Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A. Hasil observasi yang telah dilakukan pada kelompok A yang berjumlah 17 anak, terdapat 12 anak belum bisa menulis permulaan yang telah diajarkan oleh guru. Permainan kotak kartu kata merupakan media yang efektif untuk menstimulasi kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan media permainan kotak kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Objek penelitian adalah anak kelompok A yang terdiri dari 17 orang anak. Penelitian dilaksanakan satu bulan  dari  November 2022 hingga Desember 2022. Temuan menunjukkan bahwa permainan kotak kartu kata terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis pertama anak, dengan peningkatan penulisan awal dari pengamatan pertama ke pengamatan ketiga dengan menggunakan permainan kotak kartu kata.


Keywords


permainan kartu kata; permainan anak; menulis permulaan