
Author
Syafdaningsih Syafdaningsih(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Lampung, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(7)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(8)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya, Indonesia(9)

Published : 2023-12-31
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 421 times
PDF Downloaded: 360 times
Abstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap menakutkan bagi semua kalangan termasuk anak usia dini. Untuk itu perlu nya media dalam menunjang pembelajaran agar optimal dan mudah dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Namun, guru sering kali kesulitan dalam menjumpai dan memvariasikan media untuk pembelajaran matematika. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi media pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis buku cerita materi geometri untuk anak usia dini yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu penelitian R&D dengan model Rowntree. Model Rowntree memiliki 3 tahap yaitu perencanaan, pengembangan dan Evaluasi. Evaluasi peneliti mengadopsi tahap dari model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Hasil penelitian menyatakan produk berupa media pembelajaran berbasis buku cerita materi geometri dinyatakan valid secara ahli dan juga dan praktis secara pengguna yaitu guru dan anak.
Keywords
References
Afni, R. N., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 22–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/39660
Anafiah, S., & Arief, A. (2018). Pembuatan Buku Cerita Anak Bermuatan Penanggulangan Bencana Di Sdn Bangunrejo 1, Sdn Bangunrejo 2, Dan Sdn Baluwarti Yogyakarta. Jurnal ABDI, 3(2), 88. https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p88-92
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
ANTI, Y. T., WIJAYANTI, A., & KOESMADI, D. P. (2022). Pengembangan Buku Smart Geomtry Book untuk Pengenalan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 127–144. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.297
Azizah, S., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Anak Usia 4-5 Tahun dalam Menceritakan Kembali Buku Cerita Bergambar yang Telah Dibacakan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3498–3508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4255
Bilewicz-Kuźnia, B. (2021). Inspiring Children’s Mathematical Activity Through Contact with a Picture Book. Edukacja Elementarna w Teorii i Praktyce, 16(3(61)), 27–41. https://doi.org/10.35765/eetp.2021.1661.02
Bilge, N. D. G. (2020). The childrens book selection criteria: Evidence from preschool and primary school teachers. Educational Research and Reviews, 15(11), 645–661. https://doi.org/10.5897/err2020.4066
Dhiu, K., & Laksana, D. N. L. (2021). The Aspects Of Child Development On Early Childhood Education Curriculum. Journal of Education Technology, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.30764
Erica M. McAndrew, Wendy L. Morris, F. (Skip) F. (2017). Geometry‐related children’s literature improves the geometry achievement and attitudes of second‐grade students. School Science and Mathematics, 117(1–2), 34–51. https://doi.org/10.1111/ssm.12202
Evi Rahayu, Syahri Ramadhan, Nelia Guswanti, Roby Seprya, & Inmaryanto, I. (2022). Penggunaan Alat Peraga Edukatif Media Tanah Liat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 27–36. /10.46963/mash.v5i01.437https://doi.org
Fitri, N. D., Mahmudah, S. F., & Nurhayati. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bercerita pada Bahasa Anak Usia Dini. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS P-ISSN:, 14(2), 232–238. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3999
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Handayani, E. T. Y., Nursetiawati, S., & Mahdiyah. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3360401
Haryaningrum, V., Reza, M., Setyowati, S., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 218–235. https://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/view/31
Lestariningrum, A., Andyastuti, E., Lailiyah, N., Wijaya, I. P., Yatmin, Y., & Karisma, D. Y. (2023). Pemanfaatan Buku Cerita Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.416
Maričić, S. M., Stakić, M. M., & Malinović-Jovanović, N. T. (2018). The role of literary content for children in preschool mathematics education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 631–642. https://doi.org/10.12973/ejmste/80627
Masnipal, M. (2023). Ketertarikan Anak Usia Dini Belajar Matematika melalui Metode Pembelajaran Cahaya Indonesia; Bermain Berbasis Buku-Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4166–4179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4223
Negara, T. D. W. (2022). Analisis desain cover buku baca anak usia dini karya Gibran Maulana. Imaji, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.48100
Nurdini, N., Wardani, W. G. widya, & Saptodewo, F. (2018). Implementasi Warna pada Sampul Buku Cerita Bergambar Legenda Ciujung dan Ciberang. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01), 69–77. https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.17
Nurzayyana, A., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2021). Designing a Math Picture Book to Stimulate Primary School Students’ Understanding of Properties of 2-D Shapes. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 4(2), 164. https://doi.org/10.33578/jtlee.v4i2.7892
Pratita, D., & Djahir, D. E. A. Y. (2021). Analysis of Students Needs for Teaching Materials as A Reference for Developing E-Module of Digital Learning Courses. Atlantis Press, 513, 237–242. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.112
Priantama, R. (2020). Implementasi Algoritma Sift Pada Aplikasi Media Pembelajaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Augmented Reality Melalui Android. Jurnal Buffer Informatika, 6, 1–23. https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer%0AIMPLEMENTASI
Purpura, D. J., Logan, J. A. R., Hassinger-Das, B., & Napoli, A. R. (2017). Why do early mathematics skills predict later reading? The role of mathematical language. Developmental Psychology, 53(9), 1633–1642. https://doi.org/10.1037/dev0000375
Purpura, D. J., & Reid, E. E. (2016). Mathematics and language: Individual and group differences in mathematical language skills in young children. Early Childhood Research Quarterly, 36, 259–268. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.12.020
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Rahmawati, M. S., & Amri, I. (2020). The Role of Parents at Mathematics Learning Innovation in Early Education. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i1.38349
Ratriansari, S., Utami, B. S., & Bezaleel, M. (2019). Perancangan Buku Cerita Matematika Geometri untuk Kelas Tiga Sekolah Dasar dengan Strategi Visual Spasial. Citradirga - Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Intermedia, 1(02), 22–33. https://doi.org/10.33479/cd.v1i02.251
Rohali, A. D., & Mulyeni, S. (2023). Metode Bercerita Bagi Perkembangan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di TK Bina Putra Mandiri Cimahi. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 24–33. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.535
Sa’ida, N. (2021). Pemahaman Konsep Geometri Anak Usia Dini pada Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9782
Sari, F. K., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021 Fani. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.11-22
Sonnenschein, S., Metzger, S. R., & Thompson, J. A. (2016). Low-Income Parents’ Socialization of Their Preschoolers’ Early Reading and Math Skills. Research in Human Development, 13(3). https://doi.org/10.1080/15427609.2016.1194707
Stites, M. L., & Brown, E. T. (2019). Observing mathematical learning experiences in preschool. Early Child Development and Care, 189, 68–82. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1601089
Stites, M. L., & Sonnenschein, S. (2020). Using Storybooks to Support Young Children’s Mathematics Learning at School and Home. In University of Maryland Baltimore County.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Surya, C. M., Iskandar, Y. Z., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok a Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.294
Tri, R. (2015). Bagaiman Cara Menulis Buku Cerita Anak.
Trimansyah, B. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Vol. 1). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Wulan, S., & Fridani, L. (2021). Teaching Strategy in Early Childhood Education: Child-Friendly Classroom Management to Anticipate Bullying Behaviours. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 379–394. https://doi.org/10.21009/jpud.152.10
ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896
Refbacks
- There are currently no refbacks.