Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bercerita berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan rasa tanggung jawab anak. Subjek penelitian adalah 15 anak dari kelompok B. Adapun pelaksanaan Penelitian ini yakni  pada tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan menggunakan  penelitian tindakan kelas. Teknik  pengumpulan data melalui  observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan rasa tanggung jawab anak melalui metode bercerita berbasis kearifan lokal. Data yang diperoleh  dianalisis dengan  deskriptif dan kualitatif, melalui observasi dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian. Hasil penelitian di TK Fathinah menunjukkan adanya peningkatan rasa tanggung jawab anak melalui penggunaan metode bercerita berbasis kearifan lokal, terlihat dari rata-rata hasil yang diperoleh  pada siklus I yang dikategorikan kurang meningkat dan pada siklus II dikategorikan baik.


Keywords


kearifan lokal; metode bercerita; tanggung jawab