Penerapan Pendidikan Seksual Dini BerbasisMedia Audio Visual melalui Lagu Kujaga Tubuhku

Author


Rizka Rahmasari(1Mail), Kartika Nur Fathiyah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 1MB]

Published : 2023-02-10

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 694 times PDF Downloaded: 370 times

Abstract


Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pendidikan anak usia dini adalah perkembangan psikoseksual anak. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan pendidikan seksual dini berbasis media audio visual melalui lagu Kujaga Tubuhku. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek anak-anak berusia antara 5 dan 6 tahun terdiri dari 15 orang dan 3 guru dan dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan seksual dini berbasis media audio visual melalui lagu Kujaga Tubuhku dapat meningkatkan perkembangan anak pada aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif dan sosial emosional. Hasil wawancara membuktikan bahwa penggunaan media berbasis audio visual melalui lagu Kujaga Tubuhku mampu meningkatkan pemahaman anak tentang organ-organ tubuh yang wajib dijaga serta tidak boleh dijamah oleh orang lain. Selain itu, pembelajaran seksual anak usia dini juga sangat membantu anak agar mampu membentengi dirinya dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari sehingga apabila anak sudah memahami makna dari pendidikan seksual ini, maka mereka akan lebih menghargai dirinya sendiri agar terhindar dari segala hal yang dapat merugikan dirinya sendiri kelak. 


Keywords


anak usia dini; media audio visual; pendidikan sesksual dini

References


Abduh, M., & Wulandari, M. D. (2019). Model Pendidikan Seks pada Anak Sekolah Dasar. Journal The Progressive and Fun Education Seminar, 1(1), 403–411. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7832

Adila, M. (2021). Learning Implementation Utilizing Audio-Visual Media During the Covid-19 Pandemic in Children in Ekasakti Kindergarten Padang. 3(2), 198–205. https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic/article/view/37847

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Anggaira, A. S., Aryanti, N., Suryadi, & Tusriyanto. (2022). Songs for Teaching Vocabulary : English Learning Media for Preschoolers. 6(6), 6069–6078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3254

Astuti, B., Sugiyatno, S., & Aminah, S. (2017). The development of early childhood sex education materials for early childhood education (ECE) teachers. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 113–120. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.14869

Alim Thorifah, S., & Umam, K. (2019). The Influence Of Use Audio Visual Media To Increase The Development Of Early Childhood Language. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 4(2). https://doi.org/10.24269/jin.v4i2.1968.

Dahlia, D., Sutrisno, S., & Qibtiyah, A. (2021). Early Childhood Sex Education Media as a Preventive Step for Sexual Violence. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(3), 607. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i3.656

Gustinah, A. U., Harun, H., & Islamiyah, R. (2020). The Urgency of Social Problematic as Sex Education Material and Media In PAUD. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 693. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.18151

Hasni, U., & Suparno, S. (2019). Method of Sex Learning for Children 5-6 years. 296(Icsie 2018), 330–334. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.60

Hidayati, W. R., & Nurhafizah, N. (2022). Introduction of Sex Education to Early Childhood : to Reduce Cases of Child Sexual Abuse. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(1), 75–82. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/44401

Indriasari1, T. T., Mardiah, S. S., & Nurvita, N. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Audio Visual Terhadap Pengetahuan Anak Di Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 219–227. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jkki/article/view/2580

KPAI. (2022). Data Kasua Perlindungan Anak 2021. Bank Data Perlindungan Anak.

Kurniastuti, I., & Prayogo, V. B. (2022). Development Of Thematic Children’s Song As A Fun Learning Media For 2nd Grade Elementary School Students. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 6(1), 25–38. https://doi.org/10.24071/ijiet.v6i1.4132

Kurniawati, R. A., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Kumara Cendekia, 8(3), 242. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.42740

Lestari, N. E., & Herliana, I. (2020). Implementasi Pendidikan Seksual Sejak Dini Melalui Audio Visual. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, 1(01), 29–33. https://doi.org/10.33221/jpmim.v1i01.566

Marlina, S., & Pransiska, R.. (2018). Pengembangan Pendidikan Seks Di Taman Kanak-Kanak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–12. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3743

Mashudi, M., Komariah, K., & Irvan, F. (2021). The use of audio-visual media in improving Culinary students learning outcomes in Chicken Carcass material. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpv.v11i1.36439

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Murti Dewanto, F. (2021). Sexuality Education in Early Childhood Through Animation. SSRN Electronic Journal, November, 1–17. https://doi.org/10.2139/ssrn.3865839

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD (Remaja Rosdakarya (ed.)). Remaja Rosdakarya

Muslikhah, H., & Pamungkas, J. (2022). Penggunaan Ruang Media Audio Visual pada Kegiatan Pengembangan Seni sebagai Ajang Kreatifitas Anak. 6(6), 6079–6089. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2853

Nofiana, N., & Tasu’ah, N. (2020). Early Childhood Education Papers Knowledge of Children Sex Education Ages 5-6 Years. Journal Unnes, 9(1), 27–33. https://doi.org/10.15294/belia.v9i1.28760

Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91–105. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.

Putri, F. K. A., Fakhruddin, F., & Utomo, U. (2020). The Effectiveness of Learning Media to Introduce Sex Education among Early Childhood. Journal of Primary Education, 9(1), 72-77. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/36049.

Rakhmawati, E., Hadjam, N. R., Aditya, D. P., & Yunita, A. R. (2021). Roles of Family in Introducing Early Sexual Education to Children. Proceedings of the International Conference on Psychological Studies (ICPSYCHE 2020), 530(Icpsyche 2020), 290–296. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.042

Rimawati, E., & Nugraheni, S. (2019). Metode pendidikan seks usia dini di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.24893/jkma.v13i1.388

Rumia, M., & Simorangkir, R. (2020). Early Children ’ s Sex Education in Self-Curriculum Theme. 429(Icasseth 2019), 261–264. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.061

Sholikatin, B., Adhani, D. N., & Oktavianingsih, E. (2022). The Development of Audio-Based Busy Books to Introduce Sex Education to Children Aged 5-6 Years. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 7(1), 46–55. https://doi.org/10.24269/jin.v7i1.4933

Sinaga, D., & Simorangkir, M. R. R. (2021). Understanding Early Sex Education through Image Story Media. International Journal of Recent Innovations in Academic Research, 5(8), 103–108. http://repository.uki.ac.id/4893

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharisimi Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Suyadi, Ulfah, M., & Muliawati, N. N. (2013). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.

Syamsuardi, S., & Dkk. (2020). The Use of Audiovisual Media And Speaking Skill Development Of Children Aged 5-6 Years In Kindergartens in South Sulawesi. The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 2004, 1392–1404. https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17933

Tirtawinata, C. M. (2016). Importance of Sex Education Since Early Age for Preventing Sexual Harassment. Humaniora, 7(2), 201. https://doi.org/10.21512/humaniora.v7i2.3523

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Grup.

Yusianti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Kartu AngkaBergambar pada AnakUsia TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(9). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/3535


Refbacks

  • There are currently no refbacks.