Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi olehadanya kekhasan pada kurikulum yaitu program Al-islam, yang menarik peneliti untuk menganalisis kurikulum Al-islam di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal. Tujuan penelitian ini menganalisis kurikulum pendidikan yang terkait dengan tujuan, strategi pelaksanaan dan teknik evaluasinya. Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan objek penelitian. Analisis dilakukan dengan teknik trianggulasi data. Hasil dari penelitian, kurikulumnya bertujuan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran anak-anak untuk mengamalkan ajaran islam. Materi kurikulum yaitu aqidah, ibadah, akhlaq, muamalah, Al-Quran dan doa-doa. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan beragam metode, khusus untuk pengembangan nilai-nilai islami dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari. Dan adanya materi tentang ke Aisyiyahan di kegiatan awal setiap harinya.Teknik evaluasi pendidikan islam menggunakan unjuk kerja, penugasan, dan observasi (penilaian kegiatan khusus al-islam).


Keywords


kurikulum; pendidikan al-islam; aisyiyah bustanul athfal