Deskripsi Status Gizi Balita, Serta Partisipasi Orang Tua pada Masa Pandemi Covid-19

Author


Rosita Wondal(1), Nurhamsa Mahmud(2), Natalina Purba(3Mail), Erna Budiarti(4), Umikalsum Arfa(5), Winda Oktaviani(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 677KB]

Published : 2023-01-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1057 times PDF Downloaded: 763 times

Abstract


Status gizi dapat menggambarkan status kesehatan dari seseorang yang dihasilkan oleh keseimbangan antara pemasukan zat gizi dan kebutuhan tubuh terkait dengan zat gizi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan status gizi Balita pada masa pandemi covid-19 di Kota Ternate, serta partisipasi orang tua dalam kesehatan dan gizi anak. Tipe penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey pada 3 titik kecamatan di Kota Ternate yakni Ternate Barat, Tengah dan Selatan, dengan sampel Balita yang berjumlah 2798. Analisis data dengan bantuan aplikasi pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM), wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)  Rata-rata status gizi Balita pada masa pandemi covid-19 di kota Ternate masih tergolong berada pada status normal, dengan 884 Balita. Yang mengalami gizi buruk sebesar 4 Balita, gizi kurang 12 Balita, Resiko gizi lebih 21 Balita, gizi lebih 6 Balita dan Obesitas sebanyak 4 Balita, dan 2) Masih belum adanya kesadaran Sebagian Orang tua dalam berpartisipasi untuk membawa anak di puskesmas atau posyandu setempat. Oleh sebab itu diperlukan edukasi pada orangtua agar mewujudkan keluarga yang sadar gizi.


Keywords


status gizi balita; pandemi covid 19; partisipasi orang tua

References


Adeniyi, O. F., Ekure, E., Olatona, F., Ajayi, E. O., & Nworgu, N. (2018). Nutritional Assessment and Maternal Perception of Toddler Body Size using Toddler Silhouette Scale in Nigeria a Developing Country. International Journal of Maternal and Child Health and AIDS (IJMA), 7(1), 9–16. https://doi.org/10.21106/ijma.217

Ahsan, K. Z., Arifeen, S. El, Al-Mamun, M. A., Khan, S. H., & Chakraborty, N. (2017). Effects of individual, household and community characteristics on child nutritional status in the slums of urban Bangladesh. Archives of Public Health, 75(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s13690-017-0176-x

Anater, A. S., Catellier, D. J., Levine, B. A., Krotki, K. P., Jacquier, E. F., Eldridge, A. L., Bronstein, K. E., Harnack, L. J., Lorenzana Peasley, J. M., & Lutes, A. C. (2018). The feeding infants and toddlers Study (FITS) 2016: Study design and methods. Journal of Nutrition, 148(9), 1516S-1524S. https://doi.org/10.1093/jn/nxy035

Aulia, S. G. B., Makmur, T., & Hamid, A. H. (2018). Perilaku Konsumsi Fast Food Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(1), 130–139. https://jim.unsyiah.ac.id/JFP/article/view/6472

Boli, E. B., Baliwati, Y. F., & Sukandar, D. (2018). Komitmen Politik dan Peluang Pengembangan Kebijakan Gizi Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(4), 351. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i4.5104

Capanzana, M. V., Aguila, D. V., Gironella, G. M. P., & Montecillo, K. V. (2018). Nutritional status of children ages 0-5 and 5-10 years old in households headed by fisherfolks in the Philippines. Archives of Public Health, 76(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s13690-018-0267-3

Corkins, M. R., Daniels, S. R., de Ferranti, S. D., Golden, N. H., Kim, J. H., Magge, S. N., & Schwarzenberg, S. J. (2016). Nutrition in Children and Adolescents. In Medical Clinics of North America (Vol. 100, Issue 6, pp. 1217–1235). Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.mcna.2016.06.005

Dasman, H. (2019). Empat dampak stunting bagi anak dan negara Indonesia. The Conversation (Disipln Ilmiah, Gaya Jurnalistik), 2–4. http://repo.unand.ac.id/21312/1/Empat dampak stunting bagi anak dan negara Indonesia.pdf

de Onis, M., & Branca, F. (2016). Childhood stunting: A global perspective. In Maternal and Child Nutrition, 12, 12–26). https://doi.org/10.1111/mcn.12231

Dermyshi, E., Wang, Y., Yan, C., Hong, W., Qiu, G., Gong, X., & Zhang, T. (2017). The “golden Age†of Probiotics: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized and Observational Studies in Preterm Infants. In Neonatology (Vol. 112, Issue 1, pp. 9–23). https://doi.org/10.1159/000454668

Dhini, Saden, Y., Riyanti, Citerawati, Y. W., Febriani, I., & Rajiani, I. (2018). Knowledge and perception of nutrition and health among pregnant women in rural central kalimantan, indonesia. Indian Journal of Public Health Research and Development, 9(10), 273–277. https://doi.org/10.5958/0976-5506.2018.01354.2

Diana. (2021). Ketahanan Pangan Rumah Tangga Dan Status Gizi Baduta Dimasa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Lede Kecamatan Lede Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara. Poltekes Kemenkes Kendari.

