Dilema Keluarga di Era Digitalisasi: Antara Kecanduan Gadget, Gangguan Emosional, Perilaku Sosial pada Anak Usia Dini dan Tawaran Sekolah Alternatif

Author


Sjafiatul Mardliyah(1Mail),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 581KB]

Published : 2023-02-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1322 times PDF Downloaded: 817 times

Abstract


Era digitalisasi mempercepat kehadiran gadget sebagai teknologi komunikasi yang mengepung seluruh lini kehidupan masyarakat. Bagi keluarga yang memiliki anak usia dini persoalan literasi kritis menyikapi gadget menjadi kebutuhan penting, sehingga dibutuhkan pemahaman tentang: (1) Hubungan antara kecanduan gadget dengan gangguan emosional dan perilaku sosial pada anak usia dini, (2) Upaya merancang sistem belajar bagi anak usia dini, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada gadget. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan tehnik deskriptif sebagai tehnik analisa data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa gadget memberikan kontribusi terhadap munculnya kecanduan dan berdampak pada gangguan emosional dan perilaku sosial pada anak usia dini. Gadget melahirkan praktik manipulatif dan melemahkan kekuatan keluarga sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya. Kondisi ini mendorong pentingnya kehadiran sekolah alternatif sebagai counter-hegemony yang memegang peranan penting untuk membangun pusat legitimasi baru. Sekolah alternatif bisa menyebar dan datang dari mana saja sehingga tidak terpusat pada satu sentral otoritas tertentu.


Keywords


gangguan emosional; kecanduan gadget; perilaku sosial; sekolah alternatif

References


Adekantari, S., & Supriadi. (2022). Kontrol Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Dusun Kalepee Desa Muer Kecamatan Plampang Septi Adekantari 1 , Supriadi 2. Hegemoni: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 22–27. https://jurnal.uts.ac.id/index.php/hjis/article/view/2218

Adib, H. (2021). Problematika Penggunaan Gadget dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 (Dampak dan Solusi bagi Kesehatan Siswa). Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 170–179. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i3.391

Alrusaini, O., & Beyari, H. (2022). The Sustainable Effect of Artificial Intelligence and Parental Control on Children’s Behavior While Using Smart Devices’ Apps: The Case of Saudi Arabia. Sustainability (Switzerland), 14(15). https://doi.org/10.3390/su14159388

Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622

Aryati, T. (2017). Kontrol Sosial Orang Tua kepada Anak Balita dalam Penggunaan Gadget di Desa Wukirsari Imogiri Bantul. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–11. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/societas/article/view/9111

Asif, A. . (2016). Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja. In Jurnal Kedokteran Diponegoro (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.14710/dmj.v6i2.18529

ASL, S., & E, M. (2019). Usage of Electronic Gadgets among Preschool Children. International Journal of Home Science, 5(2), 420–423.

Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), 295. https://doi.org/10.30591/siklus.v7i2.896

Dewi, R., & Rachmaniar, R. (2017). Balita dan Gawai (Sebuah Studi Komparasi Antara Balita yang Memiliki Gawai Pribadi dengan Balita yang Menggunakan Gawai Orang Tuanya). Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3136

Fadillah, F. A., & Iqbal, M. (2019). Poster Kecanduan Game terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Desain, 7(1), 38. https://doi.org/10.30998/jd.v7i01.5469

Fajrina, H. N. (2015). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan. CNN Indonesia. http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan

Hedge, A. M., Suman, P., Unais, M., & Jeyakumar, C. (2018). Effect of Electronic Gadgets on the Behaviour, Academic Performance and Overall Helath of School Going Children-A Descriptive Study. Journal of Advanced Medical and Dental Sciences Research, 8(1), 100–103. https://www.proquest.com/openview/977866ca29bbd85b8ef26fc266b456ca/1?pq-origsite=gscholar&cbl=2040251

Illich, I. (2000). Bebaskan masyarakat dari belenggu sekolah. Yayasan Obor Indonesia.

