Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung

Authors

  • Eka Nurmala Annisa Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Yetti Supriyati Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Yuliani Nurani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441

Keywords:

matematika, berhitung, media, rangkasbitung

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan aktivitas anak kelompok B TKIT Al Faruqi saat melakukan proses pemahaman berhitung dan kardinalitas melalui penggunaan media Rangkasbitung. Media Rangkasbitung (Barang Bekas Media Berhitung) digunakan sebagai alat untuk menstimulasi kemampuan berhitung dan kardinalitas serta sebagai wujud peningkatan SDM guru dalam berinovasi mengembangkan media pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain siklus mengikuti model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak kelompok B TKIT Al Faruqi. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan mengubah penilaian kualitatif ke kuantitatif. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa aktivitas anak kelompok B TKIT Al Faruqi mengalami peningkatan setelah penerapan kegiatan belajar menggunakan media Rangkasbitung. Melalui data yang dipaparkan dalam penelitian ini dapat diketahui juga bahwa penggunaan media belajar Rangkasbitung mampu meningkatkan kemampuan berhitung dan kardinalitas anak kelompok B TKIT Al Faruqi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2018). Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman terhadap Kemampuan Membilang. Jurnal AUDI, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2728

Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010). Using manipulatives to teach elementary mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, 3(1), 1–10.

Cotet, G. B., Balgiu, B. A., & Zaleschi (Negrea), V. – C. (2017). Assessment procedure for the soft skills requested by Industry 4.0. MATEC Web of Conferences, 121(2), 07005. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005

Ismayani, A. (2010). Fun Math With Children: Mengenalkan Matematika Kepada Anak Usia 2 Hingga 6 Tahun Melalui Beragam Aktivitas. Jakarta: Elex Media Komputindo.

John W. Santrock. (2014). Adolescence fifteenth edition. Dallas: University of Texas.

Muslihuddin. (2014). Kita Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas & Sekolah (M. P. Dr. H Mubiar Agustin, ed.). Bandung: Rizqi Press.

Nasution, N., & Maulana, I. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 230–236. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Pixner, S., Dresen, V., & Moeller, K. (2018). Differential development of children’s understanding of the cardinality of small numbers and zero. Frontiers in Psychology, 9(SEP), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01636

Rosita, Fadillah, D. (2013). Pengembangan Potensi Kognitif Anak Melalui Bermain Konstruksi dengan Lego di TK . KARTIKA V-49 Pontianak.

Sa’diyah, S., & Zuhdi, U. (2014). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Diri Sendiri Siswa Kelas II SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 3(2), 1–10.

Setiawan, D. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Apa Mengapa dan Bagaimana. Jakarta: PT Semesta Rakyat Merdeka RM BOOKS.

Siarni, Pasaribu, M., & Arman. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 94–104. https://doi.org/ISSN 2354-614X

Sudarwati, U.-. (2018). Peningkatan Kemampuan Membilang 1 – 20 melalui Permainan Puzzle pada Anak Kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 20–37. https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.206

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Suripatty, P. J. P., & Nurani, Y. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo Abstrak. 4(1), 100–109. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282

Yuliani, N. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

23-01-2020

How to Cite

Annisa, E. N., Supriyati, Y., & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441

Issue

Section

Articles