Abstract


Epidemi COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia. Hal ini berdampak pada semua aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang terpengaruh adalah dunia pendidikan. Pendidikan Indonesia yang masih menggunakan sistem tradisional telah beralih menggunakan e-learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai penerapan e-learning pada anak usia dini di masa pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan sumber pustaka yaitu menggunakan artikel jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning dapat diterapkan pada PAUD meskipun belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam hambatan ketika melaksanakan proses pembelajaran. Pembelajaran dilakukan menggunakan aplikasi whatsapp, youtube, instagram, googleclass, dan instagram. Selain itu, penerapan e-learning memberikan dampak pada pencapaian perkembangan anak. Sebagian besar dari aspek perkembangan anak mengalami penurunan kecuali aspek seni. Saran untuk peneliti selanjutnya yang membahas e-learning pada anak usia dini agar melakukan penelitian yang dilakukan secara lebih mendalam

Keywords


e-learning; pendidikan anak usia dini; masa pendemi covid-19