- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metode Tanya Jawab dengan Media Boneka Tangan untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4319Keywords:
metode tanya-jawab, perkembangan bahasa anak, media boneka tangan, anak usia diniAbstract
Perkembangan bahasa sangat penting untuk anak, anak mampu saling berhubungan dengan orang lain, berbagi ungkapan yang dirasakan oleh anak, dan dapat mengekspresikan perasaannya, dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan bahasanya. Tanpa bahasa, anak tidak dapat berinteraksi dengan kelompok sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun. Metode dalam penelitian ini yaitu metode tanya-jawab. Adapun hasil penelitian yaitu (1) guru telah dapat memperkirakan alokasi waktu yang tepat yang digunakan untuk menerapkan metode tanya jawab dalam menggunakan bahasa keseharian anak; (2) guru telah menggunakan media boneka tangan sesuai dengan isi ceritanya; (3) guru memusatkan perhatian seperti bertepuk tangan, bernyanyi dan menggunakan suara khas yang menarik; (4) guru mengembangkan bahasa anak dalam menghargai bacaan menggunakan boneka tangan; (5) guru saat menggunakan boneka tangan menggunakan variasi suara, gerakan dan ekspresi wajah; (6) guru mengkomunikasikan secara lisan dari kegiatan tanya jawab menggunakan bahasa keseharian; (7) guru melakukan recalling terhadap anak untuk memperoleh capaian pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355
Ahmad, M. Y., Tambak, S., & Constantiani, N. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, 2(1). https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650
Aisya, N., & Amelia, N. (2022). Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Gesikan. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 87–102. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5354
Andiyanto, D. T. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(2), 21–30. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/3433/2338
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Anitah, S. (2013). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi. Strategi Pembelajaran, 2(2), 120. http://repository.ut.ac.id/4033/1/PKOP4301-M1.pdf
Chaer, A., & Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta.
Devianty, R. (2017). Peran BahasaIndonesia dan Bahasa Daerah dalam Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–101. http://repository.uinsu.ac.id/6360/1/Jurnal Ijtimaiyah-ok.pdf
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Fadlan, A. (2019). Efektivitas Metode Bercerita dalam Perkembangan Bahasa Anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37. http://smartkids.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/smartkids/article/view/47
Fakhrudin, A., & Inayati, A., U. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Tema Lingkungan Kelas II Sd Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 80–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7508
Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14-21. https://preschool.iain-jember.ac.id/index.php/preschool/article/view/2/3
Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229
Fusco, E. (2012). Effective Questioning Strategies in the Classroom: A Step-by-Step Approach to Engaged Thinking and Learning. New York: Teachers College Press.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228
Hamidah, F., & Mais, A. (2021). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Pos PAUD Kemuning 56 Mumbulsari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(2), 75–82. https://doi.org/10.31537/jecie.v3i2.488
Hidayati, F. (2020). Implementasi Teknik Penilaian Proses Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung), 8(75), 147–154. http://repository.radenintan.ac.id/11514/
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486
Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2022). Kajian Literatur Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2571–2575. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3839
Mardapi, D. (2011). Penilaian Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–22. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Penilaian_karakter.pdf
Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34-42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975
Mustopa, D., Wekke, I. S., & Hasyim, R. (2019). Penerapan Joyfull Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris ( Tinjauan Psikolinguistik ). Lisan: Bahasa Dan Linguistik, 8(2), 110–118. https://doi.org/10.33506/jbl.v8i2.463
Nadiroh, N. (2015). Metode Pembelajaran IPA di MI Negeri Sikanco Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. JPA, 16(1). https://doi.org/10.24090/jpa.v16i1.2015.pp93-105
Napitupulu, D. S. S. (2021). Boneka Tangan Sebagai Media Peningkatan Keterampilan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Bunayya, 2(2), 89–99. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/122
Nurjanah, T. (2019). Model-Model Pembelajaran Ilmu Fara’idh. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 225-236.
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran sederhana. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 93-98). https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10280
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318
Puspitasari, D. M., & Sa’diyah, E. H. (2014). Strategi Peningkatan Kemandirian Anak Usia Dini di TK. Dharma Wanita Brumbung 1 Kediri. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 11(1). https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6379
Rahman, H. (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Rejeki, S. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini melalui Media Kartu Bergambar pada Kelompok A di Paud Mawar Kecamatan Bunga Dani. Alayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 105–126.
Runtin, N. W., & Poerwati, C. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Melalui Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Pada Kelompok B1 Tk Dharma Kumara I Tibubeneng. Media Edukasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 37–44. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/417
Sa’diyah, H. (2018). Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 1–29. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3495
Safira, Bahrun, & Fauzia, S. N. (2021). Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(1), 11–20. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/17630/8229
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 72–81. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.11
Ulfah, M., Laelasari, E., & Mustaqiem, I. (2021). AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. AS- SYAR ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 85–94. https://doi.org/10.47476/assyari.v4i3.1653
Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD LESTARI Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346
Yanti, H., Herman, H., & Praningrum, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini Melalui metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan kelompok B TK Negeri 2 Bontang Kalimantan Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 371-376. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/235/215
Yunita, I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A1di Tk Kartika III-38 Kentungan,Depok, Sleman. Skripsi, September. https://core.ac.uk/download/pdf/33510824.pdf
Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/826