Abstract
Pendidik PAUD harus mampu menjalin komunikasi yang aktif agar anak dapat merasakan kedekatan, dalam situasi ini mudah bagi pendidik untuk mengarahkan dan membimbing dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui gambaran kompetensi pedagogik Pendidik PAUD ditinjau dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian dalan artikel ini yaitu kualitatif. Hasil penelitiannya yakni gambaran kompetensi pedagogik Pendidik PAUD dilihat dari kualifikasi akademik dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya Pendidik PAUD, berdasarkan kelompok kualifikasi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan melalui pendidikan berkelanjutan atau keikutsertaan dalam program pengembangan diri, dapat dilakukan upaya peningkatan kualitas pendidik agar memiliki tingkat kewenangan yang sesuai untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Program pendidikan dan pengembangan diri ini sebagai bentuk kegiatan efektif untuk memberi kesempatan terbesar bagi pendidik dalam memperbaharui kualifikasi mereka sesuai dengan perkembangan zaman
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.