Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini melalui Bermain Puzzle pada PAUD

Author


Sri Ratna(1Mail), Imamah Imamah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pncasakti, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pncasakti, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 385KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 893 times PDF Downloaded: 934 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagimana kemampuan problem solving  anak usia dini melalui permainan puzzle. Anak usia dini memiliki keingintahuan alami untuk memahami dunia sekitar mereka, dan bermain puzzle sebagai cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ialah studi kasus dengan menempatkan sekelompok anak usia dini dalam berbagai aktivitas puzzle. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Kinta Anak Ceria Kota Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan problem solving pada anak usia dini. Mereka belajar untuk mengidentifikasi pola, menghubungkan informasi, dan merencanakan langkah-langkah untuk menyelesaikan teka-teki. Selain itu, aktivitas ini juga membantu mereka mengembangkan keterampilan kognitif seperti pemecahan masalah, pemikiran logis, dan kreativitas.


Keywords


kemampuan problem solving; bermain puzzle; anak usia dini

References


Akcaoglu, M., Jensen, L. J., & Gonzalez, D. (2021). Understanding Children’s Problem-solving Strategies in Solving Game-based Logic Problems. International Journal of Technology in Education and Science, 5(2), 245–257. https://doi.org/10.46328/ijtes.98

Aral, N., Gürsoy, F., & Can-Yaşar, M. (2011). An Investigation Of The Effect Of Puzzles On Preschoolers’ Developmental Areas. Social and Natural Sciences Journal, 4, 20–23. https://doi.org/10.12955/snsj.v4i0.293

Bauer, A., Flatten, J., & Popović, Z. (2017). Analysis of problem-solving behavior in open-ended scientific-discovery game challenges. Proceedings of the 10th International Conference on Educational Data Mining, EDM, 32–39. https://eric.ed.gov/?id=ED596582

Badriyah, E. S. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3). https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/tumbang/article/view/104

Barnes, S. P., & Jones, S. M. (2022). Social and Emotional Learning (SEL) in Schools. In Social and Emotional Learning (SEL) in Schools. https://doi.org/10.4324/9781138609877-ree113-1

Darnis, S. (2018). Parenting Anak Usia Dini. 7. http://info.trilogi.ac.id/repository/assets/uploads/PGSD/8e5dd-aproval-parenting-anak-usia-dini.pdf

Dewi, M. C., & Reza, M. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Sentra Dan Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Kemampuan Problem Solving Pada Anak. Jurnal PAUD Teratai, 1(9). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/34711

Do, T. T., Nguyen, C. K., Nguyen, M. L. T., Nguyen, V. Q., & Tran, H. T. (2022). The interpersonal problem-solving inventory: Development and evaluation in a fourth-grade student sample. Studies in Educational Evaluation, 74. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101179

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1). https://doi.org/10.22460/EMPOWERMENT.V6I1P

Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan (1st ed.). Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud. (2019). Pedoman Penguatan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Latif, M. A., Munafiah, N., & Rachmawati, Y. D. (2022). Merdeka Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengembangkan Kognitif Anak: Sebuah Kajian Fenomenologi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 61–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16988

Lee, H. J., & Han, J. H. (2020). Effects of PBL-based practical teacher training classes on the problem-solving ability and Early Childhood Teacher Capability of Pre-service Early Childhood Education Teacher. Korean Association For Learner-Centered Curriculum And Instruction, 20(23). https://doi.org/10.22251/jlcci.2020.20.23.757

McCaslin, L. J. (2002). Assessing toddlers’ problem-solving skills using play assessment : Facilitation versus non-facilitation. Student Work.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S. Romadhona & A. Widiastuti (eds.)). PT INDEKS.

Renfaan, I. P., Deniyanti, I. A., Ayunda, N. O., & Hidayah, S. (2023). Playing puzzles to educate children. 2nd International Conference On Early Childhood Education In Multiperspective, 447–450.

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Shodiqin, A., Sukestiyarno, Wardono, Isnarto, & Utomo, P. W. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(201920).

Sternberg, S., & Arbor, A. (1985). Preschool Children ’ s Problem-Solving Interactions At Computers and Jigsaw Puzzles. Journal of Applied Developmental Psychology, 6, 173–186. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/0193397385900589

Subakti, H., Soesana, A., Saputro, S. A. N. C., Ariza, M. S. H., Amaliyah, S., Mahatmaharti, R. A. K., & Sipayung, R. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini. In J. Simarmata & M. J. F. Sirait (Eds.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (1st ed., Vol. 3, Issue 1). Yayasan Kita Menulis.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran (Solicha (ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.

Uce, L. (2015). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 1(2), 77–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1322

Wiyani, N. A. (2022). Konsep Merdeka Belajar bagi Anak Usia Dini. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 5(1), 79–98. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mdr/article/view/5252

Yusnita, N. C. (2023). The Effectiveness of Puzzle Games in Stimulating Problem Solving Ability in Early Childhood. Jurnal Scientia, 12(1), 788–793. https://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/1238


Refbacks

  • There are currently no refbacks.