Author
Ayu Titis Rukmana Sari(1), Epritha Kurniawati(2), Bagus Amirul(3), Wahyudi Wahyudi(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(4) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 1014KB]
Published : 2023-12-04
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 315 times PDF Downloaded: 274 timesAbstract
Penelitian ini membahas terkait best practice pengembangan dan proses validasi penciptaan karya yang berjudul “ Cinta Aksara Jawa†dalam proses penciptaannya berpijak pada aksra jawa. Penelitian ini dibuat untuk menciptakan inovasi pembelajaran melalui yang diwujudkan melalui gerak dan lagu, berpijak pada aksara jawa sebagai sarana dalam proses mencintai kearifan budaya lokal dan pembelajaran karakter anak usia dini. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu tahap konseptual, tahap operasional dan validasi ahli. Tahap konseptual meliputi : penulisan naskah, perancangan desain gerak, desain musik dan lagu, dan desain properti. Sedangkan tahap operasional meliputi : casting penari, penciptaan gerak, penciptaan musik dan lagu, pembuatan properti dan tata rias busana. Hasil validasi ahli yang dilakukan oleh ahli tari dan ahli PAUD terkait keorisinalitasan karya, kebaharuan karya dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini dinyatakan valid dan dapat digunakan.
Keywords
References
Anisyah Nur, Marwah S, dan Yumarni V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Jurnal Murhum 4 (1). 287-295. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.164
Anugrah. (2021). Fungsi dan Makna Wayang Gunungan. Retieved September 6, 2023, from http://beritamagelang.id/kolom/fungsi-dan-makna-wayang-gunungan
Anggraini, V., & Priyanto, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pengenalan Sejarah Budaya Minangkabau Melalui Lagu Kreasi Minangkabau bagi Anak Usia Dini. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.703
Assagaf, L. . (2020). Penerapan Supervisi Akademik di PAUD. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). https://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/8
Aulia A. W., & Sri K. (2021). Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Tari Dongklak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 312-322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3706
Bramantyo Triyno, Tjaroko WS. (2021). Lagu Dolanan dalam Permainan Tradisional sebagai Strategi Inovasi Pendidikan Sendratasik. Jurnal Resital 22 (3). 137-145. https://doi.org/10.24821/resital.v22i3
Damayanti NKA, Asril NM, dan Wirabrata DGF. (2023). Kegiatan Seni Tari Kreasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 11 (1). 140-147. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63471
Darmayanti, E., Pamungkas, J., & Indrawati, I. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Berbasic Pengembangan Diri Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5495-5505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2992
Destita S., Elisa N.(2021). Penerapan Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 294 – 302. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.585
Hartono, H., Kusumastuti, E., Pratiwinindya, R., & Lestar, A. (2022). Strategi Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas bagi Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5476-5486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2894
Hasmalena, H., & Rantina, M. (2017). Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 81-85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.18
Lestarini LP, Mahadewi LPP, dan Antara PA. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 7 (3). 236-245. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010
Lestariningrum, A., & Handini, M. C. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 215–225. https://doi.org/10.21009/JPUD.112
Miskawati. 2019. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya 9 (1). 45-54. http://doi.org/10.33087/dikdaya
Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32
Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 76–91. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7170
Nirawati, T., & Yetti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Meja Putar di Taman Kanak – Kanak. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 4(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/300338700
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Diniâ€. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Nufitriani K., Elina I.(2019). Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa pada Anak Usia Dini di PAUD Al- Falah Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini,1(2), 84–91. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.368
Nurjatisari, T., Sukmayadi, Y., & Nugraheni, T. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kemasan Pertunjukan Seni pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4013-4024. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4836
Oktafiani, G., & Lanjari, R. (2022). Perkembangan Motorik Anak Down Syndrome Melalui Pembelajaran Seni di SLB Pelita Ilmu Semarang. Jurnal Seni Tari, 11(1), 36-44. https://doi.org/10.15294/jst.v11i1.54856
Respati, Lutfi & Rahman. (2018). Gerak dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 12(2), 321-330. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.13
Retnasari , L., Pratomo, M. I., Irayanti, I., Istianah, A., Hariyanti, H., & Sari, B. I. (2023). Implementasi Karakter Integritas Berbasis Budaya Sekolah pada Peserta Didik Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 187-200. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.161
Roby M., & Al Hakim Lailatul R. (2018). Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. GOLDEN AGE, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 269-286. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-05
Rosanawati, I., Marmoah S., & Nurhasanah F. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Lokal Solo Sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Sejarah bagi Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Dikdaya 13 (2). 439-444. http://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.513
Sani, A., Putri, A. S., & Sukiman. (2022). Inovasi Kurikulum Anak Usia Dini: Pekan Budaya Sebagai Penanaman Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Smart Paud 5(1). 38-46. http://doi.org/10.36709/jspaud.v5i1.22682
Susilo & Ikawati. (2021). Filosofi hanacararaka bahasa jawa: suatu kajian etnolinguistik. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia. Makasar. Masyarakat Linguistik Indonesia
Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar . Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848
Wijayanti & Sabana. 2017. Proses Kreatif Konsep Penciptaan Bentuk (Studi Kasus :Kemben, Pakaian Adat Perempuan Jawa, Penari Jawa. Jurnal SeniRupa Warna. 5(1), 46-5. https://doi.org/10.36806/.v5i1.32.
Wulandari. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tarisebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni. Retieved September 6, 2023, http://paud.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/pembelajaran-olah-gerak-dan-tari-untuk-anak-usia-dini.pdf
Zahara, R., Khadijah, & Lubis, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Kamal. Jurnal Raudhah, 07(01), 26–39. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/466
Zubaedah, S., & Hidayah, U. (2023). Batik dan Media Pembelajaran: Upaya Melestarikan Budaya Lokal Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kapanewon Imogiri Bantul. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 103-115. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.11315
Refbacks
- There are currently no refbacks.