Abstract


Dampak virus Corona (Covid-19) menjadikan sekolah tidak dibuka dan melakukan belajar dari rumah. Selama belajar dari rumah, keterlibatan orang tua menjadi sangat penting terutama dalam mengenalkan konsep matematika pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengenalan pembelajaran matematika oleh orang tua anak usia dini di masa pandemi. Desain penelitian ini adalah kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai sumber baik buku, skripsi, thesis, disertasi, dan publikasi artikel jurnal. Berdasarkan hasil kajian literatur pengenalan pembelajaran matematika oleh orang tua sebaiknya dengan metode bermain dan menggunakan media benda hidup atau mati yang berada di sekolah, di rumah, di jalan maupun di sekitar lingkungan anak. Berbagai tips kegiatan belajar matematika dari rumah seperti menghitung benda konkret, mengulang dengan bernyanyi sambil berhitung, berhitung menyentuh benda, bermain peran, dan tebak angka. Dengan begitu, kemampuan matematika berupa menghitung, mengelompokkan, mengurutkan, membandingkan, dan konsep geometri dapat terstimulasi dengan baik dan anak tidak bosan.


Keywords


matematika; pandemi; orang tua anak usia dini