Islami, N. (2017). Pengaruh Gadget Pada Anak. Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10161/pengaruh-gadget-pada-anak/0/sorotan_media

Kominfo RI. (2014). 98 Persen Anak dan Remaja Tahu Internet. Kominfo RI.

Lahikainen, A.R.; Mälkiä, T.; Katja Repo, K. (2017). Media, Family Interaction and the Digitalization of Childhood. In Edward Elgar Publishing.

M, S. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01). https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Martinesya, S. (2017). Tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Terhadap Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Dasar Anak Terlantar. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Keadilan, 4(1), 1–17. https://ejurnal.stih-painan.ac.id/index.php/jihk/article/view/71

Munawar, M., & Zuhri, P. R. A. (2018). The Influence of Gadgets on Early Childhood Social Development in Hidayatullah Islamic Kindergarten School Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 125–129. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/28586

Nadeem, K., & Ahmed, N. (2020). Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities ISSN: 2706 – 8242 www.eresearchjournal.com Vol. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities, 2(III), 103–115. http://sjifactor.com/passport.php?id=20766

Naik, S. (2018). Children and their gadgets: A pedodontist perspective. International Journal of Oral Health Sciences, 8(2), 57. https://doi.org/10.4103/ijohs.ijohs_45_18

Noor, S. T. A. (2021). Hubungan Bimbingan Sosial dengan Kompetensi Interpersonal Remaja Di Sekolah Alam Wangsakerta. Disertasi. [IAIN Syekh Nurjati Cirebon]. http://repository.syekhnurjati.ac.id/5113

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Nurliana, N., & Aini, N. (2021). Dampak Gadget terhadap Konikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga di TK Negeri Pembina Kecamatan Lut Tawar. Jurnal As-Salam, 5(1), 101–109. https://doi.org/10.37249/assalam.v5i1.247

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pratikno, A. S., & Sumantri, S. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 107–123. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.301

PremKumar, U., J, P., Fahima, S., Anil, A., V, B., A, A., S, A., & Shaik, A. S. (2019). Third Eye Syndrome- a gadget screen addiction among medical professionals in Chennai, Tamilnadu, India. National Journal of Research in Community Medicine, 8(3), 249. https://doi.org/10.26727/njrcm.2019.8.3.249-254

Priadi, A., Aristina, T., Rachmawati, N., & Harigustian, Y. (2021). Literature Review: Pengaruh Penggunaan Gadget Berlebih Terhadap Kesehatan Mental Anak. Jurnal Keperawatan, 13(2), 75–82. https://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/article/view/42

Rahmawati, N., Herlina, H., & Hasneli N., Y. (2021). Gambaran Ketergantungan Gadget pada Anak Usia Sekolah. JKEP, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.32668/jkep.v6i2.445

Sakmono, N. D. (2020). Digitalisasi Sastra Lisan sebagai Media Pendidikan Kesehatan dan Karakter dalam Pembelajaran Daring di Era New Normal pada Pendidikan Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 96–102. https://doi.org/10.55681/nusra.v1i2.130

Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Shaull, R. (2019). Pendidikan Kaum Tertindas (terj). In Pendidikan Kaum Tertindas (terj) (p. xxxv). LP3ES.

Suherman, R. N., Saidah, Q., Nurhayati, C., Susanto, T., & Huda, N. (2021). The relationship between parenting style and gadget addiction among preschoolers. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 17(June), 117–122. https://medic.upm.edu.my/upload/dokumen/2021061711461025_MJMHS_0371.pdf

Surahman, S., Pratiwi, R., Imron, A., & Cakranegara, P. A. (2022). Multicultural Education In The Forming Of Social Character In The Digitalization Era. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islan Dan Multikulturalisme, 4(3), 162–174. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1805

Tatminingsih, S. (2022). Implementation of Digital Literacy in Indonesia Early Childhood Education. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v4i1.894

Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382–392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843


Refbacks

  • There are currently no refbacks.