Abstract


Permasalahan yang ditemui oleh peneliti yakni masih ditemukan anak yang agresif secara verbal maupun non-verbal, menunjukkan bahwa minimnya akhlakul karimah yang dimiliki oleh anak. Salah satu cara memperbaiki akhlak yakni melalui pendidikan yaitu dengan teknik komunikasi edukatif verbal. Tujuan penelitian ini yakni menjelaskan metode komunikasi edukatif verbal serta capaian perkembangan akhlak anak setelah dilakukan pembiasaan komunikasi edukatif verbal anak usia dini yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat berbagai metode yang dilakukan pendidik dalam membentuk akhlak anak melalui komunikasi verbal edukatif antara lain, mengajari anak cara berkomunikasi yang baik, memberikan pengertian baik dan buruk pada anak, menelaskan bagaimana cara bersikap terhadap sesama, mengaarkan aaran agama dengan cara pembiasaan pada anak, sehngga anak tertib dan patuh terhadap aturan dan dapat menunukkan rasa pecaya diri serta kemandirian.  Komunikasi verbal edukatif bisa digunakan oleh guru dalam segala situasi serta terbentuknya akhlakul karimah anak dapat ditandai dengan tercapainya indikator yang telah ditetapkan lembaga pendidkan.


Keywords


anak usia dini; komunikasi verbal edukatif; pembiasaan komunikasi edukatif