Hubungan Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD Berbasis Bahasa Sehari-Hari di Kota Ambon

Author


Rudolf Kampa(1Mail), Lambertus Lokollo(2), Vando Kristi Makaruku(3),
Administrasi Pendidikan, Universitas Pattimura, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Pattimura,
Administrasi Pendidikan, Universitas Pattimura, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 397KB]

Published : 2023-02-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 351 times PDF Downloaded: 233 times

Abstract


Tingkat pendidikan guru-guru pada Program Penddikan Anak Usia Dini Berbasis Bahasa Sehari-hari di kota Ambon masih banyak guru pada Program Penddikan Anak Usia Dini Berbasis Bahasa Sehari-hari belum memiliki kualifikasi yang memadai. Sebagai alternatif pemecahan masalah di atas Yayasan Sulinama yang memprakasai Program Penddikan Anak Usia Dini Berbasis Bahasa Sehari-hari berupaya memberikan pelatihan yang berkaitan dengan kompetensi guru PAUD dalam upaya meningkatkan kualitas dan layanan pendidik PAUD serta mendukung peningkatan kualitas layanan yang relevan dengan tuntutan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelatihan guru dengan kinerja guru Program Penddikan Anak Usia Dini Berbasis Bahasa Sehari-hari di Kota Ambon.  Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif koresional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Program pendidikan anak usia dini Berbasis Bahasa Sehari-hari Kota Ambon berjumlah 50 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelatihan guru dengan kinerja guru program Berbasis Bahasa Sehari-hari di kota Ambon

Keywords


kinerja guru; pelatihan guru; pendidikan anak usia dini

References


Ayu, I., Partami, M., & Sujana, W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167–175. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068

Bachtiar, Y. B. (2016). Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Publikasi Media, 3(6), 196–202. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275

Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Elis, R., Santika, T., & Karawang, S. (2018). Peran Instruktur dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Belajar Program Pelatihan Instalasi Listrik. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 48–56. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/23447

Hasbullah. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1). https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/3770

Isnaini, F. Z., Siwiyanti, L., & Ibnu, H. (2020). Analisis Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik PAUD Di Kota Sukabumi: Vol. VI (Issue 2). https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.878

Istiqomah, L. (2016). Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan Paud. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-05

Ita, E. (2022). Pendampingan Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Bahasa Ibu Di Tkk Olaewa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i1.694

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). PENTINGNYA EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN DAN AKIBAT MEMANIPULASINYA. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/986

Maharani. (2018). Diklat Berjenjang Mengembangkan Kompetensi Profesional. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 90–109. https://doi.org/10.23971/mdr.v1i2.1018

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1). https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/article/view/7

Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD: Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945

Putu, I., Nanda Kusuma, S., Nyoman Warnata, I., & Widanan, W. (2022). Perencanaan dan Perancngan Daycare di Kota Denpasar. Undagi: Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa. Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa, 10(1), 162–170. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/article/view/5409

Rahayu, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak Dan Lagu. Jurnal Usia Dini, 1(2), 58–70. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/9231

Rifa’, A. A., & Tarbiyah, F. (2018). Pendidikan Anak dalam Islam: Upaya Mempersiapkan Generasi Masa Depan Berakhlak Mulia. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 4(2). https://doi.org/10.32923/edugama.v4i2.744

Rosana, R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Pelatihan Untuk Peningkatan Building Learning Commitment. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i2.5067

Rustini, O. :, Sd, R., Canden, N., & Bantul, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Penilaian Ranah Sikap Melalui In House Training, 4(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.67

Sandy Ramdhani, Mimi Alfian, & Eva Nurmayani. (2019). Mengembangkan Keterampilan Guru PAUD melalui Pelatihan Penulisan Dongeng dan Teknik Penyajian. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.815

Srihartini, S., Wasliman, I., & Supyan Sauri, R. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 252–267. https://doi.org/10.47476/reslaj.v3i2.404

Sri Kemala Sandi Yuanita. (2022). Evaluasi Model Cipp Program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik Anak Usia Dini Di Kota Payakumbuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2381–2389. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1340

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya

Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134

Wilson, & Indarto, W. (2015). Hubungan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dengan Kinerja Guru Pendidik Anak Usia Dini Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial 4( 2). http://doi.org/10.33578/jpsbe.v4i2.3382

Yuniarti, D., & Lingga, L. (2019). The Effect of Human Resource Training and Development on Improving Teacher Performance at Muntok 1 Vocational School. Efektor, 6(1), 98. https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12794

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.