Author
Nurzannah Nurzannah(1), Juli Maini Sitepu(2), Zailani Zailani(3),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 391KB]
Published : 2023-02-13
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 693 times PDF Downloaded: 299 timesAbstract
Pengembangan karakter anak usia dini harus menjadi prioritas. Karena saat ini, karakter bangsa kita sudah mengalami reduksi di seluruh lini kehidupan. Apalagi metode bercerita  yang digunakan dalam mengembangkan karakter anak kurang maksimal. Hasil observasi, guru di TK ABA Aisyiyah se Kota Medan juga belum maksimal menggunakan metode bercerita tersebut untuk mengembangkan karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prototype model pengembangan bercerita dengan teknik Chain Story. Subjek penelitiannya adalah para guru TK ABA di Kota Medan. Metode penelitiannya menggunakan analisis dokumen, observasi, wawancara, dan FGD. Teknik Chain Story dilakukan berpusat pada anak, guru sebagai pemantik cerita berdurasi singkat. Anak bebas bercerita dengan kata-kata, cara, dan gayanya sendiri. Namun, kontennya tetap sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Guru mengawasi jalannya pembelajaran, menilai kemampuan dan karakter saat anak sedang bercerita. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan metode bercerita yang tidak lagi berpusat pada guru, tetapi menjadi berpusat pada anak (Child Centered-Learning)
Keywords
References
Achsani, F. (2020). Penerapan Dan Kemampuan Teknik Cerita Berantai Pada Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Fabel (Applicationand Capability of Chain Relaxed Story Techniques in Learning Retellingthe Fabel Contents). Totobuang, 8(2), 253-265. https://totobuang.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/totobuang/article/view/209
AH, Z. T. (2020, Desember Jum'at). Kompasiana.com. (Kompasiana) Retrieved September Jumat, 2022, from Karakteristik Anak Usia Dini: https://www.kompasiana.com/zulfaaaa/5fd2cdffd541df024f47a163/karakteristik-anak-usia-dini
Al-Ghazali. (2012). Ihya' 'Ulumuddin; Menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama (Vol. 4). (I. I. Ba'adillah, Trans.) Jakarta: Republika Penerbit.
Armaita. (2016). Penerapan Metode Story Reading Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mustika Bunda Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 67-77. Retrieved from https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3680
Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Lembaga PAUD Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 190-206. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312
Budianto, S. (2016). Using Chain Story To Improve Junior High School Student Ability In Writing Narrative Texts. Jurnal Sastra dan Budaya, 85-96.
Chusna, P. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842
Cooper, J. C.–2. (2006). Building Character: A Leadership Essential. Journal of Business and Psychology, 21(1), 1-22. https://doi.org/10.1007/s10869-005-9020-3
Cowel, H. (2021). Building Character in The Academies. Journal of Edcation, XL(5), 98.
Custudiana, A. (2015). The implementation of Chain Story in teaching writing descriptive text to the eight grades of SMPK Angelus custos II. Retain, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12852
D. Anggraeni, dkk. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak USia Dini. Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404-415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Dewi, A.E.A. dan Mukminan. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di Middle Grade SD Tumbuh 3 Kota Yogyakarta. Prima Edukasia, 4(4), 20-31. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7691
Duman, B., and Göcen, G. (2015). The Effect of the Digital Storytelling Method on Pre-Service Teachers’ Creative Writing Skills. Anthropologist, 20(1-2), 215-222.
Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai untuk meningkatkan keterampilan berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 158-166. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388
Habibatullah, S. d. (2020). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Hadi, G. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwa 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 5(2), 131-137. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441
Hatma, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menceritakan Pengalaman Pribadi melalui Metode Cerita Berantai. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(2), 101-107. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.649
Hidayat, O. (2016). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Info Ghazi. (2019). Mengapa Anak Sering Bertanya ?) https://www.infoghazi.com/2019/01/mengapa-anak-sering-bertanya.html
Izfanna, D dan Hisyam, N.A. (2012). A comprehensive approach in developing akhlaq; A case study on the implementation of character education at Pondok Pesantren Darunnajah. 6(2), 77-86. https://doi.org/10.1108/17504971211236254
Jazilurrahman, dkk. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291-3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Kemendikbud. (2014). Permendikbud RI, Nomor 146. Jakarta: Kememterian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2018). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Khadijah dan Armila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Kurniasih, W. (2021), October Jum'at). Gramedia Blog. Retrieved September Kamis, 2022, from Sosial Budaya: Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha: https://www.gramedia.com/literasi/generasi-baby-boomers-x-y-z-alpha
Lawota, Y. E. (2018). Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas IV SD Inpres Nangameting. At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 11(2), 39-51. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3128
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenada Media Group.
Majid, A. (2012). Mendidik Anak Lewat Cerita dilengkapi 30 kisah. Mustaqim.
Masitah, W dan Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-157. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.733
Masrukhin, A. (2013). Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya terhadap Perilaku Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1229-1236. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3566
Maulana, S.A., dkk. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di SMA Negeri I Mendo Barat. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 11-21. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.247
Nasional, P. K. (2014). Kembangkan Karakter Sejak Usia Dini. Jakarta: Dikbud.
Noviani, D. P., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bhayangkari Mempawah Hilir. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-7. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36094
Nurhalimah. (2020). Implementation Of Chain Story Technique To Improve Students'Seaking Skill In The Third Grade Of SDN 136 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 334-346. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i3.7626
Nurjanah, A.P. dan Anggarini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 9(3), 464-468.
Payuyu, K., dkk. (2020). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di TK Pembina Tolangohula. Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (pp. 111-119). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/357
Permatasari, R. (2014). Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Siswa TK Kelompok B. Jurnal PGPAUD Trunojoyo, 1(1), 64-75. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3549
Putri, H. (2017). Penggunaan Metode Cerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD. Muallimuna; Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 87-95. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/957
Rahmalah, PZ., Astuti, P., Pramessetyaningrum, L., & Susan. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Seminar Nasional “Pengembangan Sumberdaya menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokalâ€. IV, pp. 302-310. Purwokerto: LPPM - Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52
Rahmatillah, R. Jr., Luti, A., dan Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad Journal on Early Childhood, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5
Ramdhani, S., dkk. (2019). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Safitri, L.N., dan ‘Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita . GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/10.14421/jga.2019.85-96
Sari, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(6), 157-165. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/6617
Sarros, J. C., & Cooper, B. K. (2016). Building character: A leadership essential. . Journal of Business & Psychology, 1-22. https://www.jstor.org/stable/25473467
Sauri, S., Sulastri, Andi., Hakim, AR., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(3), 1167-1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3226
Setiawati, RZ. dan Setyowati S. (2017). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai., 6(1), 1-5. https://core.ac.uk/download/pdf/230643533.pdf
Uktolseja, L.J, dan Gaspersz, U.S. (2019). Implementation of chain story techniques to improve english speaking ability at imanuel YPK vocational high school, Sorong City. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 490~497. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.13327
Wahyuni, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar pada Kelompok B dI TK Dharma Wanita Demangan Kota Madiun. Jurnal Care, 5(2), 21-32. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3107
Warsih dan Maulidaty, I.E. (2021). The Effect Of Storytelling Methods On The Ability of Owning Early Children. Literasi Nusantara, 1(2), 111-127. http://journal.citradharma.org/index.php/literasinusantara/article/view/77
Yanti, E. dan Eliza, D. (2019). The Effect of Storytelling Picture Book on Reading Readiness of Group B Kindergarten Children in Padang. the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019). 449, pp. 132-136. -: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.027
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter; landasan, pilar, & implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zuhriah, M. (2017). Storytelling To Improve Students' Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119-134. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU/article/view/879
Refbacks
- There are currently no refbacks.