Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi standar pelayanan dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif eksplanatori. Populasi penelitian berjumlah 137, dengan sampel sebanyak  58 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan yang ada di pendidikan anak usia dini wilayah  provinsi Gorontalo. Hasil penelitian  menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengembangan manajemen budaya organisasi yang sangat baik dengan nilai 90,67% pada pola manajemen budaya kinerja publik. Pelayanan administrasi publik juga menunjukan hasil pengukuran kriteria yang sangat baik dengan nilai 95,87%. Pola model manajemen budaya kerja pendidikan anak usia dini yang  sangat baik ini bisa mewujudkan pelayanan administrasi kepada publik dengan memberikan pelayanan akademik dan pelayanan kapasitas yang lebih profesional lagi


Keywords


administrasi publik; anak usia dini; manajemen; pelayanan; pendidikan