- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879Keywords:
anak usia dini, media pembelajaran, interaktif, kearifan lokalAbstract
Anak usia dini memerlukan banyak sekali informasi untuk mengisi pengetahuannya agar siap menjadi manusia sesungguhnya. Dalam hal ini memberikan pengetahuan tentang kearifan lokal di setiap daerah kepada anak-anak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan suatu media pembelajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil pencapaian pengetahuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan media konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi group design. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pencapaian media pembelajaran interaktif kearifan lokal kabupaten semarang menggunakan video animasi lebih besar dari pada hasil pencapaian media pembelajaran interaktif kearifan lokal kabupaten semarang menggunakan video konvensional. Saran dalam penelitian ini yaitu dapat melakukan penelitian lanjutan terkait Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang dengan menggunakan tema atau daerah lainnyaDownloads
References
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Dewi, N. M. O., Wirya, N., Asril, N. M., & Psi, S. (2014). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Balok Cruissenare Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.2982
Faela, S. N. K. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau'Izhoh, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. In JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) (Vol. 2, Issue 1, p. 37). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781
Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1991). Priniples of instructional design; Applications and illustrations. In Educational Technology. Richard and Winston.
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 26. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23726
Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 1-13. download.portalgaruda.org/article.php?article=88239&val=530
Sartini, S. (2004). Menggali kearifan lokal nusantara sebuah kajian filsafati. Jurnal Filsafat, 37(2), 111-120.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sularso, S. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 73. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4728
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7
Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1-11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11