Abstract


Mendidik seorang anak melibatkan banyak pihak di sekitarnya. Mulai dari orang tua, keluarga, guru, teman hingga pemerintah. Dalam mendidik anak agen sosialisasi mewariskan budaya kepada anak melalui kegiatan sehari-hari mereka. Pada masa usia dini, anak-anak berperilaku sesuai apa yang mereka lihat dari orang sekitar dan belum bisa membedakan mana yang baik atau buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses sosialisasi nilai dan norma oleh guru kepada anak usia dini di TK Aulia Surakarta. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pihak yang telah dipilih yaitu empat orang guru pendidik PAUD TK Aulia Surakarta. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori perkembangan kognitif anak oleh Jean Piaget. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam proses sosialisasi norma, seorang guru memberikan contoh dalam perilaku keseharian di sekolah supaya anak bisa mengikuti perilaku baik sesuai dengan budaya yang berlaku di lingkungan. Hambatan dalam menanamkan norma yang dihadapi oleh guru yaitu ketika kebiasaan baik yang sudah diajarkan di sekolah tidak dilakukan anak di rumah karena lingkungan yang kurang mendukung.


Keywords


anak usia dini; guru paud; sosialisasi nilai dan norma