Abstract


Aspek program holistik integratif pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD HI) meliputi layanan pendidikan, layanan perawatan, layanan perlindungan, dan layanan pengasuhan. Peran keluarga, masyarakat, dan pemerintah dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai hambatan implementasi PAUD HI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat tema hambatan implementasi PAUD HI: belum maksimalnya pemahaman guru terhadap PAUD hi, minimnya sosialisasi dari dinas atau pemerintah setempat, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam layanan PAUD, dan terbatasnya sarana dan prasarana. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan satuan PAUD dan pemerintah terkait untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan PAUD HI.


Keywords


holistik integratif, PAUD HI, anak usia dini