Author
Khusnul Khotimah(1), Zulkarnaen Zulkarnaen(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 353KB]
Published : 2023-01-28
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 3565 times PDF Downloaded: 909 timesAbstract
Riset berikut bertujuan untuk menganalisa peran orangtua sebagai motivator, fasilitator, serta pembimbing untuk pengembangan karakter mandiri. Metode riset yang dipakai ialah kualitatif dengan pendekatan field research. Teknik yang digunakan dalam riset berikut ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Riset berikut dilaksanakan di kelompok A TK Pertiwi 1 Sobokerto Ngemplak Boyolali, dengan jumlah subjek 6 orang anak dan orang tuanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam menjadi pembimbing serta motivator sudah dilakukan secara benar usaha yang orang tua laksanakan yakni menemani anak ketika belajar, mendukung serta memberi nasihat untuk anak serta memberikan contoh. Sedangkan orang tua dalam hal menstimulasi kemandirian anak belumlah maksimal. Kondisi tersebut dikarenakan sebab peran orang tua belum dilakukan dengan baik terutama pada peran sebagai fasilitator, orang tua belum menstimulasi anak, orang tua juga belum memberi kesempatan untuk anak dalam melaksanakan berbagai aktivitas sehingga kemandirianya belumlah maksimal. Maka dalam menumbuhkan kemandirian pada anak, orangtua harus mendukung anak dalam menumbuhkan kemandirian melalui pemberian peluang anak dalam menemukan serta mengeksplorasi hal-hal baru.
Keywords
References
Affrida, E. N. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak. 1(2), 124–130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Asmanita, M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin [UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/1522
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Dalita, R., Hayati, F., & Fitriani, F. (2021). Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di desa rukoh lorong banna kecamatan syiah kuala kota banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/567
Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosda Karya.
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257
Hasanah, N. (2015). Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Jenis Pekerjaan Ayah (Petani Dan Karyawan Pabrik) Di Desa Bener, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/7483
Kumalasari, D. A. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan [Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/33709
Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Kurniawati, A. I., & Masnipal, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385
Kusuma, P., & Miftakul, J. (2020). Perkembangan Keandirian Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 01(03), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/2714
Kusumo, W. P. (2021). Peran Orang Tua Yang Sibuk Bekerja Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini ( Usia 4-5 Tahun ) Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Ra Muslimat Nu Kebonrejo 2 Salaman Magelang. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(1), 34–45. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/291
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777
Lestari, R. (2018). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 Di TK Al-Kautsar Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/5411
Maryastuti, A., Darsinah, D., & Prasetyarini, A. (2015). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Anak Taman Kanak-Kanak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/32820
Matthew B. Miles, Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4), 485–487. https://doi.org/10.1177/239700221402800402
Murtiati, M. (2019). Memupuk Kemandirian Anak Di Sekolah. Buletin Jagaddhita, 1(1), 1–3.
Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, A., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132–146. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.727
Susanti, L., Maula, L. H., & Pridana, R. E. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 75–79. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/835
Rahman, A., & Adhma, H. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Activities Daily Living Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu. Malahayati Nursing Journal, 1(2252), 248–256. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/manuju/article/view/1465
Ramadhani, A. A. (2019). Peran Orang Tua dalam Membangun Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v6i2.36
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian anak menurut pandangan guru dan orang tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sugiono. (2003). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Iindeks.
Sulistianah, S., & Tohir, A. (2020). Perkembangan Kemandirian pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 179–186. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-05
Sumirat, K. A. N. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus Tentang Pendidikan Dalam Keluarga Peserta Play Group†Mamba’ul Hisan†Babatan Wiyung Surabaya). Jurnal Education, 3(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/7601
Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo.
Thamrin, S. (2015). Upaya Guru Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10966
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(1), 232–245. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291
Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575
Zulkarnaen, Z. (2019). The Influence of Nutritional Status on Gross and Fine Motor Skills Development in Early Childhood. Asian Social Science, 15(5), 75. https://doi.org/10.5539/ass.v15n5p75
Refbacks
- There are currently no refbacks.