- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441Keywords:
matematika, berhitung, media, rangkasbitungAbstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan aktivitas anak kelompok B TKIT Al Faruqi saat melakukan proses pemahaman berhitung dan kardinalitas melalui penggunaan media Rangkasbitung. Media Rangkasbitung (Barang Bekas Media Berhitung) digunakan sebagai alat untuk menstimulasi kemampuan berhitung dan kardinalitas serta sebagai wujud peningkatan SDM guru dalam berinovasi mengembangkan media pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain siklus mengikuti model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak kelompok B TKIT Al Faruqi. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan mengubah penilaian kualitatif ke kuantitatif. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas anak kelompok B TKIT Al Faruqi mengalami peningkatan setelah penerapan kegiatan belajar menggunakan media Rangkasbitung. Melalui data yang dipaparkan dalam penelitian ini dapat diketahui juga bahwa penggunaan media belajar Rangkasbitung mampu meningkatkan kemampuan berhitung dan kardinalitas anak kelompok B TKIT Al Faruqi.
Downloads
References
Afandi, A. (2018). Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman terhadap Kemampuan Membilang. Jurnal AUDI, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2728
Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010). Using manipulatives to teach elementary mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, 3(1), 1–10.
Cotet, G. B., Balgiu, B. A., & Zaleschi (Negrea), V. – C. (2017). Assessment procedure for the soft skills requested by Industry 4.0. MATEC Web of Conferences, 121(2), 07005. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005
Ismayani, A. (2010). Fun Math With Children: Mengenalkan Matematika Kepada Anak Usia 2 Hingga 6 Tahun Melalui Beragam Aktivitas. Jakarta: Elex Media Komputindo.
John W. Santrock. (2014). Adolescence fifteenth edition. Dallas: University of Texas.
Muslihuddin. (2014). Kita Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas & Sekolah (M. P. Dr. H Mubiar Agustin, ed.). Bandung: Rizqi Press.
Nasution, N., & Maulana, I. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 230–236. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Pixner, S., Dresen, V., & Moeller, K. (2018). Differential development of children’s understanding of the cardinality of small numbers and zero. Frontiers in Psychology, 9(SEP), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01636
Rosita, Fadillah, D. (2013). Pengembangan Potensi Kognitif Anak Melalui Bermain Konstruksi dengan Lego di TK . KARTIKA V-49 Pontianak.
Sa’diyah, S., & Zuhdi, U. (2014). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Diri Sendiri Siswa Kelas II SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 3(2), 1–10.
Setiawan, D. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Apa Mengapa dan Bagaimana. Jakarta: PT Semesta Rakyat Merdeka RM BOOKS.
Siarni, Pasaribu, M., & Arman. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 94–104. https://doi.org/ISSN 2354-614X
Sudarwati, U.-. (2018). Peningkatan Kemampuan Membilang 1 – 20 melalui Permainan Puzzle pada Anak Kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 20–37. https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.206
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Suripatty, P. J. P., & Nurani, Y. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo Abstrak. 4(1), 100–109. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282
Yuliani, N. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.