Abstract


Pembelajaran sains selama ini dipandang sebagai suatu pembelajaran yang menyulitkan dan memerlukan banyak bahan serta pengetahuan yang cukup luas sehingga masih sangat perlu dicari pola implementasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang pola pembelajaran Science yang berkembang di Prasekolah. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka. Jenis analisis yaitu deskriptif kualitatif melalui proses telaah literatur yang berasal dari penelusuran database jurnal nasional dan internasional. Artikel kemudian diambil melalui seleksi dengan kriteria tertentu. Lima belas artikel ilmiah memenuhi kriteria yaitu : (a) Fokus di model pembelajaran sains(b)Hasil stimulasi (c)Anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua pola pembelajaran sains yang sering diterapkan yaitu pola pembelajaran direct dan indirect. Selain itu pembelajaran sains efektif untuk menstimulasi perkembangan pada tiga ranah utama yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif

Keywords


pembelajaran; sains;anak usia dini;stimulasi