Author
Alucyana Alucyana(1), Raihana Raihana(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Riau, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 501KB]
Published : 2023-02-10
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1151 times PDF Downloaded: 469 timesAbstract
Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan aspek yang perlu diasah dalam perkembangan anak usia dini. Pelaksanaan penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui Pembelajaran Saintifik dalam mengembangkan kemampuan berpikir Kritis serta kecakapan memecahkanamasalah pada anak usia dini. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan concurrent embedded design (memadukan data kualitatif (data primer) dengan data kuantitatif (data sekunder) melibatkan 14 anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian memperlihatkan pada seluruh indikator kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah sebelum pembelajaran saintifik masuk dalam tingkatan belum berkembang dan mulai berkembang. Selanjutnya dilakukan Pembelajaran Saintifik kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah berada dalam tingkatan berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan Pembelajaran Saintifik metode yang tepat dalam pengembangan kemampuan berpikir Kritis dan kemampuan Pemecahan masalah pada anak usia dini, diharapkan pembelajaran saintifik menjadi salah satu pembelajaran yang dapat digunakan bagi para pendidik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis pada anak di sekolah
Keywords
References
Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-05
Andrisyah, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Inquiry (Penelitian Tindakan Di Kelompok A Tk Bakti Mulya 400, Pondok Indah, Jakarta Selatan Tahun 2015). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 60–70. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1226
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760
Astini, B. N., Rahayu, D. I., Suarta, I. N., & ... (2021). Implementasi Pembelajaran Saintifik Melalui Lesson Studi di PAUD Rinjani Darma Wanita Unram. Indonesian Journal of Education and Community Services, 1(1), 5–8. https://journal.publication-center.com/index.php/ijecs/article/view/736
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis dan Psikomotorik Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 29–35. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.4
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Munastiwi, E. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1087
Nuryatmawati, “Azizah Muthi,†& Dimyati, D. (2021). Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2071–2081. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1048
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal I ayat 14 2003. Republik Indonesia.
Setiawan, M. H. Y. (2018). Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum Paud 2013. Jurnal AUDI, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2736
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sumayani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Tanya Jawab Di Ra Islamiyah Tanjung Morawa. Reposirory UMSU. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10902
Suryana, D., & Yolanda, E. (2013). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Situs Resmi Universitas Negeri Padang, 1–20.
Widiastuti, E., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2), 241–250. https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15314
Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.228
Yusri, N. (2018). Menumbuh Kembangkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Adzkiya, 2(01), 45–58. http://ojs3.lppm-uis.org/index.php/JA/article/view/20
Refbacks
- There are currently no refbacks.