Author
Anik Lestariningrum(1), Etty Andyastuti(2), Nur Lailiyah(3), Intan Prastihastari Wijaya(4), Yatmin Yatmin(5), Dwi Yogi Karisma(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(1)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(4)
Pendidikan Sejarah, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(6) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 886KB]
Published : 2023-02-08
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 638 times PDF Downloaded: 423 timesAbstract
Pentingnya pembelajaran nilai Pancasila menjadi hal yang dibutuhkan saat ini, karena muncul permasalahan yang di hadapi  oleh satuan pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak ketika harus mengimplementasikan aspek nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran masih kurang terutama ketersediaan buku panduan pembelajaran yang dimiliki guru secara praktis dapat membantu merancang stimulasi sesuai dengan capaian pembelajaran fase fondasi dalam kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan buku panduan pembelajaran berbasis nilai Pancasila untuk anak usia dini khususnya usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah desain pengembangan 4-D (Four D Models). Hasil penelitian yang dilakukan sampai tahap perancangan design yaitu rancangan buku panduan dalam pengkajian materi ahli agar nanti dalam uji coba dapat dilakukan dengan masukan dan hasil validasi materi yang tepat. Harapan penulis akan melanjutkan tahap uji coba selanjutnya untuk memperoleh hasil yang nantinya memiliki kebermaknaan mendalam dalam peningkatan kualitas pembelajaran anak usia dini berbasis nilai Pancasila.
Keywords
References
Anam, K., Purwadi, & D.S., A. C. (2018). Upaya meningkatkan kosentrasi belajar anak melalui bermain papan titian di tk indria desa kutosari kecamatan gringsing kabupaten batang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v6i2.2106
Banamtuan, M. F., & Natonis, H. Y. (2019). Early Childhood Mindset Stimulation for Understanding Pancasila Through Affective Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 29–42. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.03
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/646
Cinantya, C., Suriansyah, A., Asniwati, & Aslamiah. (2019). The strategy of religious-based character education in early childhood education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 174–189. https://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj/article/view/6578
Eko, P. S., Eko, H., Munandar, M. A., & Rachmand, M. (2020). Local wisdom: Pillar development of multicultural nations and national education values. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1587–1598. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I6.5319
Fadhilah, N., Triyanto, & Rukayah. (2019). Strengthening national identity to younger generation through internalization of pancasila values in the digital era. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8(5), 391–396. https://doi.org/10.35940/ijeat.E1056.0585C19
Febriyanti, I. K., Wardhana, M. I., & Sutrisno, A. (2021). Perancangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak tentang Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Sehari-hari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(9), 1291–1309. https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1291-1309
Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020
Harefa, A., Harefa, J. E., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2022). Management of Learning Based on Pancasila Values in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3124–3132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2247
Hariyono, H. (2020). Pancasila dan Pembelajaran Sejarah. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(2), 1. https://doi.org/10.20961/shes.v3i2.46215
Harnanto, H. (2022). Internalization of Pancasila Values Through School Cultivation During the Covid-19 Pandemic. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 1–13. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6111
Hastangka, H. (2021). Psikologi Pancasila. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 20. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3516
Lestariningrum, A. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Pancasila Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini. Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 11–18. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/344
Manurung, E. A. P., & Maria Osmunda Eawea Monny. (2021). Implementation of Pancasila Value for Generation Z in Technology Development. Jurnal Hukum Prasada, 8(1), 65–69. https://doi.org/10.22225/jhp.8.1.2936.65-69
Martoredjo, N. T. (2016). Building Character Through Pancasila Values to Sovereign Nation. Humaniora, 7(1), 116. https://doi.org/10.21512/humaniora.v7i1.3494
Masyithoh, D., Bintari, D. P., & Pratiwi, D. M. (2021). Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Remaja di Era Society 5.0. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48
Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04
Nur Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303
Nurhayati, N., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2020). Film Pendek Animasi Tiga Dimensi Pada Tahfidz Anak Usia Dini (Taud) Al-Fatih Pekanbaru. Journal of Education Informatic Technology and Science, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.37859/jeits.v2i3.1930
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Solin, S. M., & Hasugian, L. (2021). Grounding Pancasila Values as Nusantara Character Building. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(4), 70. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50588
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Republik Indonesia.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Veronica Eka Desi Natalia, V. E. D. N. (2021). the Implementation of Pancasila Values in Character Education. Social Science Studies, 1(1), 023–031. https://doi.org/10.47153/sss11.1732021
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU(Journal of Community Service), 3(1), 770. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357
Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7222
Yuliana, Y. (2021). Pancasila Values in Social-Cultural Perspective. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(4), 203. https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50612
Refbacks
- There are currently no refbacks.