Partisipasi Orang Tua Milenial dalam Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia Dini

Author


Rani Darojah(1), Sri sugiharti(2Mail), Urip Tri Wijayanti(3),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Terbuka,
Pusat Riset Kependudukan, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia(2)
Pusat Riset Kependudukan, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 431KB]

Published : 2023-02-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 546 times PDF Downloaded: 440 times

Abstract


Generasi Milenial untuk konteks perspektif perkembangan sosial anak usia dini adalah mereka dengan karakteristik tersendiri  yaitu orang tua (ibu atau ayah) lahir pada tahun 1980 hingga 2000 an mempunyai anak balita dan anak yang akan memasuki usia sekolah.   Tujuan penelitian mendapatkan informasi tentang peran orang tua milenial dalam pengasuhan aspek perkembangan sosial  anak  usia dini di Provinsi Jawa Tengah. Pendekatan yang digunakan deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan, menganalisis, dan menjelaskan orang tua millennial dalam aspek perkembangan sosial anak usia dini. Data yang dipakai  berasal dari Survey Kinerja Akuntabilitas  Program BKKBN tahun 2019.  Novelty  penelitian pengasuhan orang tua Milenial dalam perkembangan sosial anak dengan cara disekolahkan dalam paud/play group/day care  sebesar 62.6 persen , anak  diajak bersosialisasi sebesar 74.7 persen sedangkan  bermain dengan teman sebaya sebesar 91.6 Persen.  Aspek perkembangan sosial lainnya  untuk anak dikursuskan 10.9 persen dan anak diikutkan lomba sebesar 20 persen


Keywords


partisipasi orang tua; generasi milenial; perkembangan usia dini

References


Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31–42. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/389

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Alucyana, A. (2018). Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253

Alwinanda, A., Sutama, I. W., & Anisa, N. (2021). Persepsi Generasi Milenial Kota Malang Terhadap Kesadaran Urgensi PAUD Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 65–75. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/16062

Anindita, A. H., & AF, S. M. (2017). Formulasi Masker Alami Berbahan Dasar Rumput Laut Dan Cokelat Mengurangi Keriput Dan Bintik Noda Pada Kulit Wajah. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 5(2), 205. https://doi.org/10.33366/cr.v5i2.540

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/2421

Carolan, P. L., McIsaac, J. L. D., Richard, B., Turner, J., & McLean, C. (2021). Families’ Experiences of a Universal Play-based Early Childhood Program in Nova Scotia: Implications for Policy and Practice. Journal of Research in Childhood Education, 35(4), 550–566. https://doi.org/10.1080/02568543.2020.1773588

Crouch, E., Radcliff, E., Brown, M., & Hung, P. (2019). Exploring the association between parenting stress and a child’s exposure to adverse childhood experiences (ACEs). Children and Youth Services Review, 102(April), 186–192. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.05.019

Daflora, R., & Jaya, R. P. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa Akan Keterlibatannya Dalam PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4606

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fajrur, M., & Febriana, P. (2022). Penggunaan New Media di Kalangan Orang Tua Golongan Millenial sebagai Media Pola Asuh Anak Masa Kini di Era Digital. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 10(1), 181. https://doi.org/10.21043/thufula.v10i1.13558

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 1–7. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/3267

Hasan Agus R, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Brain Based Education. Jurnal Pedagogik, 3(2), 13–23. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/120

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1–187. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985

Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/4477

Musyarofah, M. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99-122. https://inject.iainsalatiga.ac.id/index.php/INJECT/article/view/1321

Istiqomah, L. (2016). Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan PAUD. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-05

Jirasevijinda, T. (2018). Bridging the generation gap in the workplace: how I learned to stop worrying and love working with the millennial generation. Journal of Communication in Healthcare, 11(2), 83–86. https://doi.org/10.1080/17538068.2018.1485830

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/138

Khoirun Nisa, V., & Zunairoh, Y. (2022). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75

Monika, S. (2014). Motivasi Orang Tua Menitipkan Anaknya di Daycare. In Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(1). https://journal.untar.ac.id/index.php/provitae/article/view/228

Ningsih, J. W., Wahyudi, I., Widiantoro, FX. W. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kreativitas pada Siswa Sekolah Menengah X di Kabupaten Bantul. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/815

Pramono, Khoirunnisa’, Tirtaningsih, M. T., Nugroho, A. P., & Zakia, B. N. (2020). Organic Parenting Pattern as an Early Childhood Behavior Control Strategy in the Millennial Era. 487(Ecpe), 35–39. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.007

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf

Rahmadewi., Nasution, S. L., Ekoriano, M., Sari, D. P., Pujihasvuty, R., Oktriyanto., Maya, M. Fajarningtiyas, D. N., Kistiana, S., Rahmadhony, A., Puspitasari, M. D., Amrullah, H., & Murniati, C. (2019). Survei Kinerja Dan Akuntabilitasprogram Kkbpk (Skap) 2019. Puslitbang KB dan KSB dan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Infantia, 4(2), 8. https://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/286

Rifai, A. (2022). Cara Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( Paud ) Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Paud. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(1), 15–20. https://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/286

Robbiyah, R., Ekasari, D., Witarsa, R., & Robbiyah, E. dan W. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Russell, B. S., Maksut, J. L., Lincoln, C. R., & Leland, A. J. (2016). Computer-mediated parenting education: Digital family service provision. Children and Youth Services Review, 62, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2016.01.012

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Setyawati, V. D., & Kresentia K, M. (2019). Perubahan Paradigma Orangtua Dalam Kesadaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 22. https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2156

Sokhibah, S., & Komalasari, S. D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Bermain Bola Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/12100

Sharon, Al. (2015). Understanding the Millennial Generation. Journal of Financial Service Professionals, 69(6), 11–14.

Sholikhah, S., Wahono, W., & Kurniawati, T. (2019). Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak Di Kb Aisyiyah 30 Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia, 5(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/3612

Song, Z., Zhu, J., Xia, Z., & Wu, X. (2014). The early childhood education of disadvantaged children in China. European Early Childhood Education Research Journal, 22(3), 355–365. https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.912898

Suharto, M. P., Mulyana, N., & Nurwati, N. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 135. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18278

Suhenda, D., Nurfauziah, R., & Kusyanti, T. (2020). Participation Of Family Development Program For Family In Children’s Care And Growth In West Java. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 12(1), 80–93. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v12i1.817

Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.577


Refbacks

  • There are currently no refbacks.