
Author
Elizabeth Prima(1

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)

Published : 2025-02-02
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 43 times
PDF Downloaded: 12 times
Abstract
Perkembangan motorik kasar merupakan proses anak belajar terampil menggerakkan anggota badan. Gerakan motorik kasar pada anak akan terwujud saat anak mulai mendapatkan koordinasi dan keseimbangan, seperti orang dewasa. Upaya peningkatan keterampilan motorik kasar dapat diajarkan oleh guru melalui permainan tradisional, salah satunya permainan tradisional rangku alu. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh permainan tradisional rangku alu dalam meningkatkan motorik anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis yang digunakan quasi eksperimen, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan rubrik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 anak. Terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian untuk menguji perbandingan motorik kasar anak yang bermain permainan rangku alu dan anak yang melakukan pembelajaran biasa maka dilakukan analisis independent sample t test. Penelitian ini memberikan hasil bahwa ada pengaruh permainan tradisional rangku alu terhadap motorik kasar anak.
Keywords
References
Adawiyah, W. N., Mulyana, E. H., & Elan. (2020). Pengembangan Dasar Kebutuhan Rencana Kegiatan Pembelajaran Beroroentasi Sains Pada Sub Tema Air Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Mengamati Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 324–336. Agatha, S. C., Boleng, L. M., & Bali, E. N. (2021). Gross Motor Skills Of 5-6 Aged Children In Traditional Gamr Of Awi Alu. Journal of Physical Education Health And Sport Sciences, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.35508/jpehss.v1i1
Cendana, H., & Suryana, D. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516
Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Obsesi, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Fadlillah, M., Filasofa, L. M. K., Wantini, Akbar, E., & Fauziyah, S. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini (Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan). Kencana Prenadamedia Group.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. RAUDHAH, 4(2). Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733.
Hazhari, A., Handayani, S. S. D., & Sunarto. (2019). The Effect of Playing Mpa’a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood. Journal of Primary Education, 8(2), 117–126. /jpe.v8i2.25450https://doi.org/10.15294
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak (1st ed.). Prenada Media.
Lestari, P. I., & Prima, E. (2016). Implementasi Permainan Anak Tradisional Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 23–30.
Mu’mala, K. A., & Nadlifah. (2019). Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD (1st ed.). Rosdakarya.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86–98. 10.31004/obsesi.v1i2.19https://doi.org/DOI:
Nuryati. (2019). Kreativitas Guru Dalam Menciptakan Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGPAUD 2019 Permainan Tradisional VS Digital, 293–303. Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(2), 18–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.513
Prima, E. (2024). Metode Bermain Permainan Tradisional Di PAUD. In S. Haryanti (Ed.), Metode-Metode Pembelajaran Diberbagai Bidang (pp. 205–221). Media Sains Indonesia.
Rahmat, R. F., Ramadhan, R., Arisandi, D., Syahputra, M. F., & Sheta, O. (2018). Rangku Alu – A Traditional East Nusa Tenggara Game in Android Platform. 2nd International Conference on Computing and Applied Informatics. Journal of Physics: Conf., 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/978/1/012103
Rahmawati, I. Y., Cahyono, H., & Wahyudi. (2022). Actualization of Cultural Playground Educational Game Tools as Strengthening Love for the Country in Early Children. In N. Ishartono & Y. Sidiq (Eds.), Proceedings of the 7th Progressive and Fun Education International Conference (pp. 3–11). Springer Nature. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8_2
Roostin, E., Aprilianti, R., & Martini, A. (2022). Pelatihan Media Permainan Tradisional Dakuca Terhadap Guru Raudathul Athfal Kabupaten Sumedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5154–5164. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1890
Rosdiani, D. (2012). Dinamika Olahraga dan Pengembangan Nilai. Alfabeta.
Rozana, S. (2020). Pengaruh Inovasi Permainan Tradisional “Engklek” Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Tk Melati Jl Klambir V Psr II Desa Klambir V Kebon Kab. Deli Serdang. Abdi Ilmui, 13(1), 42–58. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/890
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sujiono, B. (2018). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka.
Sujiono, B., Sumantri, M. S., Aisyah, S., Tatminingsih, S., Amini, M., & Suroso, A. (2014). Metode Pengembangan Fisik (p. 10). Universitas Terbuka.
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58.
Susanto, D., & Susanto, M. R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Permainan Tradisional Dolanan Anak Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini. Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi, Dasar Dan Menengah, 152–160.
Talu, A. T. I., & Bosco, F. (2019). Tari Tradisional Manggarai Rangkuk Alu Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Di TK Inviolata Ruteng. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 37–44. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/issue/view/12
Wahidah, I., Nurlaela, W., Cahyana, Nuwahidah, Nafa’atur, F., & Rahman. (2021). Permainan Tradisional: Keterampilan Motorik dan Ketepatan Strategi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 3(3), 1238–1245. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.530
Wahyuningsih, S. (2017). Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-5 Tahun (I. S (ed.)). PT Sandiarta Sukses.
Wiranti, D. A., & Mawarti, D. A. (2018). Keefektifan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 66–74.
Yudaparmita, G. N. A., & Adnyana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 83–90.
Refbacks
- There are currently no refbacks.