634).
Gule, Y. (2021). Studi Teologi-Etis Hubungan Perilaku Korupsi sebagai Dampak Sikap Hidup Hedonis. Kontekstualita, 36(01), 69–88. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.36.1.69-88
Güngör, F., Kurt, H., & Ekici, G. (2014). The Relationship between Personality Types and Self-efficacy Perceptions of Student Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(1), 786–790. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.298
Harefa, S. (2020). Creative Learning Methods Improving Children’s Interest in Attending Sunday School in Tarutung, Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 4(4), 109–113. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200311.022
Hasugian, J. W., Kakiay, A. C., Sahertian, N. L., & Patty, F. N. (2022). Panggilan untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual dan Inovatif. Jurnal Shanan, 6(1), 45–70. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3707
Hendra, V. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. Kurios, 3(1), 48. https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29
Kebria, B. S., & Ekhtiari, F. (2011). The examination of the relationship between personality type and sexuality with educational progress of highschool student in Babol. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30(1), 2241–2245. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.437
Kristiono, T., & Perdana, D. P. (2019). Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta. Jurnal Teologi Gracia Deo, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i2.9
Kumar, V. D. A., Kumar, V. D. A., Rajeswari, G. K., & Anitha, M. (2018). Human Character Identification Based on a New Biometric Pattern-A Contemporary Approach. Procedia Computer Science, 133(1), 99–107. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.07.013
Masinambow, Y., & Nasrani, Y. (2021). Pendidikan Kristiani sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 64–81. https://doi.org/10.46494/psc.v17i1.114
Moeliono, A. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke 14. In Jakarta: Balai Pustaka (p. 561). Gramedia Pustaka Utama.
Muhyidin, M. (2010). Bijak Mendidik Anak dan Cerdas Memahami Orang Tua. Lentera.
Nashatun, N., & Salam, I. (2020). The Inculcation of the Students’s Spiritual Values to Shape Students’ Character in SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 20(1), 19–30. https://doi.org/10.30631/innovatio.v20i1.100
Nuhamara, D. (2008). Pendidikan Agama Kristen Remaja. BPK-Gunung Mulia.
Palmer, P. J. (2003). Teaching with heart and soul: Reflections on spirituality in teacher education. In Journal of Teacher Education (Vol. 54, Issue 5, pp. 376–385). https://doi.org/10.1177/0022487103257359
Silva, B. O., & Dodson-Lavelle, B. (2010). An Education of Heart and Mind: Practical and Theoretical Issues in Teaching Cognitive-Based Compassion Training to Children. Spring, Spring(4), 1–28. http://www.tibet.emory.edu/research/documents/Ozawa-deSilvaandDodson-Lavelle-PM2011EducationofHeartandMind%7B_%7Dpub.pdf
Simamora, D. T. (2020). The Role of Sunday School in Educating Children to be Obedient and Faithful. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 4(4), 93–98. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200311.019
Siregar, R., & Situmorang, J. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2), 165–176. https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1860
Tsai, C.-L. (2013). Teaching With Heart. BizEd, October, 41–44.
Wang, M. Z., Chen, W., Zhang, C., & Deng, X. L. (2017). Personality types and scholarly creativity in undergraduate students: The mediating roles of creative styles. Personality and Individual Differences, 105(1), 170–174. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.09.050
Widyastono, H. (2014). Pengembangan kurikulum di era otonmi. Bumi Aksara.
Yunita, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa Jurusan PPKN Fis Unimed. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 94–103. https://doi.org/10.24114/jupiis.v5i1.530
Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93