Level Agreement Persepsi Guru dan Orang Tua Terhadap Pendidikan Seks Anak Usia Dini

Author


Rachmasari Rachmasari(1Mail), Kurotul Aeni(2), Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 355KB]

Published : 2023-02-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 899 times PDF Downloaded: 310 times

Abstract


Karakter dasar manusia terbentuk pada masa kanak-kanak sehingga pendidikan seks seyogyanya diberikan lebih awal. Berdasarkan masih banyaknya guru dan orang tua yang memiliki tingkat pengetahuan terbatas terhadap pendidikan seks pada anak usia dini, sumber belajar guru dan orang tua dalam mengajarkan seksualitas masih terbatas, serta pentingnya pendidikan seksual sejak anak usia dini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level agreement atau tingkat kesepakatan antara guru dan orang tua dalam mengidentifikasi persepsi pendidikan seks anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menerapkan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan koefisien Cohen’s Kappa untuk mengukur tingkat kesepakatan antar penilai. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan persepsi atau kesepemahaman antara level agreement guru dan orang tua terhadap pendidikan seks anak usia dini.


Keywords


level agreement; pendidikan seks anak usia dini; persepsi guru dan orang tua

References


Amir, A. A., Fitri, R., & Zulyusri, Z. (2022). Persepsi Mengenai Pendidikan Seksual Pada Remaja: a Literature Review. Khazanah Pendidikan, 16(2), 111–116. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/14103

Baker, C. K., Gleason, K., Naai, R., Mitchell, J., & Trecker, C. (2013). Increasing Knowledge of Sexual Abuse: A Study With Elementary School Children in Hawai’i. Research on Social Work Practice, 23(2), 167–178. https://doi.org/10.1177/1049731512468796

Brouskeli, V., & Sapountzis, A. (2017). Early childhood sexuality education: Future educators’ attitudes and considerations. Research in Education, 99(1), 56–68. https://doi.org/10.1177/0034523717740149

Burns, K. (2013). Normative “sexual” knowledge and critique as a mode of resistance-a response to damien riggs. Contemporary Issues in Early Childhood, 14(1), 88–93. https://doi.org/10.2304/ciec.2014.14.1.87

Chairilsyah, D. (2019). Sex Education in the Context of Indonesian Early Childhood. International Journal of Educational Best Practices, 3(2), 41. https://doi.org/10.31258/ijebp.v3n2.p41-51

Cheung, S. K., Kwan, J. L. Y., & Yim, K. Y. K. (2021). Pre-service early childhood teachers’ perceptions about sexuality education and behavioural intentions towards children’s curiosity about sexuality. Journal of Education for Teaching, 47(1), 89–103. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1829964

Ciptiasrini, U., & D. Astarie, A. (2020). Persepsi dan Peran Orang Tua Terhadap Pemberian Pendidikan Seksual pada Anak. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(1), 19–26. https://doi.org/10.31101/jkk.612

Davies, A. W. J., Simone-Balter, A., & van Rhijn, T. (2021). Sexuality education and early childhood educators in Ontario, Canada: A Foucauldian exploration of constraints and possibilities. Contemporary Issues in Early Childhood. https://doi.org/10.1177/14639491211060787

Faizah, U., & Latiana, L. (2017). Parents Knowledge about Early Childhood Sexual Education Based on Level of Education in Krasak Village, Pecangaan Sub-District, Jepara District. Early Childhood Education Papers (Belia), 6(2), 59–62. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/17274

Felicia, J. P., & S. Pandia, W. S. (2017). Persepsi Guru Tki Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini Berdasarkan Health-Belief Model. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 71–82. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15682

Fitri, R. R., & M, A. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Tarbawi Khatulistiwa, 2(2), 55–59. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/TaK/article/view/251

Gandeswari, K., Husodo, B. T., & Shaluhiyah, Z. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Orangtua dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini pada Anak Pra Sekolah di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 398–405. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/26427

Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170

Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). Impelementasi pendididkan sex pada anak usia dini di sekolah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/japi/article/view/839

Insiyah, N. S., & Hidayat, S. (2020). Kajian tentang Komunikasi Orang Tua dalam Pendidikan Seks untuk Anak Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2). 222-233. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25342

Irmawati, I., & Diana, R. R. (2022). Level of Knowledge of Self-Protection from Sexual Exploitation. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4210–4218. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1859

