
Author
Maria Anyelita Ewo(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Published : 2023-05-08
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 650 times
PDF Downloaded: 385 times
Abstract
Pendidik PAUD harus mampu menjalin komunikasi yang aktif agar anak dapat merasakan kedekatan, dalam situasi ini mudah bagi pendidik untuk mengarahkan dan membimbing dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui gambaran kompetensi pedagogik Pendidik PAUD ditinjau dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian dalan artikel ini yaitu kualitatif. Hasil penelitiannya yakni gambaran kompetensi pedagogik Pendidik PAUD dilihat dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya Pendidik PAUD, berdasarkan kelompok kualifikasi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan melalui pendidikan berkelanjutan atau keikutsertaan dalam program pengembangan diri, dapat dilakukan upaya peningkatan kualitas pendidik agar memiliki tingkat kewenangan yang sesuai untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Program pendidikan dan pengembangan diri ini sebagai bentuk kegiatan efektif untuk memberi kesempatan terbesar bagi pendidik dalam memperbaharui kualifikasi mereka sesuai dengan perkembangan zaman
Keywords
References
Afdhaliah, P., & Amri, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru PAUD Terhadap Kualitas Pembelajaran di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 3(4). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/10526
Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Dianita, E. R. (2020). Stereotip gender dalam profesi guru pendidikan anak usia dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 87–105. https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.20
Fonsén, E., & Ukkonen-Mikkola, T. (2019). Early childhood education teachers’ professional development towards pedagogical leadership. Educational Research, 61(2), 181–196. https://doi.org/10.1080/00131881.2019.1600377
Handayani, O. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93-102. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522
Harahap, L. (2019). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 375–381. http://digilib.unimed.ac.id/3878
Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.
Lee, Se Woong. (2018). Pulling Back the Curtain: Revealing the Cumulative Importance of High-Performing, Highly Qualified Teachers on Students Educational Outcome. Educational Evaluation and Policy Analysis. Vol. 40 no. 3, hal. 359–381. https://doi.org/10.3102/0162373718769379
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.
Novianti, R., Puspitasari, E., Solfiah, Y., Febrialismanto, Maria, I., & Garzia, M. (2020). Readiness in Teaching Science: Early Childhood Education Teacher’s Online Experience. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012065
Nurhasnawati. (2011). Media Pembelajaran. Pusaka Riau.
Nurlaili. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah, 2(1), 229–241. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Nurwati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 15–31. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1860
Rachmawati, R. (2018). Analisis keterkaitan standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD) dalam implementasi kurikulum 2013. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98775960702159812
Saepudin, J. (2019). Pendidikan agama islam pada sekolah berbasis pesantren: Studi kasus pada SMP al muttaqin kota tasikmalaya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.559
Soine, Karen M., dan Andrew Lumpe. (2014). Measuring characteristics of teacher professional development. Teacher Development. Vol. 18 no. 3, hal. 303–333. https://doi.org/10.1080/13664530.2014.911775
Suhaemi, M. E., & Aedi, N. (2015). A Management Strategy for the Improvement of Private Universities Lecturers’ Professional Competences. International Education Studies, 8(12), 241. https://doi.org/10.5539/ies.v8n12p241
Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68–75. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/340
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Supriadi, O. (2021). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841-856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727
Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017
Tamrin, N., & Arsyad, L. (2019). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Membangun Komunikasi dengan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Gorontalo. Al-Muzakki, 1(1), 31–48.
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176
Yetti, E., Jakarta, U. N., Syarah, E. S., Suharti, S., & Iasha, V. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. İlköğretim Online, 20(1). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54
Yusalam, Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2019). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana Riris Eka Setiani. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04
Yusuf, Y. (2019). Problematik guru bahasa indonesia berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 1(1), 71–80. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/140
Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter usia dini: strategi membangun karakter di usia emas. Pustaka Pelajar.
Wijaya, L. H., Sholeh, M., & Mispandi, M. (2021). Evaluation of Teacher’s Pedagogical Competence in Developing 2013 Curriculum Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), 379–386. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.29531
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491
Refbacks
- There are currently no refbacks.