Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Ditinjau dari Kualifikasi Akademik dalam Pelaksanaan Pembelajaran

Author


Maria Anyelita Ewo(1Mail), Ali Formen(2), Kurotul Aeni(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 586KB]

Published : 2023-05-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 650 times PDF Downloaded: 385 times

Abstract


Pendidik PAUD harus mampu menjalin komunikasi yang aktif agar anak dapat merasakan kedekatan, dalam situasi ini mudah bagi pendidik untuk mengarahkan dan membimbing dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui gambaran kompetensi pedagogik Pendidik PAUD ditinjau dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian dalan artikel ini yaitu kualitatif. Hasil penelitiannya yakni gambaran kompetensi pedagogik Pendidik PAUD dilihat dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya Pendidik PAUD, berdasarkan kelompok kualifikasi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan melalui pendidikan berkelanjutan atau keikutsertaan dalam program pengembangan diri, dapat dilakukan upaya peningkatan kualitas pendidik agar memiliki tingkat kewenangan yang sesuai untuk melaksanakan proses belajar mengajar.  Program pendidikan dan pengembangan diri ini sebagai bentuk kegiatan efektif untuk memberi kesempatan terbesar bagi pendidik dalam memperbaharui kualifikasi mereka sesuai dengan perkembangan zaman

 

Keywords


kualifikasi akademik; kompetensi pedagogik; pendidik

References


Afdhaliah, P., & Amri, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru PAUD Terhadap Kualitas Pembelajaran di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 3(4). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/10526

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.

Dianita, E. R. (2020). Stereotip gender dalam profesi guru pendidikan anak usia dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 87–105. https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.20

Fonsén, E., & Ukkonen-Mikkola, T. (2019). Early childhood education teachers’ professional development towards pedagogical leadership. Educational Research, 61(2), 181–196. https://doi.org/10.1080/00131881.2019.1600377

Handayani, O. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93-102. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Harahap, L. (2019). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 375–381. http://digilib.unimed.ac.id/3878

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Lee, Se Woong. (2018). Pulling Back the Curtain: Revealing the Cumulative Importance of High-Performing, Highly Qualified Teachers on Students Educational Outcome. Educational Evaluation and Policy Analysis. Vol. 40 no. 3, hal. 359–381. https://doi.org/10.3102/0162373718769379

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Novianti, R., Puspitasari, E., Solfiah, Y., Febrialismanto, Maria, I., & Garzia, M. (2020). Readiness in Teaching Science: Early Childhood Education Teacher’s Online Experience. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012065

Nurhasnawati. (2011). Media Pembelajaran. Pusaka Riau.

Nurlaili. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah, 2(1), 229–241. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Nurwati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 15–31. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1860

Rachmawati, R. (2018). Analisis keterkaitan standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD) dalam implementasi kurikulum 2013. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98775960702159812

Saepudin, J. (2019). Pendidikan agama islam pada sekolah berbasis pesantren: Studi kasus pada SMP al muttaqin kota tasikmalaya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.559

Soine, Karen M., dan Andrew Lumpe. (2014). Measuring characteristics of teacher professional development. Teacher Development. Vol. 18 no. 3, hal. 303–333. https://doi.org/10.1080/13664530.2014.911775

Suhaemi, M. E., & Aedi, N. (2015). A Management Strategy for the Improvement of Private Universities Lecturers’ Professional Competences. International Education Studies, 8(12), 241. https://doi.org/10.5539/ies.v8n12p241

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68–75. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/340

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Supriadi, O. (2021). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841-856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

Tamrin, N., & Arsyad, L. (2019). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Membangun Komunikasi dengan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Gorontalo. Al-Muzakki, 1(1), 31–48.

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176

Yetti, E., Jakarta, U. N., Syarah, E. S., Suharti, S., & Iasha, V. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. İlköğretim Online, 20(1). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54

Yusalam, Setiani, R. E., & Sari, A. K. (2019). Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik Sarjana Riris Eka Setiani. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-04

Yusuf, Y. (2019). Problematik guru bahasa indonesia berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 1(1), 71–80. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/140

Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter usia dini: strategi membangun karakter di usia emas. Pustaka Pelajar.

Wijaya, L. H., Sholeh, M., & Mispandi, M. (2021). Evaluation of Teacher’s Pedagogical Competence in Developing 2013 Curriculum Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), 379–386. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.29531

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.