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Jatmikowati, T. E., Angin, R., & Ernawati, E. (2015). A Model And Material of Sex Education For Early- Aged- Children. Cakrawala Pendidikan, 132(3), 434–448. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7407

Lubis, L., Abdillah, A., & Lubis, H. K. (2020). The Relationship Of Self-Control And Conformity With Consumptive Behavior Of Network Computer Engineering Students At Smk Negeri 2 Binjai. International Journal on Language, Research and Education Studies, 4(2), 209–222. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijlres/article/view/7945

Marshall, S. A., Hudson, H. K., & Stigar, L. V. (2020). Perceptions of a School-Based Sexuality Education Curriculum: Findings from Focus Groups with Parents and Teens in a Southern State. Health Educator, 52(1), 37–51. https://eric.ed.gov/?id=EJ1268518

Marshall, W. L., Serran, G. A., & Cortoni, F. A. (2000). Childhood attachments, sexual abuse, and their relationship to adult coping in child molesters. Sexual Abuse: A Journal of Research and Treatment, 12(1), 17–26. https://doi.org/10.1177/107906320001200103

McHugh, M. L. (2012). Interrater reliability: The kappa statistic. Biochemia Medica, 22(3), 276–282. https://doi.org/10.11613/bm.2012.031

Nadar, W. (2017). Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 77–90. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.121

Nadeem, A., Cheema, M. K., & Zameer, S. (2021). Perceptions of Muslim parents and teachers towards sex education in Pakistan. Sex Education, 21(1), 106–118. https://doi.org/10.1080/14681811.2020.1753032

Nurhidayati, Risma, D., & Solfiah, Y. (2019). Pengetahuan Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia 4-6 Tahun Oleh Orang Tua dan Guru di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial), 8(2), 46–52. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/7664

Pangestuti, D., Wijayanti, O. & Hawanti, S. (2021). Persepsi Guru Tentang Pendidikan Seks Di SD Negeri 2 Sudagaran [Teacher’s Perception of Sex Education in public elementary school 2 Sudagaran]. Jurnal Education and Development, 9(1), 39–44. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2272

Rahardjo, B., Amalia, N., Anwar, O., Aprilia, A., & Putri, P. (2022). Teachers ’ Role as Communicator and Motivator in Facilitating Early Childhood Sex Education in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10, 283–290. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/49962

Ram, S., & Mohammadenzhad, M. (2020). Sexual and reproductive health in schools in Fiji: a qualitative study of teachers’ perceptions. Health Education, 120(1), 57–71. https://doi.org/10.1108/HE-02-2019-0005

Rimawati, E., & Nugraheni, S. (2019). Metode Pendidikan Seks Usia Dini Di Indonesia. JKMA (Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas), 3(6). http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/388

Saripah, I., Nadhiroh, N. A., Nuroniah, P., Ramdhani, R. N., & Roring, L. A. (2021). Kebutuhan Pendidikan Seksual Pada Remaja: Berdasarkan Survei Persepsi Pendidikan Seksual Untuk Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1), 8. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1170

Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.40031

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. JUrnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 164–174. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3486

Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243

Tsuda, S., Hartini, S., Hapsari, E. D., & Takada, S. (2017). Sex Education in Children and Adolescents with Disabilities in Yogyakarta, Indonesia from a Teachers’ Gender Perspective. In Asia-Pacific Journal of Public Health (Vol. 29, Issue 4, pp. 328–338). https://doi.org/10.1177/1010539517702716

Ulina Fatmawati, D., Syamsulhuda, & Kusumawati, A. (2018). Persepsi Kerentanan dan Hambatan Ibu terhadap Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini (4-6 tahun). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(4), 543–552. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/21477

Utami, D. R. F., Pranoto, Y. K. S., Latiana, L., & Sunawan. (2021). Agreement levels of kindergarten principals and teachers to determine teaching competencies and performance. European Journal of Educational Research, 10(2), 537–551. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.537

Wathoni, K. (2016). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Tentang Pendidikan Seks Bagi Anak (Studi Kasus di MI Se-Kecamatan Mlarak). Kodifikasia, 10(1), 203–227. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/kodifikasia/article/view/814

Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE ( Children Advisory Research and Education ), 4(2), 18–30. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/956


Refbacks

  • There are currently no refbacks.