Abstract


Quantum learning merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada anak untuk membangun dan mengembangkan pemahamannya. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbasis STEAM terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan rancangan posttest only control group design. Populasi yang digunakan adalah anak usia dini TK Widya Kumara, dengan jumlah sampel 34 anak. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan group random sampling. Teknik analisa yang digunakan yakni analisis varians (anava) satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning berbasis STEAM terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia dini yang dilihat dari nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (10,074  > 4,149). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan informasi penting di bidang pendidikan, terutama pengembangan pendekatan pembelajaran untuk anak usia dini


Keywords


anak usia dini; kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran quantum learning; steam