Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang analisis keterampilan literasi informasi yang dimiliki para pendidik di Kabupaten Lampung Timur dalam penyusunan bahan ajar mitigasi bencana untuk meningkatan disaster self-awareness anak usia 5-6 tahun agar menjadi generasi muda yang tangguh bencana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dan metode studi kasus, dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Sebanyak 5 orang pendidik PAUD di Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur menjadi informan dalam penelitian ini. Seluruh proses pengumpulan data secara daring dan luring, dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19. Melalui penelitian ini diharapkan akan tercapai tujuan khusus berikut ini, yaitu: (1) Memetakan tingkat keterampilan literasi informasi pendidik dalam penyusunan bahan ajar mitigasi bencana yang dapat meningkatkan disaster self-awareness anak usia dini; dan, (2) Menganalisis kebutuhan pendidik dalam menyusun rancangan pembelajaran mitigasi bencana yang dapat meningkatkan disaster self-awareness anak usia dini.


Keywords


disaster self-awareness; mitigasi bencana; anak usia dini