Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta

Authors

  • Ria Astuti Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Thorik Aziz Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Keywords:

integrasi, kreativitas, anak usia dini

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa serta melahirkan solusi yang unik terhadap masalah yang dihadapi. Peran kreativitas semakin terasa ketika memasuki abad 21 dengan ditandai oleh perubahan yang sangat cepat dan tantangan yang semakin kompleks. Sehingga kreativitas harus dikembangkan sejak dini melalui pembelajaran yang dilakukan secara terintegrasi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data guru kelas dan Kepala Sekolah di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta pada 08 September 2018. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas yang dilakukan di TK Kanisius Sorowajan bervariasi dengan memadukan pembelajaran sains, seni, bahasa, agama dan IT dalam mengembangkan kreativitas anak yang dilakukan secara terintegratif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL OBSESI, Vol 1 No 2, 118 – 123.

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10

Barkah Lestari. (2006). Upaya Orang Tua dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, Volume 3 N.

Dwirahman, E. (2013). Peningkatan Kreativitas Melalui Pendekatan Inquiri dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 240–250. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3873

Hasmalena, & Mahyumi Rantina. (2017). Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. JURNAL OBSESI, Volume 1 N, 81 – 85.

Kusumawardani, R. (2015). Peningkatan Kreativitas melalui Pendekatan Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143–162. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.09

Martinis Yamin, & Maisah. (2012). Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Jakarta: Refrensi.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Professional. Jakarta: PT. Gramedia.

Menkes, R. Pedoman Stimulasi Kognitif pada Anak Berbasis Kecerdasan Majemuk. , Pub. L. No. Nomor 62 Tahun 2015 (2015).

Parwoto, P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning (CPBL) terhadap Kreativitas Anak dalam Bermain Komputer. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 97–116. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.07

Suharsimi Arikunto. (1980). Menejemen Pengajaran Secara Manusiawi. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Susanti, R. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Plastisin. Jurmal Audi, 1(2), 92–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Utami Munandar. (1999). Kreativitas dan Keberkatan (cet. Ll). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yamin, M., & Jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan PAUD (cet ke 1). Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Yeni Rahmawati, & Euis Kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas (cet. ke 3). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

18-05-2019

How to Cite

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Issue

Section

Articles