Author
Novi Andriati(1), Amelia Atika(2), Novi Wahyu Hidayati(3),
Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak, Indonesia(1)
Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak, Indonesia(2)
Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 346KB]
Published : 2023-02-14
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 401 times PDF Downloaded: 218 timesAbstract
Anak yang sering telat datang sekolah, menangis saat ditinggal orang tuanya, tidak mau bergaul dan kurang tanggung jawab membuat rendahnya nilai karakter anak. Tujuan penelitian yaitu menganalisis layanan BKp berbasis Islami terhadap karakter anak di TK yang meliputi bidang pribadi-sosial dan belajar. Metode yang digunakan ialah R&D. TK Islam Al Adaby ialah subjek penelitian ini, yang berlokasi di Kota Pontianak. Data primer yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua serta sekunder yaitu dokumen, merupakan sumber data penelitian. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya model BKp Islami cukup memadai dalam meningkatkan karakter anak dari hasil uji lapangan dengan skor penilaian rata-rata 84,49%, serta penilaian validator rata-rata 83,66%. Produk akhir dinilai sangat layak digunakan sebagai model BKp Islami dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan karakter anak
Keywords
References
Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial Budaya, 9(1), 121-136. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14364
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43
Fadhilah, N. (2017). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal penelitian, 111-130. https://doi.org/10.28918/jupe.v14i1.1209
Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads [diakses di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].
Herlianto, P. (2012). Hubungan Kohesivitas Dengan Dinamika Kelompok Dalam Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMP Negeri 13 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/2051
Kadafi, A., Mardiyah, R. R., & Rahmawati, N. K. D. (2019). Upaya menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa melalui bimbingan kelompok Islami. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 181-193. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/3882
Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546.
Idrus, M. (2012). Pendidikan karakter pada keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1297.
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1307
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019).Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nur, H. (2013). Membangun karakter anak melalui permainan anak tradisional. Jurnal pendidikan karakter, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020).Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19.KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43
Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/3994
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100-111. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/108
Prayitno, H. J., Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8), e10016. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016.
Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter.Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69
Rosidah, A. (2016). Bimbingan kelompok melalui teknik problem solving untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa terisolir. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69
Rudilla, D., Oliver, A., Galiana, L., & Barreto, P. (2015). Espiritualidad en atención paliativa: Evidencias sobre la intervención con counselling. Psychosocial intervention, 24(2), 79-82. https://doi.org/10.1016/j.psi.2015.06.002
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016).Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sugianto, A. (2017). Teknik permainan balogo dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter kerja keras pada siswa SMP. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (pp. 20-28). http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1446
Sutoyo, A., & Rahman, M. (2013). Pengembangan Model BK Kelompok Berbasis Islami untuk Peningkatan Konsep Diri. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/1232
Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga.Elex Media Komputindo.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 25-25.
Ulger, M., Yiğittir, S., & Ercan, O. (2014). Secondary school teachers’ beliefs on character education competency. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 131, 442-449. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.145.
Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477
Zulfa, N. (2017). Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islami. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 9(1), 41-50. https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Muwazah/article/view/1116
Refbacks
- There are currently no refbacks.