Author
Sayyidah Ulul Nabila(1), Gunarti Dwi Lestari(2), Wiwin Yulianingsih(3),
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-02-19
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 985 times PDF Downloaded: 467 timesAbstract
Implementasi pembelajaran yang berkaitan dengan alam pada peserta didik PAUD seringkali terabaikan. Untuk mengentaskan permasalahan kerusakan lingkungan, perlu adanya penanaman karakter peduli lingkungan sejak anak dalam tahapan usia dini, salah satunya melalui pengenalan lingkungan alam sekitar, Literasi alam memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitarnya seperti tumbuhan, hewan, dan ekosistem alam lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan pembiasaan nilai-nilai kepedulian lingkungan melalui prinsip pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan berupa hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara terstruktur. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi prinsip pembelajaran di SALAM yakni; jaga diri, jaga teman, jaga lingkungan, dapat menjadi alternatif kegiatan literasi budaya yang dilakukan secara kontekstual terhadap kelestarian lingkungan.
Keywords
References
Adisakti, B. (2016). Proses Pembelajaran Sanggar Anak Alam (Salam) Yogyakarta Dari Perspektif Pedagogi Kritis. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(1), Article 1. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/891
Anggraeni, H. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), Article 2. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/5168
Azeredo, C. M., de Rezende, L. F. M., Canella, D. S., Claro, R. M., Peres, M. F. T., Luiz, O. do C., França-Junior, I., Kinra, S., Hawkesworth, S., & Levy, R. B. (2016). Food environments in schools and in the immediate vicinity are associated with unhealthy food consumption among Brazilian adolescents. Preventive Medicine, 88, 73–79. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2016.03.026
Banawi, D. (2021). Pendidikan Holistik Dalam Pembentukan Karakter. Global Aksara Pers.
Bergman, B. G. (2016). Assessing impacts of locally designed environmental education projects on students’ environmental attitudes, awareness, and intention to act. Environmental Education Research, 22(4), 480–503. https://doi.org/10.1080/13504622.2014.999225
Biesialska, M., Biesialska, K., & Costa-jussà, M. R. (2020). Continual Lifelong Learning in Natural Language Processing: A Survey. Proceedings of the 28th International Conference on Computational Linguistics, 6523–6541. https://doi.org/10.18653/v1/2020.coling-main.574
Chan, F., Kurniawan, A. R., Oktavia, A., Dewi, L. C., Sari, A., Khairadi, A. P., & Piolita, S. (2019). Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1126
Cooklin, A. R., Giallo, R., & Rose, N. (2012). Parental fatigue and parenting practices during early childhood: An Australian community survey. Child: Care, Health and Development, 38(5), 654–664. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2011.01333.x
Elmy, M., & Winarso, H. P. (2020). Kepedulian Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan (Studi Terhadap Warga Di Bantaran Sungai Kuin Kota Banjarmasin). Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(1),. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7553
Fitriyah, Q. F., & Hasibuan, N. S. (2021). Perbedaan Sikap dan Pengalaman Terhadap Kepedulian Lingkungan Sesuai dengan Pendidikan pada Anak Pusat Kota dan Anak Pedesaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9586
Gernatatiti, Rejeki, K., & Wahyaningsih, S. (2019). Sekolah Apa Ini? Insist Press.
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575
Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/13768
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Khairunnisa, D. S., Zahastha, E., & Widodo, F. A. K. F. (2022). Used Of Organic Waste Into Biopore. http://localhost:8080/jspui/handle/123456789/15693
Kurniati, E., Mirawati, M., Rudiyanto, R., Fitriani, A. D., Rengganis, I., & Justicia, R. (2019). Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah. Early Childhood:Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.433
Lestari, G. D., Roesminingsih, M. V., Widodo, W., & Sari, D. P. (2022). Learning at Home Anak Usia Dini Terdampak Covid 19: Peran Orang tua dalam Pendampingannya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1229
Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Mattheis, N. (2022). Unruly kids? Conceptualizing and defending youth disobedience. European Journal of Political Theory, 21(3), 466–490. https://doi.org/10.1177/1474885120918371
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Molodtsova, G., & Darinskaia, L. (2019). Psychological and Pedagogical Approach to Development of a Workshop for Older People “Let’s Talk Heart to Heart.” 188–191. https://doi.org/10.2991/icpcs-19.2019.44
Nabila, S. U., & Yulianingsih, W. (2020). Hubungan Literasi Alam Melalui Metode Story-Telling Dengan Kepedulian Lingkungan Anak Usia Dini Di Pkbm Salam, Yogyakarta. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/11504
Nidyawati, D. E. (2017). Konsep Dan Implementasi Pendidikan Berbasis Alam Di Sanggar Anak Alam (Salam) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(4), 331-343. 13. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sakp/article/view/9257
Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/12837
Primarni, A. (2021). Penguatan Literasi Alam Kampung Ilmu Purwakarta. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/elmujtama/article/ view/265
Rasmilah, I. (2013). Pembelajaran Outdoor Study Untuk Membentuk Kepedulian Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 13(1). https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3312.g2297
SALAM. (n.d.). Tentang Salam. Sanggar Anak Alam. https://www.salamyogyakarta.com/profil
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1). http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/898
Sarwani, S. (2021). Pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Contextual Teaching and Learning dan dampaknya terhadap perilaku keberagamaan Praja: Penelitian di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor, Sumedang. Doctoral, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/46491
Skoric, M. M., Zhang, N., Kasadha, J., Tse, C. H., & Liu, J. (2022). Reducing the Use of Disposable Plastics through Public Engagement Campaigns: An Experimental Study of the Effectiveness of Message Appeals, Modalities, and Sources. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(14)4. https://doi.org/10.3390/ijerph19148273
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Wuryaningsih, W., & Prasetyo, I. (2022). Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3180–3192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Refbacks
- There are currently no refbacks.