Dwyer, J. T. (2018). The feeding infants and toddlers study (FITS) 2016: Moving forward. In Journal of Nutrition (Vol. 148, Issue 9, pp. 1575S-1580S). https://doi.org/10.1093/jn/nxy159

Ernawati, A. (2019). Analisis Implementasi Program Penanggulangan Gizi Buruk Pada Anak Balita Di Puskesmas Jakenan Kabupaten Pati Analysis of the Implementation of Children Undernutrition Improvement Program in Jakenan Health Centre Pati Regency. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 15(1), 39–50. https://doi.org/10.33658/jl.v15i1.131

Handini, M. C., & Anita, A. (2016). Pengaruh Pengetahuan Gizi, Status Sosial Ekonomi, Gaya Hidup Dan Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak (Studi Kasus di Pos PAUD Kota Semarang Tahun 2015. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 213–232. https://doi.org/10.21009/jpud.102.02

Juliningrum, P. P. (2019). Asupan Zat Gizi Makronutrien Pada Toddler. The Indonesian Journal of Health Science, 11(1), 40. https://doi.org/10.32528/ijhs.v11i1.2236

Karundeng, L., Ismanto, A., & Kundre, R. (2015). Relationship between birth distance and number of children with nutritional status of toddlers in Kao Health Center, Kao District, North Halmahera Regency. J Keperawatan UNSRAT, 3(1), 114321. https://stunting.go.id/kemendesa-buku-saku-stunting-desa-2017

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Buku Saku Pemantauan Status Gizi. In Buku Saku. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Buku-Saku-Nasional-PSG-2017_975.pdf

Maflahah, I. (2019). Analisis Status Gizi Balita di Kabupaten Sumenep Madura. Pamator Journal, 12(1). https://doi.org/10.21107/pamator.v12i1.5177

Masithah, T., Soekirman, & Martianto, D. (2005). Hubungan Pola Asuh Makan Dan Kesehatan Dengan Status Gizi Anak Batita Di Desa Mulya Harja. Media Gizi & Keluarga., 29(2), 29–39.

Morgan, K. E. (2015). The Cognitive Effects of Chronic Malnutrition and Environment on Working Memory and Executive Function in Children. Independent Study Project (ISP) Collection, 2053. https://digitalcollections.sit.edu/isp_collection/2053

Murdiningsih, M., & Komariah, N. (2019). Knowledge and parenting patterns with toddler’s growth and development. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 8(2), 179. https://doi.org/10.11591/ijphs.v8i2.17808

Nafia, Z. I., Shodiq, I. Z., & Handayani, L. (2021). Nutritional Status of Children Under Five Years in the Work Area of Puskesmas Cipadung. Disease Prevention and Public Health Journal, 15(2), 125. https://doi.org/10.12928/dpphj.v15i2.4748

Rahman, N., Dewi, N. U., & Bohari, B. (2017). Kebiasaan Sarapan Pagi, Asupan Zat Gizi, Dan Status Gizi Murid SDN INPRES 3 TONDO, Kota Palu. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(April), 14–20. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif/article/view/8342

Reinbott, A., & Jordan, I. (2016). Determinants of child malnutrition and infant and young child feeding approaches in Cambodia. World Review of Nutrition and Dietetics, 115, 61–67. https://doi.org/10.1159/000444609

Safriana, R. E., Mulyani, E., & Rachmawati, A. (2019). Occupational Factors with Toddler Nutrition Status. JURNAL KEBIDANAN, 9(2), 103–108. https://doi.org/10.31983/jkb.v9i2.4095

Sengupta, P., Philip, N., & Benjamin, A. I. (2010). Epidemiological correlates of under-nutrition in under-5 years children in an urban slum of Ludhiana. Health and Population: Perspectives and Issues, 33(1), 1–9.

Sikteubun, T., & Andareas, A. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Pada Anak Balita Di Wilayah Erja Posyandu Teratai. Media Gizi Pangan, XV(1), 88–95.

Sukmawandari. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi balita 1-5 tahun di desa klipu kecamatan pringapus kabupaten semarang. Jurnal Keperawatan, 13(1), 22–30.

Sumartini, E. (2020). Studi Literatur : Dampak Stunting Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Seminar Nasional, 2(01), 127–134. http://ejurnal.stikesrespati-tsm.ac.id/index.php/semnas/article/view/259

Supariasi, I. D. N., Bakri, B., & Fajar, I. (2009). Penilaian Status Gizi. EGC.

Susilawati, E., Herinawati, H., Artikasari, L., & Fatilaya, D. (2021). Status Gizi Balita di Kelurahan Talang Babat Nutritional Status of Toddlers in Talang Babat Village. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(2), 202–207. https://jurnal.htp.ac.id/index.php/keskom/article/view/918/327

Triatmaja, N. T. (2017). Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan di Kota Bogor Tahun 2015 ditinjau dari Pemberian Makan dan Sosiodemografi Ibu. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(1), 37–44. https://doi.org/10.22435/bpk.v45i1.7308.37-44

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). The Influence of Stunting on Cognitive Development and Learning Achievement. Jurnal Majority, 8(2), 273–282. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/2483


Refbacks

  • There are currently no refbacks.