Abstract
Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara dan menjadi pilar utama dalam membangun kemajuan bangsa. Penelitian ini bertujuan menganalisis kandungan materi membaca dan menulis permulaan serta kelebihan dan kekurangan buku teks Bahasa Indonesia Aku Bisa! untuk Kelas I Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan Metode Analisis Konten melalui empat tahap: pengorganisasian data, pengkodean, interpretasi, dan penyusunan temuan, dengan teknik pengumpulan data berupa simak-catat serta triangulasi untuk validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi membaca permulaan sebagian besar sudah sesuai dengan CP, TP, dan ATP Bahasa Indonesia fase A. Adapun kekurangan penelitian ini terdapat pada beberapa bab, seperti latihan melafalkan kalimat sederhana dan membaca lancar. Kelebihan buku ini meliputi penggunaan bahasa yang lugas, interaktif, dan sesuai kaidah, serta memotivasi peserta didik. Kekurangannya adalah ketergantungan pada tautan internet untuk latihan membaca dan tidak adanya panduan menulis di udara.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.