- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404Keywords:
media pembelajaran digital animasi, kepercayaan diri, hasil belajar, pendidikan agama islamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran digital animasi dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD di kota Medan dengan sampel 32 anak dalam kelompok eksperimen dan 32 anak dalam kelompok kontrol. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui tes yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji varians (ANAVA) dua jalur serta pengujian tukey. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat interaksi media pembelajaran digital dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan hasil analisis varians nilai F hitung = 4,97 > F tabel = 3,99 pada taraf signifikan = 0,05.
Downloads
References
Fua, J. La, & Dewi Sartiwi. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Questions Students Have Pada Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Wakorumba Utara Kabupaten Muna. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 39–60.
Handayani, H., Yetri, & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Heris Hendriana. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(April), 52–60. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424
Hermayanti, T. (2015). Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Menari Kreatif. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 389–400. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.092.12
Hung, A. C., Hwang, G., & Huang, I. (2012). A Project-based Digital Storytelling Approach for Improving Students ’ Learning Motivation , Problem-Solving Competence and Learning Achievement. Journal of Educational Technology & Society, 15(4).
Irham, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif dan Talenta Conference Series Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif dan Penggunaan Media Animasi Komputer. Talenta Conference: Science & Techonology, 2(1), 0–5. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.350.
Islahuddin, M. A. (2015). Penggunaan Media Animasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Efi ( Electronic Fuel Injection ) In The Efi ( Electronic Fuel Injection ) System Material ). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 98–102.
Kasan, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Menggunakan Metode Hypnoteaching Bagi Siswa Kelas Vii C Smpn 1 Limbangan Kabupaten Kendal. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(Februari). https://doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2428.
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi (3rd ed.; Suwito, ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Lubis, S. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. HIKMAH : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 237–258.
Mahfudzah, F., K, A. H., & Tanjung, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Agama Islam Siswa Sd. Jurnal Tik Dalam Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12593.
Nurani, Sunarto, & Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10 .20961/bise.v4i1.20 028
Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(Mei), 627–636.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.; Suwito, ed.). Jakarta: Kencana.
Situmorang, P. L. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Hubungan Resiliensi Diri Dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 3 Medan. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, I(November), 1178–1186.
Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(Februari), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.
Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (1st Ed.). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.