- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Pembelajaran Eco-Print terhadap Kreativitas Anak Usia Dini pada Budaya Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.5951Keywords:
Eco-Print, Kreativitas Anak Usia Dini, Budaya IndonesiaAbstract
Kurangnya minat anak zaman sekarang untuk belajar dan mewarisi kebudayaan lokal menjadi salah satu masalah yang serius. Anak-anak sebagai generasi penerus memiliki kewajiban mempertahankan dan melestarikan budaya lokal bangsa meskipun sedang tinggal di negara lain. Salah satu cara melestarikan budaya bangsa Indonesia melalui melalui edukasi untuk memperkaya pengetahuannya tentang kebudayaan lokal. Â Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen yang digunakan sebagai perbandingan dari perlakuan yang diterapkan pada salah satu kelas. Sampel penelitian ini merupakan anak didik di SIKL. Kemudian teknik pengambilan data menggunakan instrumen angket penilaian kreativitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Eco-Print memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas anak didik pada pembuatan budaya lokal indonesia yaitu batik. Dimana dalam prosesnya anak didik berperan aktif dan dapat mengeksplor serta menciptakan pola batik baru sesuai dengan latar belakang budaya mereka masing-masing.
Downloads
References
Ayuni, S. D., Yuwono, A. H., Mulyadi, A., Syahrorini, S., & Falah, A. H. (2024). Automated steam engine technology for eco-printing batik: Empowering community economies. Community Empowerment, 9(5), 797-803.https://doi.org/10.31603/ce.104624 https://doi.org/10.31603/ce.104624
Anggraini, E. F., Maharani, D., & Yusuf, M. (2024). Meningkatkan Nilai Budaya Lokal:“Penyuluhan Dan Pengenalan Batik Dilingkungan Pendidikan Smp Sunan Ampel Poncokusumoâ€. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(4), 58-64. https://doi.org/10.62017/jpmi.v1i4.1200
Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110-127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246
Dewi, R. S., Budiatmo, A., Purbawati, D., & Chairina, S. (2024). Everything is Possible on Social Media: Using Instagram as an Eco-print Marketing Media in Serang Village, Purbalingga Regency. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 317-327. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i1.1984
Fitriana, D. E. N., Pahlevi, M. K. R., Adila, R., & Aulia, N. (2024). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pembuatan Batik Ecoprint Sebagai Langkah Preventif Dalam Pemerdayaan Masyarakat Dan Pembangunan UMKM. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28-34. https://doi.org/10.30822/berbakti.v2i1.3296
Hua, Y., & Yang, Y. (2024). Early childhood preservice teachers’ beliefs of creativity, creative individuals and creative environment: Perspectives from China. Thinking Skills and Creativity, 51, 101441. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101441
Novikasari, I., & Febriana, M. (2024). Exploring Local Culture through Geometry Transformation: a Study of Banyumasan Batik. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 8(1), 109-122. https://doi.org/10.31764/jtam.v8i1.17298
Panggabean, W., & Wardhani, A. P. (2024). Meningkatkan Kreativitas dan Ekonomi Melalui Pelatihan Batik Ecoprint di Desa Bangun Mulya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1684-1689. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9035
Sasmita, W., Muzaki, M. N., Safitri, R. N., Rahmawati, R., Arro’uf, R. M., Lensi, L. V., ... & Saputra, A. T. P. (2024). Pengembangan Produk Batik dalam Usaha Menarik Minat Anak Muda Terhadap Produk Khas Kelurahan Dandangan. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 219-231. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.97
Saleem, S., Burns, S., & Perlman, M. (2024). Cultivating young minds: Exploring the relationship between child socio-emotional competence, early childhood education and care quality, creativity and self-directed learning. Learning and Individual Differences, 111, 102440. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102440
Taufiq, A., & Kamal, F. (2024). Strengthening The Skill of The Sri Tanjung Batik Community (KBT) through Eco-print Batik Innovation In Bangsring Village Wongsorejo Banyuwangi. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 231-247. https://doi.org/10.29062/engagement.v8i1.1636
Xiao, M. (2024). Innovative Applications and Market Impact of Indonesian Batik in Modern Fashion. Studies in Art and Architecture, 3(2), 62-66.
Zou, H., Yao, J., Zhang, Y., & Huang, X. (2024). The influence of teachers' intrinsic motivation on students' intrinsic motivation: The mediating role of teachers' motivating style and teacherâ€student relationships. Psychology in the Schools, 61(1), 272-286. https://doi.org/10.1002/pits.23050