Bercerita dengan Teknik Chain Story untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini

Author


Nurzannah Nurzannah(1Mail), Juli Maini Sitepu(2), Zailani Zailani(3),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 391KB]

Published : 2023-02-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 693 times PDF Downloaded: 299 times

Abstract


Pengembangan karakter anak usia dini harus menjadi prioritas. Karena saat ini, karakter bangsa kita sudah mengalami reduksi di seluruh lini kehidupan. Apalagi metode bercerita  yang digunakan dalam mengembangkan karakter anak kurang maksimal. Hasil observasi, guru di TK ABA Aisyiyah se Kota Medan juga belum maksimal menggunakan metode bercerita tersebut untuk mengembangkan karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prototype model pengembangan bercerita dengan teknik Chain Story. Subjek penelitiannya adalah para guru TK ABA di Kota Medan. Metode penelitiannya menggunakan analisis dokumen, observasi, wawancara, dan FGD. Teknik Chain Story dilakukan berpusat pada anak, guru sebagai pemantik cerita berdurasi singkat. Anak bebas bercerita dengan kata-kata, cara, dan gayanya sendiri. Namun, kontennya  tetap sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru mengawasi jalannya pembelajaran, menilai kemampuan dan karakter saat anak sedang bercerita. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan metode bercerita yang tidak lagi berpusat pada guru, tetapi menjadi berpusat pada anak (Child Centered-Learning)


Keywords


anak usia dini; model pengembangan metode bercerita; pembentukan karakter; teknik chain story

References


Achsani, F. (2020). Penerapan Dan Kemampuan Teknik Cerita Berantai Pada Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Fabel (Applicationand Capability of Chain Relaxed Story Techniques in Learning Retellingthe Fabel Contents). Totobuang, 8(2), 253-265. https://totobuang.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/totobuang/article/view/209

AH, Z. T. (2020, Desember Jum'at). Kompasiana.com. (Kompasiana) Retrieved September Jumat, 2022, from Karakteristik Anak Usia Dini: https://www.kompasiana.com/zulfaaaa/5fd2cdffd541df024f47a163/karakteristik-anak-usia-dini

Al-Ghazali. (2012). Ihya' 'Ulumuddin; Menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama (Vol. 4). (I. I. Ba'adillah, Trans.) Jakarta: Republika Penerbit.

Armaita. (2016). Penerapan Metode Story Reading Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mustika Bunda Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 67-77. Retrieved from https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3680

Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Lembaga PAUD Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 190-206. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312

Budianto, S. (2016). Using Chain Story To Improve Junior High School Student Ability In Writing Narrative Texts. Jurnal Sastra dan Budaya, 85-96.

Chusna, P. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842

Cooper, J. C.–2. (2006). Building Character: A Leadership Essential. Journal of Business and Psychology, 21(1), 1-22. https://doi.org/10.1007/s10869-005-9020-3

Cowel, H. (2021). Building Character in The Academies. Journal of Edcation, XL(5), 98.

Custudiana, A. (2015). The implementation of Chain Story in teaching writing descriptive text to the eight grades of SMPK Angelus custos II. Retain, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12852

D. Anggraeni, dkk. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak USia Dini. Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404-415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Dewi, A.E.A. dan Mukminan. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di Middle Grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Prima Edukasia, 4(4), 20-31. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7691

Duman, B., and Göcen, G. (2015). The Effect of the Digital Storytelling Method on Pre-Service Teachers’ Creative Writing Skills. Anthropologist, 20(1-2), 215-222.

Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai untuk meningkatkan keterampilan berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 158-166. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388

Habibatullah, S. d. (2020). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Hadi, G. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwa 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 5(2), 131-137. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Hatma, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menceritakan Pengalaman Pribadi melalui Metode Cerita Berantai. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2), 101-107. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.649

Hidayat, O. (2016). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Info Ghazi. (2019). Mengapa Anak Sering Bertanya ?) https://www.infoghazi.com/2019/01/mengapa-anak-sering-bertanya.html

Izfanna, D dan Hisyam, N.A. (2012). A comprehensive approach in developing akhlaq; A case study on the implementation of character education at Pondok Pesantren Darunnajah. 6(2), 77-86. https://doi.org/10.1108/17504971211236254

Jazilurrahman, dkk. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291-3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Kemendikbud. (2014). Permendikbud RI, Nomor 146. Jakarta: Kememterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2018). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Khadijah dan Armila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kurniasih, W. (2021), October Jum'at). Gramedia Blog. Retrieved September Kamis, 2022, from Sosial Budaya: Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha: https://www.gramedia.com/literasi/generasi-baby-boomers-x-y-z-alpha

Lawota, Y. E. (2018). Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas IV SD Inpres Nangameting. At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 11(2), 39-51. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3128

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenada Media Group.

Majid, A. (2012). Mendidik Anak Lewat Cerita dilengkapi 30 kisah. Mustaqim.

Masitah, W dan Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-157. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.733

Masrukhin, A. (2013). Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya terhadap Perilaku Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1229-1236. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3566

Maulana, S.A., dkk. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di SMA Negeri I Mendo Barat. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 11-21. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.247

Nasional, P. K. (2014). Kembangkan Karakter Sejak Usia Dini. Jakarta: Dikbud.

Noviani, D. P., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bhayangkari Mempawah Hilir. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-7. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36094

Nurhalimah. (2020). Implementation Of Chain Story Technique To Improve Students'Seaking Skill In The Third Grade Of SDN 136 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 334-346. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i3.7626

Nurjanah, A.P. dan Anggarini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 9(3), 464-468.

Payuyu, K., dkk. (2020). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di TK Pembina Tolangohula. Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (pp. 111-119). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/357

Permatasari, R. (2014). Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Siswa TK Kelompok B. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 1(1), 64-75. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3549

Putri, H. (2017). Penggunaan Metode Cerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. Muallimuna; Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 87-95. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/957

Rahmalah, PZ., Astuti, P., Pramessetyaningrum, L., & Susan. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Seminar Nasional “Pengembangan Sumberdaya menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokalâ€. IV, pp. 302-310. Purwokerto: LPPM - Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52

Rahmatillah, R. Jr., Luti, A., dan Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad Journal on Early Childhood, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Ramdhani, S., dkk. (2019). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Safitri, L.N., dan ‘Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita . GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/10.14421/jga.2019.85-96

Sari, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(6), 157-165. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/6617

Sarros, J. C., & Cooper, B. K. (2016). Building character: A leadership essential. . Journal of Business & Psychology, 1-22. https://www.jstor.org/stable/25473467

Sauri, S., Sulastri, Andi., Hakim, AR., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(3), 1167-1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3226

Setiawati, RZ. dan Setyowati S. (2017). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai., 6(1), 1-5. https://core.ac.uk/download/pdf/230643533.pdf

Uktolseja, L.J, dan Gaspersz, U.S. (2019). Implementation of chain story techniques to improve english speaking ability at imanuel YPK vocational high school, Sorong City. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 490~497. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.13327

Wahyuni, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Kelompok B dI TK Dharma Wanita Demangan Kota Madiun. Jurnal Care, 5(2), 21-32. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3107

Warsih dan Maulidaty, I.E. (2021). The Effect Of Storytelling Methods On The Ability of Owning Early Children. Literasi Nusantara, 1(2), 111-127. http://journal.citradharma.org/index.php/literasinusantara/article/view/77

Yanti, E. dan Eliza, D. (2019). The Effect of Storytelling Picture Book on Reading Readiness of Group B Kindergarten Children in Padang. the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019). 449, pp. 132-136. -: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.027

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter; landasan, pilar, & implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zuhriah, M. (2017). Storytelling To Improve Students' Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119-134. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU/article/view/879


Refbacks

  • There are currently no refbacks.