Apakah Kebersyukuran dan Persepsi Dukungan Organisasi Berperan dalam Meningkatkan Kebahagiaan Guru TK?

Authors

  • Annisa Nur Rosita Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Tri Nai'mah Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Retno Dwiyanti Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Herdian Herdian Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2947

Keywords:

kebahagiaan, kebersyukuran, persepsi dukungan organisasi

Abstract

Kebahagiaan guru TK merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan anak, tetapi, jika guru memiliki masalah personal dan masalah organisasi dapat  menyebabkan menurunnya kebahagiaan yang dirasakan. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kebersyukuran dan persepsi dukungan organisasi terhadap kebahagiaan guru taman kanak-kanak di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kolerasional.  Populasi sebanyak 310 guru taman kanak-kanak Purwokerto dengan sampel 167 yang dipilih dengan teknik proportional random sampling.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kebersyukuran, skala persepsi dukungan organisasi, dan skala kebahagiaan. Analisis data dilakukan melalui pengujian outer model dan inner model dengan bantuan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan kebersyukuran dan persepsi dukungan organisasi dapat meningkatkan kebahagiaan guru TK. Guru Taman kanak-kanak yang selalu bersyukur dan mendapatkan dukungan dari lingkungan organisasi maka lebih merasakan kebahagiaan. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya  penguatan faktor personal dan faktor  organisasional dalam meningkatkan kebahagiaan guru TK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS). ANDI.

Aesijah, S., Prihartanti, N., & Pratisti, W. D. (2016). Pengaruh Pelatihan Regulasi Emosi Terhadap Kebahagiaan Remaja Panti Asuhan Yatim Piatu. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 39. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1792

Anas, M. A., Husain, A., Khan, S. M., & Aijaz, A. (2016). Development and Standardization of the Gratitude Scale. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(3), 1. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i3.6160

Anggraini, R. (2018). Hubungan kepuasan kerja terhadap kebahagiaan di tempat kerja pada karyawan PT pos indonesia pekanbaru. Psychopolytan (Jurnal Psikologi), 2(1), 28–35. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/579

Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Chinomona, R., & Sandada, M. (2014). Organisational Support and its Influence on Teachers Job Satisfaction and Job Performance in Limpopo Province of South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(9), 208–214. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n9p208

Cortini, M., Converso, D., Galanti, T., Di Fiore, T., Di Domenico, A., & Fantinelli, S. (2019). Gratitude at work works! A mix-method study on different dimensions of gratitude, job satisfaction, and job performance. Sustainability, 11(14). https://doi.org/10.3390/su11143902

De Stasio, S., Benevene, P., Pepe, A., Buonomo, I., Ragni, B., & Berenguer, C. (2020). The interplay of compassion, subjective happiness and proactive strategies on kindergarten teachers’ work engagement and perceived working environment fit. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(13), 1–16. https://doi.org/10.3390/ijerph17134869

Eisenberger, R., Huntington, R., Hutchison, S., & Sowa, D. (1986). Perceived Organizational Support. Journal of Applied Psychology, 71(3), 500–507. https://doi.org/10.1037/0021-9010.71.3.500

Eisenberger, R., Stinglhamber, F., Vandenberghe, C., Sucharski, I. L., & Rhoades, L. (2002). Perceived supervisor support: Contributions to perceived organizational support and employee retention. Journal of Applied Psychology, 87(3), 565–573. https://doi.org/10.1037/0021-9010.87.3.565

Eriyanda, D., & Khairani, M. (2018). Kebersyukuran Dan Kebahagiaan Pada Wanita Yang Bercerai Di Aceh. Psikodimensia, 16(2), 189. https://doi.org/10.24167/psiko.v16i2.1269

Fadhillah, E. (2016). Hubungan Antara Psychological Well-Being Dan Happiness Pada Remaja Di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(1), 100726. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1545

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (II). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, N., & Na’imah, T. (2016). Kebutuhan Akan Rasa Aman Dan Happiness Pada Peserta Didik. University Research Coloquium, 83–89. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7715?show=full

Higashide, H. (2016). A Model Of Happiness In The Workplace. Kindai Management Review, 4, 112–123. https://www.kindai.ac.jp/files/rd/research-center/management-innovation/kindai-management-review/vol4_8.pdf

Hills, P., & Argyle, M. (2001). Emotional Stability as a Major Dimension of Happiness. Personality and Individual Differences, 31(8), 1357–1364. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(00)00229-4

Howells, K. (2014). An exploration of the role of gratitude in enhancing teacher-student relationships. Teaching and Teacher Education, 42, 58–67. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.04.004

Ika, K., & Kustanti, E. R. (2018). Should I Be Grateful?: Gratitude and Teachers’ Mental Health of Children with Special Educational Needs (SEN). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 133 3rd, 133, 56–58. https://doi.org/10.2991/acpch-17.2018.8

Kaya, S. (2016). The Relationship between Leisure Satisfaction and Happiness among College Students. Universal Journal of Educational Research, 4(3), 622–631. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040322

Khairullah, M., Situmorang, N. Z., & Diponegoro, A. M. (2021). Hubungan Antara Kebersyukuran dengan Kebahagiaan pada Guru Honorer. Psyche 165 Journal, 14(02), 158–163. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i2.41

Khairunnisa, A. (2016). Hubungan Religiusitas dengan Kebahagiaan Pada Pasien Hemodialisa Di Klinik Hemodialisa Muslimat Nu Cipta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 1–8. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1537

Kudati, V. A., Solang, D. J., & Kapahang, G. L. (2021). Hubungan Kebersyukuran Dengan Kebahagiaan Pada Pegawai Rumah Detensi Imigrasi Di Manado. Jurnal Psikopedia, 2(4), 273–278. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/psikopedia/article/view/3553

Lestiani, I. (2016). Hubungan Penerimaan Diri Dan Kebahagiaan Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(2), 109–119. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1549

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2002). The grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82(1), 112–127. https://doi.org/10.1037/0022-3514.82.1.112

Mulyani, S., Nasution, E. S., & Pratiwi, I. W. (2020). Hubungan efikasi diri dan keterikatan kerja guru taman kanak-kanak. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(1), 74–89. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/724

Murniasih, E., & Sudarma, K. (2016). Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Kompetensi pada Kinerja Karyawan Dimediasi Komitmen Afektif. Management Analysis Journal, 5(1), 24–35. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/9270

Nemati, S., & Maralani, F. M. (2016). The Relationship between Life Satisfaction and Happiness: The Mediating Role of Resiliency. International Journal of Psychological Studies, 8(3), 194–201. https://doi.org/10.5539/ijps.v8n3p194

Novira, L., & Martono, S. (2015). Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi Pada Perilaku Kewargaan Organisasional Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Interventing. Management Analysis Journal, 4(3), 180–189. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/8869

Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485

Özgenel, M., & Yılmaz, Ö. (2020). The Relationship between Spiritual Well-Being and Happiness: An Investigation on Teachers. Spiritual Psychology and Counseling, 5(3), 287–300. https://doi.org/10.37898/spc.2020.5.3.110

Prabowo, R. B., & Laksmiwati, H. (2020). Hubungan Antara Rasa Syukur Dengan Kebahagiaan Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/31922

Puspitarani, P., & Masykur, A. M. (2018). Makna Menjadi Guru Taman Kanak-Kanak (Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologis). Empati, 7(1), 308–314. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20225

Putranti, A. D., & Kurniady, D. A. (2013). Kepuasan Kerja Guru Terhadap Organizational Citizenship Behaviour ( OCB ) Guru TK Se-Kabupaten Kudus. Jurnal Adminisistrasi Pendidikan, XVII(1), 1–11. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6423

Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.420

Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002). Perceived organizational support: A review of the literature. Journal of Applied Psychology, 87(4), 698–714. https://doi.org/10.1037/0021-9010.87.4.698

Rienneke, T. C., & Setianingrum, M. E. (2018). Hubungan antara Forgiveness dengan Kebahagiaan Pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 18–31. https://doi.org/10.30996/persona.v7i1.1339

Rozdi, Z. M., Othman, S., Ahmad, C. N. C., & Mohamed, Z. (2017). Translation, Validity and Reliability of Perceived Organizational Support. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(10). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i10/3390

Sarmadi, S. (2018). Psikologi positif. Titah Surga.

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic Hapiness. Free Press.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Toisuta, D. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja, Stres Guru Dengan Kebahagiaan Guru Pendidikan Agama Sekolah Menengah Di Kota Ambon. Satya Widya, 33(1), 11. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p11-28

Van Horn, J. E., Taris, T. W., Schaufeli, W. B., & Schreurs, P. J. G. (2004). The structure of occupational well-being: A study among Dutch teachers. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 77(3), 365–375. https://doi.org/10.1348/0963179041752718

Wardiana, A. G., & Prasetyo, A. R. (2018). Keterkaitan Perceived Organizational Support Dan Happiness At Work Pada Karyawan Generasi Y Pt. Telekomunikasi Selular Jakarta. Jurnal Empati, 7(4), 27–32. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/23417

Waterman, A. S. (1993). Two Conceptions of Happiness: Contrasts of Personal Expressiveness (Eudaimonia) and Hedonic Enjoyment. Journal of Personality and Social Psychology, 64(4), 678–691. https://doi.org/10.1037/0022-3514.64.4.678

Watkins, P. C., Woodward, K., Stone, T., & Kolts, R. L. (2003). Gratitude and happiness: Development of a measure of gratitude, and relationships with subjective well-being. Social Behavior and Personality, 31(5), 431–452. https://doi.org/10.2224/sbp.2003.31.5.431

Widiantoro, Purawigena, R. E., & Gamayanti, W. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Kebahagiaan Santri Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Integratif, 5(1), 11–18. https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/PI/article/view/1381

Yang, Y., Lu, X., Ban, Y., & Sun, J. (2022). Social Support and Job Satisfaction in Kindergarten Teachers: The Mediating Role of Coping Styles. Frontiers in Psychology, 13(March), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.809272

Yavuz, C. (2019). The relationships among attitude towards sports, loneliness and happiness in adolescents. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 790–796. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070319

Downloads

Published

08-02-2023

How to Cite

Rosita, A. N., Nai’mah, T., Dwiyanti, R., & Herdian, H. (2023). Apakah Kebersyukuran dan Persepsi Dukungan Organisasi Berperan dalam Meningkatkan Kebahagiaan Guru TK?. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 745–756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2947

Issue

Section

Articles